10 Cara Membuat Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari

by

Bayi memang membutuhkan banyak tidur. Meskipun bayi yang baru lahir tidur 16 sampai 17 jam sehari, mereka tetap tidur selama lebih dari dua sampai empat jam pada waktu, siang atau malam, selama beberapa minggu-minggu pertama.

10 Cara Membuat Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari
Namun, ketika bayi mencapai 6 sampai 8 minggu usia, mereka mulai tidur dalam waktu yang lebih singkat di siang hari dan waktu yang lebih lama di malam hari. Dengan beberapa penyesuaian kecil dan sedikit bantuan sang ibu, bayi Anda dengan sendirinya dapat dengan mudah belajar untuk tidur di malam hari.

Bayi Anda akan rewel di awal, tapi segera ia akan terbiasa dengan perubahan ini. Berikut adalah 10 cara untuk membantu bayi Anda tidur sepanjang malam dengan nyenyak.

10 Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak di Malam Hari

  • Hindari kebisingan

Bayi dapat dengan mudah terbangun karena suara bising. Untuk itu, segera atasi dengan mematikan benda-benda di sekitar bayi Anda tidur yang berisiko dapat membangunkannya.

  • Waktu makan yang tepat

Bagi bayi, rutinitas tidur yang baik termasuk juga pemberian makan yang benar. Hal ini memastikan bahwa bayi pergi ke tempat tidur dengan kenyang dan tidak bangun karena kelaparan.

Namun, Anda harus mencoba untuk memberi makan bayi Anda setidaknya 30 menit sebelum tidur yang dijadwalkan pada malam hari. Jika bayi Anda sudah bisa mengonsumsi makanan padat, berikan yang tetap ringan dan sehat. Hindari sesuatu yang dapat menyebabkan gas atau kembung.

  • Ritual sebelum tidur 

Bayi kecil belajar dengan mudah dan mengikuti tidur ritual yang konsisten akan membantu bayi Anda tidur lebih lama. Rutinitas tidur yang konsisten memberikan mereka sinyal yang tepat bahwa sudah waktunya untuk tidur. Ketika bayi tahu apa yang akan terjadi, dia lebih cenderung menerimanya dan tidur dengan cepat.

  • Matikan lampu 

Sama seperti Anda yang tidak bisa tidur di kamar terang benderang, bayi Anda pun juga tidak bisa. Lampu terang bisa sangat mengganggu bagi bayi Anda. Mematikan lampu atau membuat lampu redup di malam hari akan membantu bayi Anda belajar perbedaan antara siang dan malam. Ini juga akan membantu mengatur ritme sirkadian bayi Anda, jam internal tubuh.

  • Mengatur suhu kamar

Karena Anda tidak dapat menikmati tidur nyenyak di kamar yang terlalu panas atau terlalu dingin, Anda tidak bisa mengharapkan sesuatu yang berbeda dari bayi Anda, karena ia pun akan merasakan hal yang sama.

Cobalah untuk membuat suhu kamar dan kelembaban yang tepat untuk membantu bayi Anda tidur nyenyak. Sebuah suhu kamar tidur yang konsisten dari sekitar 70 derajat Fahrenheit dan kelembaban relatif sekitar 50 persen dianggap ideal untuk bayi.

  • Jangan bangunkan apapun yang terjadi

Banyak orang tua membuat kesalahan dengan membangunkan guna menyusui bayi mereka untuk tidur dan kemudian diam-diam menyelinap ke dalam boks mereka. Hal ini menyebabkan bayi untuk bangun sering di malam hari, karena mereka tidak tahu bagaimana untuk tidur kembali dengan sendirinya.

Jika Anda ingin bayi Anda tidur sepanjang malam, meletakkan bayi Anda di tempat tidur ketika ia mengantuk. Hal ini mungkin terdengar konyol, tapi membantu bayi belajar keterampilan jatuh tertidur dengan sendirinya.

  • Perbanyak kegiatan di siang hari

Hal ini penting untuk mendorong lebih banyak aktivitas di siang hari. Ketika bayi Anda terjaga, Anda dapat berbicara, menyanyi dan bermain dengan dia. Stimulasi ini pada siang hari akan mempromosikan tidur lebih baik di malam hari.

  • Hindari tidur dengan bayi 

Hindari tidur berbagi dengan bayi karena tidak akan membantu dia belajar seni tidur sendiri. Hal itu juga dapat membuat lebih sulit bagi bayi untuk tertidur sendiri.

Bahkan dapat meningkatkan risiko bayi Anda dari sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Ibu harus menghindari menyusui bayinya sambil berbaring di tempat tidur.

  • Pertimbangkan untuk menggunakan dot

Alih-alih menggunakan hal lain untuk membantunya tertidur, pertimbangkan untuk menggunakan dot. Gerakan periodik mulut bayi Anda saat menggunakan dot membantu bayi tidur dengan cepat.

  • Orangtua juga harus punya jadwal tidur yang sama 

Orangtua harus memilih untuk tidur di jam yang sama. Setiap perubahan dalam rutinitas tidur bayi Anda dapat membuat bayi teriritasi dan rewel. Mempertahankan tidur dalam jam yang sama membantu mengembangkan jam internal bayi, yang mengatur siang dan hormon malam siklus.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *