10 Cara Alami Menyeimbangkan Kadar Hormon Dalam Tubuh

by

Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh dapat mempengaruhi kerja organ, bahkan sampai membuat gejala depresi muncul. Hormon adalah salah satu hal yang membantu proses metabolisme dalam tubuh kita berjalan lancar. 

Nah, bila hormon dalam tubuh tak seimbang, hal tersebut dapat menimbulkan masalah tak terduga yang dapat mengganggu kesehatan. Namun Anda tak perlu khawatir karena hormon sebenarnya dapat diseimbangkan dengan cara yang alami. Berikut ini adalah 10 cara menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh secara alami.

10 Tips Alami Membuat Kadar Hormon Tetap Seimbang

  • Mengonsumsi lemak sehat 

Makan berbagai makanan tinggi asam lemak pendek, menengah dan panjang rantai adalah kunci untuk menjaga hormon Anda. Tubuh Anda membutuhkan berbagai jenis lemak untuk membuat hormon, termasuk lemak jenuh dan kolesterol.

Tidak hanya lemak esensial blok bangunan fundamental untuk produksi hormon, tetapi mereka juga menjaga tingkat peradangan yang rendah, meningkatkan metabolisme dan mempromosikan penurunan berat badan. Contoh makanan yang mengandung lemak sehat yaitu alpukat.

  • Tambahan dengan adaptogen herbal

Herbal adaptogen adalah kelas yang unik dari tanaman yang mempromosikan keseimbangan hormon dan perlindungan tubuh dari berbagai penyakit, termasuk yang disebabkan oleh stres berlebih. Selain meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan memerangi stres, penelitian menunjukkan bahwa berbagai adapotogens, seperti ashwagandha, jamur obat, Rhodiola dan kemangi suci, baik untuk tubuh.

  • Asupan seimbang dari asam lemak omega-3 dan omega-6 

Sejak awal abad 20, penggunaan minyak nabati halus dan asupan asam lemak omega-6 dalam diet kita telah meroket. Asam lemak omega-3 adalah komponen besar membran sel otak dan penting untuk komunikasi sel-sel di otak. Penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 membantu melindungi terhadap hilangnya neuron hipokampus dan mengurangi respon pro-inflamasi.

  • Memperbaiki kinerja pencernaan

Usus bocor adalah suatu kondisi yang tidak hanya mempengaruhi saluran pencernaan Anda, tetapi juga menyebabkan masalah hormon. Masalah usus telah ditemukan untuk memicu reaksi autoimun, termasuk arthritis dan gangguan tiroid. Oleh sebab itu, hindari kebiasaan yang bisa membuat pencernaan Anda bermasalah.

  • Menghilangkan racun dari produk kimia kecantikan dan perawatan tubuh

Cara lain untuk menghilangkan racun dalam tubuh Anda adalah untuk menghindari produk perawatan tubuh konvensional yang dibuat dengan bahan kimia yang berpotensi berbahaya termasuk DEA, parabens, propilen glikol dan sodium lauryl sulfate. Alternatif yang lebih baik adalah dengan menggunakan produk-produk alami yang dibuat dengan bahan-bahan seperti minyak esensial, minyak kelapa, shea butter dan minyak jarak.

  • Olahraga dengan interval training

Salah satu kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keseimbangan hormone dalam tubuh Anda adalah olahraga dengan interval intensitas tinggi. Olahraga secara umum sangat bagus untuk menyeimbangkan hormon karena mengurangi peradangan, dapat membantu Anda menjaga berat badan yang sehat, menurunkan stres, membantu mengatur nafsu makan Anda, dan membantu dalam mendapatkan tidur yang lebih baik.

  • Mengurangi stres & tidur lebih banyak

Kurang tidur akan mengganggu ritme sirkadian alami Anda dan dapat menjadi salah satu kebiasaan terburuk yang berkontribusi terhadap ketidakseimbangan hormon. Kurangnya tidur, penggunaan jangka panjang kortikosteroid dan stres kronis adalah tiga kontributor terbesar untuk tingkat kortisol tinggi.

  • Perhatikan asupan kafein & alkohol 

Kafein dalam jumlah sedang mungkin baik-baik saja bagi sebagian orang, tetapi terlalu banyak minum kafein memiliki dampak yang buruk. Kafein, yang dapat tinggal di sistem anda selama enam jam, adalah bahan kimia yang mempengaruhi sistem saraf pusat (SSP) dan meningkatkan denyut jantung Anda, meningkatkan kewaspadaan, dan mengubah cara otak Anda memproduksi hormon.

  • Tambahan vitamin D3

Menurut sebuah artikel dari American Journal of Clinical Nutrition, peran vitamin D3 dalam mempromosikan kesehatan lebih mendalam daripada yang diduga sebelumnya.Vitamin D hampir bertindak seperti hormon dalam tubuh dan memiliki implikasi penting untuk menjaga tingkat peradangan yang rendah.

  • Perhatikan saat mengonsumsi Pil KB 

Dalam istilah sederhana, pil KB adalah jenis terapi hormon yang meningkatkan kadar estrogen ke tingkat berbahaya sehingga dapat menyebabkan banyak komplikasi. Untuk itu, dalam pemilihan dan pengonsumsian Pil KB, Anda harus tetap hati-hati dan berkonsultasi dengan dokter Anda.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *