10 Cara Alami Mengobati Infeksi Pada Pusar

by

Infeksi pusar adalah masalah kesehatan yang sangat umum dan dapat dialami oleh siapapun termasuk bayi. Jenis infeksi dapat menjadi salah satu dari dua jenis penyebab, bakteri atau jamur. Karena pusar dalam, lembab dan gelap, itu adalah tempat berkembang biak yang menguntungkan bagi jamur dan bakteri. Keringat, sabun dan zat lainnya disimpan di lubang pusar dapat membantu pertumbuhan bakteri dan menyebabkan infeksi.

10 Cara Alami Mengobati Infeksi Pada Pusar
Gejala yang kemerahan, nyeri ringan, dan debit hijau atau abu-abu. Infeksi karena jamur di pusar terjadi sebagai akibat dari pertumbuhan berlebih dari jamur yang mengarah ke gejala seperti kemerahan dan pembengkakan.

Penyebab lainnya dan faktor yang mungkin bertanggung jawab untuk infeksi pusar termasuk kebiasaan yang buruk dari kebersihan, operasi yang melibatkan pusar, pusar piercing, diabetes, kista sebaceous, paparan ultraviolet yang berbahaya (UV), dan obesitas.

Terlepas dari apapun penyebabnya, pengobatan rumahan dapat membantu mengobati masalah ini. Juga, Anda dapat mengikuti beberapa langkah preventif untuk menghindari infeksi. Berikut adalah 10 cara untuk mengobati infeksi pusar.

10 Bahan Almi Mengobati Infeksi Pusar

  • Air garam

Infeksi pusar dapat diobati dengan air garam hangat. Panas dari air hangat akan membantu meningkatkan aliran darah ke daerah yang terinfeksi, sedangkan garam akan membantu menyerap kelembaban di dalam pusar untuk membantu penyembuhan. Plus, itu akan bertindak sebagai disinfektan.

  • Menjaga daerah pusar tetap bersih dan kering

Untuk mempromosikan penyembuhan dan mencegah pertumbuhan lebih lanjut dari bakteri di pusar, adalah penting untuk menjaga daerah yang terkena bersih dan kering. Untuk membersihkan daerah pusar, Anda dapat menggunakan sabun antibakteri saat mandi. 

Setelah mandi Anda, keringkan daerah yang terkena secara menyeluruh dan oleskan krim berbasis air antibakteri atau lotion, 2 atau 3 kali sehari sampai infeksi teratasi.

  • Kompres hangat

Jika infeksi menyakitkan, Anda dapat mencoba menggunakan kompres hangat untuk meredakan ketidaknyamanan. Panas dari kompres hangat efektif dalam mengurangi rasa sakit dan juga akan membantu penyembuhan.

  • Tea tree oil

Tea tree oil adalah obat alami yang efektif untuk infeksi pusar, apakah itu disebabkan oleh jamur atau bakteri. Minyak esensial ini memiliki antijamur, antibakteri dan antiseptik.

  • Menggosok dengan alkohol

Untuk membersihkan daerah yang terkena, Anda juga dapat menggunakan alkohol. Properti antiseptik akan mensterilkan daerah yang terinfeksi dan mencegah penyebaran infeksi. Ini juga akan memberikan bantuan dari iritasi dan rasa sakit.

  • Cuka putih

Untuk menghentikan debit dari pusar terinfeksi, cuka putih sangat efektif. Sifat asam dari cuka putih akan melawan infeksi dan bahkan mencegah penyebaran.

  • Lidah buaya

Lidah buaya dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan infeksi pusar. Ia memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan yang dapat meringankan rasa sakit dan mempromosikan penyembuhan dengan cepat.

  • Kunyit

Kunyit juga bisa digunakan untuk menjaga infeksi pusar. Ini adalah agen antiseptik dan antibiotik alami yang dapat menyembuhkan serta mencegah infeksi.

  • Bunga calendula

Calendula adalah ramuan yang mengandung hydrating, sifat anti-inflamasi dan antiseptik yang membantu meredakan gatal dan iritasi dari pusar yang terinfeksi.

  • Daun nimba

Baik itu jamur atau infeksi bakteri, nimba adalah tanaman yang dapat banyak membantu dalam mengobati hal tersebut. Nimba memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang membantu mengurangi rasa sakit dan gatal-gatal dan mencegah penyebaran lebih lanjut dari infeksi.

Baca juga:

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • cara mengobati bujal tradisional
  • merk salep untuk pusar gatal dan berair berbau
  • obat alami infeksi pusar
  • obat alami pusar gata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *