10 Cara Ampuh Mengatasi Stres Pasca Melahirkan

by

Kehamilan bisa menjadi salah satu saat paling bahagia dalam hidup seorang wanita, tapi setelah bayi lahir, banyak perubahan terjadi dalam tubuh seorang ibu baru. Postpartum depression atau depresi pasca melahirkan adalah salah satu masalah bahwa beberapa wanita harus berurusan dengan hal tersebut. Ada juga yang menyebutnya dengan istilah Baby Blues.

10 Cara Ampuh Mengatasi Stres Pasca Melahirkan
Postpartum depression, juga dikenal sebagai PPD, adalah jenis depresi yang terjadi pada ibu baru setelah melahirkan. Kombinasi faktor biologis dan emosional dapat menyebabkan masalah ini. Di samping itu, kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh berfluktuasi secara dramatis setelah melahirkan. Hormon-hormon ini terkait dengan neurotransmitter yang mempengaruhi suasana hati seseorang dan fluktuasi kimia dapat meningkatkan risiko depresi postpartum.

Menurut National Institute of Mental Health, depresi postpartum terjadi di hampir 15 persen kelahiran. Hal ini dapat dimulai sesaat sebelum atau setelah melahirkan. Namun, biasanya dimulai antara minggu dan satu bulan setelah persalinan. Gejala utama depresi postpartum meliputi perasaan kewalahan, kecemasan intens, sering menangis, mudah tersinggung atau marah, sedih, kelelahan, perasaan tidak berharga, perubahan dalam tidur atau kebiasaan makan, kurang konsentrasi, dan khawatir tentang bayi.

Hal ini juga dapat menyebabkan gejala fisik, seperti sakit kepala, nyeri dada atau hiperventilasi. Depresi berkepanjangan mungkin berbahaya bagi kesehatan ibu baru dan anaknya, penting untuk berkonsultasi dengan dokter segera jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut. Berikut adalah 10 cara untuk melawan dan mencegah depresi postpartum.

10 Tips Mengatasi Baby Blues Pasca Melahirkan

  • Vitamin D

Vitamin D merupakan nutrisi penting yang penting bagi kesehatan mental. Vitamin ini membantu dalam produksi serotonin, hormon otak yang berhubungan dengan elevasi suasana hati dan kebahagiaan. Tingkat yang memadai serotonin membantu mencegah dan mengobati depresi postpartum.

  • Makanan kaya Omega-3

Asam lemak omega-3 adalah nutrisi penting untuk sejumlah fungsi sel. Asam lemak merupakan komponen kunci dalam membran sel, yang membantu berfungsinya serotonin. Serotonin penting untuk membawa pesan ke sel-sel otak untuk mempertahankan suasana hati yang positif.

  • Menyusui

Ibu baru didiagnosis dengan depresi postpartum membutuhkan ikatan emosional yang aman dengan bayi mereka. Bayi juga membutuhkan secure attachment dengan ibu mereka. Ini membantu bantu ikatan emosional dalam melepaskan endorfin yang membuat ibu merasa lebih bahagia dan lebih percaya diri sebagai seorang ibu.

  • Terapi bicara

Dalam terapi bicara, seorang profesional kesehatan mental (konselor, terapis, psikolog, psikiater atau pekerja sosial) berbicara dengan wanita yang menderita depresi postpartum satu persatu. Hal ini memungkinkan ibu baru untuk berbagi semua ketakutan dan emosi kepercayaan dengan seseorang di luar keluarga dan teman-temannya. Melalui terapi, ibu baru menjadi siap untuk menerima tanggung jawab baru dari ibu dengan cara yang jauh lebih baik.

  • Pijat

Pijat hangat adalah salah satu cara terbaik untuk memanjakan tubuh yang sedang tertekan. Pijat tidak hanya meremajakan tubuh tertekan tetapi juga mengisinya dengan energi baru, yang penting sebagai seorang ibu.

Anda memiliki tanggung jawab baru mengurus bayi yang baru lahir Anda. Bahkan membantu menyingkirkan semua perasaan negatif dan pikiran negatif, serta memainkan peran kunci dalam mengelola rasa sakit fisik dan dampak dari stres.

  • Akupunktur

Cara lain yang signifikan untuk mengatasi depresi pasca-melahirkan adalah terapi akupunktur kuno. Dalam terapi ini, jarum tipis dimasukkan pada titik-titik tekanan penting tertentu dalam tubuh. Ini membantu menjaga keseimbangan dari berbagai hormon dalam tubuh.

  • Terapi cahaya

Penggunaan terapi cahaya sebagai pengobatan untuk depresi telah populer. Bahkan, terapi ini efektif dalam mengobati masalah mental di mana terdapat disfungsi serotonin dan atau melatonin, seperti pada gangguan afektif musiman (SAD), gangguan pramenstruasi dan depresi postpartum.

  • Mindfulness Meditation

Dengan berlatih meditasi mindfulness, Anda dapat membuat perasaaan Anda tenang dan bahkan mengendalikan emosi Anda secara efektif. Ini akan membuat Anda damai dan terkendali dan bahkan mengurangi risiko depresi postpartum.

  • Tidur yang tepat dan istirahat

Tidur sangat penting untuk ibu baru. Delapan jam penuh mungkin tampak mustahil ketika Anda sedang berhadapan dengan bayi yang baru lahir, tapi kurang tidur membuat depresi bertambah parah.

  • Latihan dan olahraga

Latihan dan olahraga adalah sama efektifnya dengan obat ketika digunakan untuk mengobati depresi. Oleh karena itu, setelah melahirkan, semakin cepat Anda bangkit kembali dan bergerak, semakin baik.


Baca juga:
(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • cara menghilangkan depresi setelah melahirkan
  • Cara mengurangi stres pasca hendak melahirkan
  • tips menghilangkan stres pasca melahirkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *