10 Cara Alami Mengobati Penyakit Anoreksia

by

Anoreksia nervosa, atau dikenal sebagai anoreksia, adalah gangguan makan yang dapat mengakibatkan penurunan berat badan yang parah. Karakteristik utama dari gangguan ini adalah berat badan abnormal rendah, dan persepsi yang tidak akurat dari berat badan seseorang. Anoreksia sebagian besar dialami oleh remaja perempuan. Selain itu, penyakit ini juga kerap menjangkiti anak-anak usia 7 dan dewasa usia 80 tahun.

10 Cara Alami Mengobati Penyakit Anoreksia
Penyebab pasti anoreksia nervosa tidak diketahui, tetapi gangguan tersebut diyakini hasil dari kombinasi pemicu emosional, psikologis, sosial dan fisik. Genetika dan hormon dapat berkontribusi untuk pengembangannya. Tekanan yang berlebihan dari masyarakat untuk tampak kurus dan menarik juga bisa menjadi faktor penyebab.

Orang dengan gangguan obsesif-kompulsif (OCD) mungkin juga berjuang dengan anoreksia. Untuk menurunkan berat badan dan menjaga berat badan rendah, orang yang memiliki anoreksia makan sedikit kalori, ikuti kebiasaan makan normal dan olahraga berlebihan.

Beberapa orang juga menggunakan obat pencahar, diuretik atau dimuntahkan untuk menghilangkan makanan yang mereka makan. Beberapa gejala anoreksia adalah berat badan yang rendah, kelelahan, insomnia, kulit pucat, kuku rapuh, rambut rontok, kulit kering, sembelit, depresi, siklus haid tidak teratur, tekanan darah rendah dan penarikan dari kegiatan sosial.

Bila tidak diobati tepat waktu, anoreksia dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti irama jantung (aritmia) tidak normal, ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh, anemia, kehilangan massa tulang, masalah ginjal dan banyak lagi.

Penderita anoreksia biasanya bahkan tidak menyadari bahwa mereka memiliki masalah. Dengan demikian, pengobatan melibatkan terapi psikologis dan juga bertujuan untuk meningkatkan nafsu makan seseorang untuk membantu membangun kebiasaan makan yang sehat dan mengembalikan berat badan normal.

Pengobatan membutuhkan bantuan profesional. Pada saat yang sama, Anda dapat mencoba beberapa perubahan gaya hidup dan pengobatan rumah untuk membantu dalam pengobatan. Berikut cara alami untuk mengatasi anoreksia.

10 Bahan & Cara Alami Mengobati Anoreksia Nervosa

  • Bawang putih

Salah satu pengobatan rumah terbaik untuk anoreksia adalah bawang putih. Karena berfungsi sebagai perangsang nafsu makan alami. Selain itu, membantu dalam sekresi cairan yang membersihkan sistem pencernaan.

  • Jahe

Jahe adalah obat sederhana dan efektif untuk anoreksia. Ini merangsang nafsu makan sehingga Anda tidak melewatkan waktu makan Anda. Hal ini juga dapat secara efektif menenangkan saraf Anda dan mengurangi stres dan kecemasan.

  • Jeruk

Buah-buahan segar seperti jeruk dapat secara efektif mengobati anoreksia dengan merangsang nafsu makan Anda. Jeruk akan membantu meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.

Hal ini penting untuk membersihkan sistem pencernaan Anda, karena tanpa itu, Anda tidak akan merasa lapar. Selain itu, bau jeruk dan kulit jeruk membantu menenangkan saraf dan melawan depresi dan kecemasan.

  • Mint

Mint adalah obat alami yang Anda dapat gunakan untuk mengobati anoreksia. Rasa yang berbeda dan aroma yang menarik membantu meningkatkan nafsu makan. Selain itu, dapat menghilangkan stres emosional yang meningkat.

  • Terapi pijat 

Sebuah studi 2001 yang diterbitkan dalam jurnal Eating Disorder menemukan bahwa terapi pijat dua kali seminggu dapat membantu mengurangi gejala anoreksia. Ini membantu stres dan kecemasan ke tingkat yang lebih rendah. Hal ini juga meningkatkan kadar dopamin dan norepinephrine yang membantu menciptakan citra tubuh yang jauh lebih positif dan sehat.

  • Yoga

Yoga dapat membantu memerangi penyebab emosional anoreksia. Menurut sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Adolescent Health, terapi yoga individual menjanjikan sebagai terapi tambahan untuk perawatan standar untuk anoreksia dan gangguan makan lainnya.

  • Lemon balm

Obat lain yang alami untuk anoreksia adalah lemon balm. Ia bekerja sebagai relaksan ringan dan saraf tonik. Ini membantu meningkatkan nafsu makan, mengurangi kecemasan, mengurangi stres dan mempromosikan tidur.

  • Teh herbal

Teh herbal tertentu dapat meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan minat Anda dalam makan. Secangkir teh herbal menyegarkan, seperti hijau, chamomile, sage atau teh thyme, juga dapat melawan kelelahan, stres dan kecemasan. Hal ini juga dapat meningkatkan fokus mental dan membuat Anda terhidrasi dan berenergi.

  • Akupunktur dan akupresur

Akupunktur dan akupresur dapat membantu mengatasi orang-orang dengan gangguan makan seperti anoreksia dengan meningkatkan rasa kesejahteraan dan mempromosikan relaksasi.

Menurut sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine, para peneliti menyimpulkan bahwa akupunktur dan akupresur mungkin meningkatkan rasa subjektif dari kesejahteraan di antara orang dengan anoreksia nervosa.

  • Meditasi

Meditasi adalah cara lain yang efektif untuk melawan anoreksia. Dengan bantuan meditasi, Anda dapat mulai berpikir positif dan melawan pikiran negatif.

Baca juga:

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • cara melawan anoreksia
  • cara mengobati anoreksia
  • obat herbal anoreksia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *