10 Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat di Punggung

by

Jerawat adalah masalah kulit yang menjengkelkan dan menyakitkan. Namun, masalah bisa jauh lebih parah jika Anda menderita jerawat di punggung. Jerawat di punggung dapat membuat sulit bagi Anda untuk tidur dan memperlambat proses penyembuhan.

10 Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat di Punggung
Tak hanya itu, karena Anda tidak dapat dengan mudah melihat jerawat Anda sendiri, Anda tidak dapat menganalisis kondisi jerawat tersebut. Sama seperti jerawat di wajah Anda, jerawat punggung disebabkan oleh bakteri dan kelebihan produksi sebum di pori-pori kulit. Jerawat juga dapat muncul tiba-tiba di dada, bahu, lengan, kaki dan bahkan bokong.

Menggunakan produk seperti body lotion, minyak pijat atau tabir surya yang menyumbat pori-pori juga menyebabkan jerawat. Faktor risiko lain termasuk gesekan dari pakaian ketat, diet yang tidak sehat, stres, perubahan hormon dalam tubuh dan perawatan kulit yang tidak tepat.

Meskipun menyakitkan dan sulit untuk diobati, Anda dapat secara efektif mengobati jerawat punggung dengan banyak bahan rumahan sederhana dan menghilangkan bekasnya. Berikut adalah 10 solusi alami untuk menyingkirkan bekas jerawat punggung dengan cepat.

Bahan Alami Menghilangkan Bekas Jerawat di Punggung

  • Cuka sari apel

Cuka apel adalah salah satu pengobatan alami terbaik untuk semua jenis jerawat, termasuk yang di punggung Anda. Menghambat peradangan dan pertumbuhan bakteri yang bertanggung jawab untuk kulit berjerawat, karena sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Plus, membantu menyeimbangkan tingkat pH kulit, yang penting untuk menjaga kulit Anda bebas dari masalah apapun.

  • Tea tree oil

Minyak esensial ini sarat dengan sifat antiseptik dan anti-inflamasi alami yang membantu mengobati jerawat. Ketika digunakan secara topikal, minyak mudah menembus ke dalam kulit dan membantu mengeringkan jerawat dengan cepat. Hal ini juga mengurangi kemerahan dan peradangan serta menghilangkan bekasnya.

  • Boraks

Boraks juga dianggap sebagai agen anti-jerawat alami. Agen antimikroba kuat ini membantu menghilangkan bakteri dan racun lainnya di dalam dan di kulit. Plus, ia bekerja sebagai agen anti-inflamasi, yang membantu dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan jerawat punggung.

  • Madu

Menjadi agen antibiotik dan antibakteri alami, madu dapat mengurangi gejala jerawat dan mencegah infeksi. Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Asian Pacific Journal of Tropical Biomedic mencatat bahwa madu memiliki potensi untuk menjadi pengobatan untuk infeksi topikal yang disebabkan oleh bakteri resisten antibiotik serta antibiotik yang sensitif.

  • Kunyit

Kunyit memiliki properti antibakteri yang membantu membunuh bakteri, yang menyebabkan jerawat.Sebuah studi 2013 menemukan bahwa curcumin, senyawa dalam kunyit membantu menghambat aktivitas antimikroba penyebab jerawat dan membantu menghilangkan noda bekas jerawat. 

  • Lidah buaya

Untuk menyingkirkan jerawat mengganggu di punggung Anda, cobalah lidah buaya. gel alami ini dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat, mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan.

  • Lemon

Kaya asam L-askorbat, sebuah zat alami, lemon juga membantu menyingkirkan jerawat punggung dengan cepat. Asam ini membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan pori-pori yang tersumbat.

  • Teh hijau

Katekin dalam teh hijau memiliki sifat antibakteri yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Plus, sifat anti-inflamasi teh hijau membantu mengurangi kemerahan dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

  • Oatmeal

Oatmeal bekerja sebagai pembersih alami untuk kulit Anda. Ini berarti membersihkan pori-pori kulit dan menyerap minyak berlebih, yang pada gilirannya membantu mengobati jerawat. Oatmeal juga membantu proses pengelupasan dan menenangkan daerah kulit yang meradang.

  • Tomat

Tomat mengandung asam salisilat, yang efektif untuk mengobati jerawat. Bahkan, hal ini membantu mengeringkan jerawat dengan cepat. Plus, sifat anti-inflamasi membantu dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan umumnya terkait dengan jerawat.

Baca juga:

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • cara menghilangkan bekas jerawat yang hitam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *