10 Cara Mengatasi Stres Berat Dengan Makanan

by

Mengalami stress berat karena hutang, perjuangan hidup atau pekerjaan memang normal dialami siapapun. Namun, ketika kesedihan terus menerus dan perasaan menjadi tak berdaya, putus asa dan tidak berharga menjadi bagian dari kehidupan Anda dan mengganggu aktivitas, Anda mungkin menderita depresi klinis alias stres berat.

10 Cara Mengatasi Stres Berat Dengan Makanan
Depresi dapat menyebabkan gejala yang parah yang mempengaruhi bagaimana Anda merasakan, berpikir dan menjalani kegiatan sehari-hari, seperti tidur, makan atau bekerja. Berurusan dengan depresi tidak mudah bagi orang serta anggota keluarga.

Namun, jika Anda hanya berdiam diri saja, Anda tidak akan mampu mengobati depresi tersebut. Anda dapat beralih ke terapi stres, obat, meditasi, latihan fisik dan bahkan diet untuk membantu memerangi kondisi tersebut.

Banyak makanan telah terbukti secara ilmiah mampu membangkitkan suasana hati seseorang, dan Anda harus memasukkan makanan tersebut dalam diet Anda untuk membantu meringankan depresi Anda dengan cara yang aman dan alami. Makanan yang mengandung nutrisi, seperti omega-3 asam lemak, tryptophan, vitamin D atau vitamin B, memiliki dampak langsung pada suasana hati.

Makanan ini bahkan meningkatkan efektivitas antidepresan dan juga membantu mencegah stres kambuh dalam jangka panjang. Berikut adalah 10 makanan yang dapat Anda makan untuk melawan depresi.

10 Makanan yang Ampuh Mengatasi Stres Berat

  • Teh hijau

Konsumsi teh, terutama teh hijau, dikaitkan dengan risiko signifikan mengurangi depresi. Penuh dengan antioksidan dan asam amino, teh hijau dapat membantu Anda mengatasi depresi dengan cara alami.

Sebuah studi 2009 yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi lebih sering dari teh hijau dikaitkan dengan prevalensi yang lebih rendah dari gejala depresi pada populasi di masyarakat.

  • Kacang almond

Makanan lain yang baik untuk memerangi depresi adalah almond, terutama karena kandungan magnesium tinggi. Magnesium mempengaruhi produksi serotonin. Mineral ini juga mempengaruhi produksi energi secara keseluruhan. Bahkan, tingkat magnesium yang rendah dalam tubuh terkait dengan depresi dan gangguan suasana hati lainnya.

  • Ikan salmon

Ikan air dingin seperti salmon kaya akan omega-3 asam lemak, yang membantu melawan depresi. Orang dengan depresi biasanya memiliki asupan rendah omega-3 asam lemak, yang mendukung fungsi otak yang normal dengan mengurangi peradangan.

  • Dark chocolate

Cokelat hitam dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh, yang memiliki kualitas hampir identik dengan antidepresan. Juga, mengandung karbohidrat dalam bentuk gula, dan memberi sinyal ke tubuh untuk memproduksi lebih banyak serotonin.

  • Telur

Telur dikemas dengan protein dan nutrisi yang efektif untuk memerangi depresi. Telur adalah sumber yang baik dari zinc, mikronutrien penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan produksi neurotransmitter. Dengan mengonsumsi makanan kaya zinc seperti telur, Anda bisa melawan kekurangan zinc serta depresi dan gangguan lainnya.

  • Pisang

Pisang mengandung jumlah tinggi tryptophan, yang dikenal untuk meningkatkan tingkat serotonin tubuh. Ini hanya salah satu komponen yang meningkatkan suasana hati dalam pisang. Juga, membantu dalam memproduksi tirosin, bahan untuk norepinefrin dan dopamin, dua neurotransmitter penting yang dapat mempengaruhi suasana hati.

  • Alpukat

Tingginya tingkat asam lemak omega-3 dalam alpukat membuat mereka menjadi pilihan yang mengagumkan untuk orang yang menderita depresi. Asam lemak omega-3, terutama asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA), dapat meningkatkan volume materi abu-abu di bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengatur emosi.

  • Blueberry

Blueberry penuh dengan antioksidan yang mendukung fungsi otak yang tepat dan meningkatkan fungsi kognitif. Mereka sangat efektif terhadap depresi.

  • Bayam

Bayam kaya nutrisi, seperti asam folat, magnesium, dan zinc, yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan melawan depresi. Nutrisi ini juga memastikan berfungsinya saraf dan otot.

  • Asparagus

Sayuran hijau serbaguna ini juga bermanfaat bagi orang yang menderita depresi. Asparagus membantu meningkatkan kadar asam folat rendah yang terkait dengan depresi.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *