10 Cara Mengatasi Sakit di Tulang Belakang

by

Sakit punggung atau area tulang belakang bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya skiatika. Skiatika adalah nyeri yang disebabkan oleh iritasi atau kompresi saraf sciatic. Ini biasanya hanya mempengaruhi satu bagian tubuh tertentu, tetapi cenderung berat dan melemahkan.

10 Cara Mengatasi Sakit di Tulang Belakang
Nyeri biasanya memanjang dari punggung bawah ke bagian belakang paha dan bawah melalui kaki. Hal ini dapat disertai dengan gejala seperti rasa terbakar atau kesemutan bawah kaki, linu yang menyebabkan kesulitan untuk berdiri atau duduk, dan mati rasa dan kelemahan bawah kaki yang terkena dan bahkan di jari-jari kaki.

Linu panggul paling sering disebabkan oleh herniated disc atau tergelincir. Hal ini juga dapat disebabkan oleh masalah-masalah seperti cedera tulang belakang atau infeksi, penyakit cakram degeneratif, kehamilan, stenosis tulang belakang, spondylolisthesis isthmic dan sindrom piriformis. Meskipun ada banyak perawatan konvensional untuk linu panggul, perawatan tersebut hanya dapat mengurangi rasa sakit sementara.

Anda dapat menggunakan beberapa pengobatan rumah dan terapi alami untuk mengurangi peradangan dan tekanan pada saraf sciatic teriritasi tersebut. Biasanya, dalam banyak kasus, masalah hilang dalam waktu sekitar 6 minggu. Berikut adalah solusi untuk sakit tulang belakang karena saraf skiatik.

10 Cara Menyembuhkan Nyeri Saraf Skiatik

  • Kompres

Menggunakan kompres panas atau dingin dapat membantu mengurangi rasa sakit tulang belakang dan peradangan. Perlakuan panas akan melemaskan otot-otot tegang yang dapat menekan saraf sciatic. Pengobatan kompres dingin dapat mengurangi pembengkakan di sekitar saraf dan juga mematikan rasa sakit.

  • Kunyit

Kunyit adalah obat alami lain yang efektif untuk linu panggul karena sifat anti-inflamasi. Ini mengandung senyawa yang disebut curcumin yang membantu mengurangi nyeri saraf dan peradangan.

  • Pijat

Terapi pijat dapat mengurangi rasa sakit tulang belakang dan juga membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri, terutama jika masalah ini disebabkan oleh kejang otot. Tak hanya itu, ini juga membantu mengurangi ketegangan, merangsang sirkulasi dan meningkatkan jangkauan gerak.

  • Banyak olahraga

Selain untuk beristirahat, menjaga aktivitas normal sangat bermanfaat untuk menangani linu panggul. Satu atau dua hari setelah sciatica, Anda dapat memulai program latihan rutin untuk memperkuat perut dan otot punggung. Memperkuat otot inti membantu memfasilitasi pemulihan cepat.

  • Salep capsaicin

Cabai rawit mengandung bahan yang disebut capsaicin aktif yang bekerja sebagai pereda nyeri alami. Ini membantu menguras kadar neurotransmitter yang disebut substansi P, yang mengangkut sinyal rasa sakit. Beli krim atau salep yang mengandung 0,025% 0,075% capsaicin. Terapkan pada daerah yang terkena hingga 4 kali sehari, setidaknya selama 1 minggu.

  • Valerian

Akar valerian akan bekerja sebagai relaksan dan mengurangi nyeri saraf kronis. Hal ini sangat baik untuk mengurangi rasa sakit tulang belakang disebabkan oleh kejang otot. Ramuan ini mengandung minyak atsiri yang membantu mengendurkan otot-otot Anda dan meredakan ketegangan.

  • Pohon kulit putih 

Pohon kulit putih dapat digunakan untuk mengatasi nyeri. Ini mengandung glikosida fenolik dengan salisin, memberikan manfaat anti-inflamasi dan analgesik.

  • Biji fenugreek

Biji fenugreek juga dapat membantu mengurangi rasa sakit linu panggul, berkat manfaat anti-inflamasi. Hal ini juga menenangkan rheumatoid arthritis dan nyeri sendi.

  • Akupunktur

Akupunktur adalah pengobatan alami lain yang efektif untuk menghilangkan rasa sakit linu panggul, mengendurkan otot-otot dan membantu tubuh Anda menyembuhkan dirinya sendiri.

Metode lain adalah bahwa dengan merangsang titik-titik akupunktur tertentu, sistem saraf pusat juga dirangsang, yang pada gilirannya memicu pelepasan bahan kimia yang baik mengubah persepsi nyeri atau menghasilkan rasa nyaman.

  • Manipulasi spinal

Perawatan chiropractic adalah pengobatan alami yang semakin populer untuk leher dan sakit punggung. Manipulasi tulang belakang chiropractic mencakup teknik yang berbeda untuk meringankan iritasi saraf yang bertanggung jawab pada peradangan dan gejala lain yang berhubungan dengan sakit tulang belakang.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *