10 Cara Alami Menurunkan Hormon Stres Kortisol

by

Kortisol adalah hormon steroid yang dirilis oleh kelenjar adrenal. Ketika tubuh merasakan sesuatu sebagai ancaman, itu memicu kelenjar adrenal untuk melepaskan kortisol dan adrenalin. Respon alami ini menghasilkan ledakan energi baru dan kekuatan. 

10 Cara Alami Menurunkan Hormon Stres Kortisol
Tubuh dapat merasakan stres sebagai ancaman, yang mengapa kortisol juga dikenal sebagai hormon stres. Sebagai orang yang terbiasa hidup dalam keadaan konstan stres, tingkat kortisol mereka tetap tinggi. Hal ini sangat mengganggu tubuh dan dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan.

Ini menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi mengurangi produksi hormon pertumbuhan, penggunaan glukosa berkurang, sleep apnea, osteoporosis, sembelit, kekebalan turun, massa otot berkurang dan peningkatan lemak perut. Hal ini sangat penting untuk mengontrol tingkat hormon stres dalam sistem Anda untuk mencegah beberapa masalah kesehatan yang dapat terjadi ketika terlalu tinggi.

Mengurangi tingkat kortisol Anda tidak sulit. Dengan beberapa perubahan gaya hidup dan pola makan, Anda dapat mengelola stres dengan mudah. Berikut adalah 10 cara untuk mengurangi kortisol yang tinggi (hormon stres) dengan alami.

10 Tips Menurunkan Kadar Hormon Stres

  • Mendengarkan relaxing music

Selama masa stres, mendengarkan musik lembut dan menenangkan dapat memainkan peran kunci dalam mengurangi kadar hormon stres Anda. Bahkan, musik bekerja sebagai buster stres alami dan membantu Anda menenangkan diri dengan cepat.

  • Praktek pernapasan

Untuk menjaga hormon stres Anda di bawah kontrol, berlatih pernapasan dalam sangat diperlukan. Ini membantu tubuh Anda rileks dan mengurangi kecemasan. Ketika Anda bernapas dalam-dalam, lebih banyak oksigen mencapai otak Anda. Ini mengirimkan pesan ke otak Anda untuk tenang dan rileks.

  • Pijat santai 

Pijat adalah cara yang bagus untuk menenangkan diri selama situasi stres. Bahkan mempromosikan tidur, yang dapat sulit untuk didapatkan ketika Anda mencoba untuk melawan stres.

Sebuah studi 2005 yang diterbitkan dalam International Journal of Neuroscience menemukan bahwa terapi pijat memiliki efek positif pada penurunan tingkat kortisol dan meningkatkan serotonin dan dopamine dalam tubuh. Serotonin dan dopamin yang neurotransmitter yang mempengaruhi suasana hati dan mempromosikan perasaan kebahagiaan.

  • Lakukan olahraga rutin

Hampir setiap bentuk olahraga dapat bertindak sebagai pereda stres. Menjadi aktif dapat meningkatkan hormon endorfin di otak dan memerangi stres serta kecemasan. Ini bekerja sebagai cara alami untuk mengurangi produksi kortisol berlebihan.

  • Berkebun

Berkebun adalah hobi yang dapat sangat membantu dalam memerangi hormon stres yang tinggi. Ini membantu menenangkan pikiran Anda dan bahkan mengalihkan perhatian Anda dari berpikir tentang situasi stres.

  • Tertawa seperti anak kecil

Tertawa telah lama dikenal untuk membuat orang lebih bahagia, dan sekarang adalah teknik terkenal untuk menjaga hormon stres di bawah kontrol. Sebuah sesi singkat tawa riang muncul untuk mengurangi kadar serum kortisol. Bahkan membantu menurunkan dua hormon stres lainnya – adrenalin dan dopac (zat kimia otak yang membantu menghasilkan adrenalin).

  • Mandi air hangat dengan garam

Rilisnya adrenalin dan kortisol dalam respon stres yang belum terselesaikan dapat disebabkan tingkat magnesium yang rendah dalam tubuh. Magnesium memainkan peran penting dalam penyerapan serotonin, zat kimia suasana hati di otak. Tingkat rendah magnesium dapat menyebabkan peningkatan hormon stres serta menyebabkan kecemasan, gangguan tidur dan depresi.

  • Luangkan waktu dengan hewan peliharaan

Menghabiskan waktu yang berkualitas dengan hewan peliharaan Anda dapat membantu melawan stres. Ini membantu meningkatkan tingkat hormon oksitosin yang mengurangi stres serta mengurangi produksi kortisol.

  • Teh hangat

Teh, salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia, dapat membantu mengurangi stres. Baik teh hitam dan teh hijau memiliki sifat mengurangi stres. Tingginya kandungan theanine yang ditemukan dalam teh hitam membantu mengurangi hormon stres yang tinggi. Ini memicu produksi gelombang otak alpha, yang mendorong relaksasi dan kewaspadaan mental.

  • Makan diet seimbang

Diet memainkan peran kunci dalam mengendalikan hormon stres seperti kortisol. Anda harus mengikuti diet seimbang protein, karbohidrat kompleks dan lemak yang baik untuk menjaga tingkat kortisol Anda rendah.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *