10 Cara Ampuh Mengatasi Stres Saat Kehamilan

by

Stres merupakan salah satu gejala umum selama kehamilan. Yakinlah bahwa jika Anda mengalami stres saat hamil, ada kemungkinan besar Anda akan memiliki bayi yang sehat. Sangat normal merasakan stres mengingat adanya perubahan yang terjadi dalam hidup dan tubuh Anda.

Ada sejumlah penyebab kenapa ibu hamil biasanya mengalami stres. Kondisi itu dipengaruhi oleh tingkat hormone yang naik turun, memikirkan ketidakpastian masa depan, ketidaknyamanan fisik, ataupun kelainan mental.

10 Cara Ampuh Mengatasi Stres Saat Kehamilan
Stres juga dapat menyebabkan ibu hamil kesulitan untuk tidur nyenyak. Masalah ini biasanya juga dibarengi dengan sakit kepala, hilangnya nafsu makan, deg-degan, serta uring-uringan. Jika tidak segera diatasi, menurut studi terbaru, kondisi ini dapat memengaruhi perkembangan janin.

Tetapi jika Anda sedang stres, dan stres tersebut sering datang mengganggu Anda, tanyakan kepada bidan atau dokter untuk mendapat bantuan medis. Anda juga bisa mengatasi stres dengan cara-cara yang alami dan mudah. Berikut adalah 10 langkah positif yang dapat diambil saat stres menyerang selama masa kehamilan.

10 Cara Mengatasi Stres Pada Ibu Hamil

  • Istirahat dan fokus pada bayi

Baik untuk Anda dan bayi Anda bersantai, jadi jangan merasa tertekan dengan kehamilan yang Anda alami. Luangkan waktu untuk fokus pada perkembangan bayi Anda. Mengobrol dan bernyanyi dengan bayi yang ada dalam perut Anda adalah cara yang baik.

Dengarkan tubuh Anda. Jika Anda merasa lelah, segera tidur lebih awal. Tubuh Anda bekerja keras untuk memelihara bayi dan Anda membutuhkan tidur untuk bisa beristirahat.

  • Tidak memendam masalah

Jika Anda memiliki kekhawatiran tentang kesehatan bayi atau masalah pribadi, ceritakan ke suami Anda dan jangan dipendam sendiri. Jika Anda berterus terang, Anda akan mendapatkan dukungan yang Anda butuhkan.

Berbicara dengan pasangan Anda adalah cara yang sangat baik untuk meredam stres. Anda akan bisa berbagi masalah yang Anda khawatirkan. Berbicara mengenai hal tersebut bisa membuat Anda berdua merasa lebih baik.

  • Mengonsumsi makanan bergizi

Makanan sehat yang kaya asam lemak esensial omega-3, vitamin dan mineral, dapat mengangkat suasana hati Anda. Asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan berminyak dan makanan laut dapat membantu mengurangi depresi. Cobalah untuk mengonsumsi salmon, tuna, mackerel, dan sarden.

Asam amino triptofan esensial di ikan-ikan tersebut dapat meningkatkan mood Anda. Triptofan membantu meningkatkan kadar melatonin kimia otak dan serotonin. Melatonin dan serotonin membantu Anda untuk tidur dengan baik dan meningkatkan perasaan bahagia Anda.

  • Olahraga cukup

Latihan dan olahraga dapat meningkatkan mood Anda. Sangat aman untuk berolahraga selama kehamilan. Jika Anda tidak berolahraga sebelum Anda hamil, sekarang mungkin saat yang tepat untuk memulai.

  • Menyiapkan proses kelahiran

Pelajari lebih dalam tentang kiat-kiat selama persalinan dengan mendaftar kelas antenatal. Anda juga dapat mengambil kelas antenatal online gratis di internet.

Jika persalinan Anda nantinya caesar, konsultasi dengan bidan atau dokter kandungan tentang dampak dan proses yang akan terjadi pada saat caesar nanti. Menyusun rencana kelahiran caesar dapat membantu Anda merasa lebih percaya diri dan terkendali.

  • Bersiap untuk menjadi orangtua

Yakinlah bahwa menjadi orangtua adalah hal yang akan terus Anda pelajari sepanjang waktu. Oleh karena itu, gunakan waktu Anda untuk terus belajar secara bertahap. Terlalu memikirkan hal yang belum terjadi justru akan membuat Anda stres.

  • Hindari memakai kendaraan umum

Kendaraan umum seperti komuter dapat menjadi sumber utama stres, dan itu akan lebih buruk lagi bagi kehamilan Anda. Pastikan Anda selalu duduk di angkutan umum. Jika Anda tidak mendapat kursi, usahakan untuk meminta kursi.

  • Membahas masalah keuangan

Masalah keuangan yang Anda hadapi tidak boleh Anda pendam sendiri. Untuk itu, konsultasikan dengan suami Anda tentang kondisi keuangan keluarga Anda dalam mempersiapkan persalinan nanti.

  • Coba terapi komplementer

Pijat adalah cara yang tepat untuk mengurangi stres. Menggunakan minyak esensial dalam pijat aromaterapi atau perawatan lainnya, dan memeriksa bahwa bahan tersebut aman untuk digunakan dalam kehamilan, adalah salah satu solusi yang tepat untuk mengatasi stres di masa kehamilan.

  • Tertawa lepas

Tertawa adalah salah satu cara terbaik untuk meredakan stres. Bersosialisasi dengan teman-teman Anda, menonton film lucu, atau pergi ke bioskop adalah salah satu cara yang tepat untuk mencegah stres. Kehamilan juga menjadi saat yang tepat untuk memanjakan diri Anda dengan melakukan perawatan kecantikan atau sekadar me time.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *