10 Cara Meningkatkan Hormon Pertumbuhan Secara Alami

by

Hormon pertumbuhan manusia, atau HGH atau GH, adalah salah satu hormon anabolik yang paling penting yang dibutuhkan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Hormon tertentu merangsang pertumbuhan, reproduksi sel dan regenerasi sel, yang penting untuk pembangunan tubuh.

10 Cara Meningkatkan Hormon Pertumbuhan Secara Alami
Tubuh secara alami memproduksi hormon pertumbuhan ini di kelenjar hipofisis. Di samping meningkatkan tinggi pada anak-anak dan remaja, HGH memiliki banyak efek lain pada tubuh. Ini mengatur suhu tubuh, gula dan metabolisme lemak, dan juga memainkan peran kunci dalam meningkatkan fungsi jantung, meningkatkan sintesis protein, merangsang sistem kekebalan tubuh serta pertumbuhan semua organ internal, termasuk otak.

Sebagai HGH yang meningkatkan sintesis jaringan protein baru, ia memiliki efek positif pada pertumbuhan rambut dan kuku juga. Plus, hormon ini bekerja sama dengan kolagen untuk mempertahankan kulit dan komposisi otot.

Bahkan, sebagai produksi HGH dan kolagen melambat dengan seiring bertambahnya usia, kulit menjadi lebih longgar dan lebih tipis. Inilah sebabnya mengapa suplemen HGH dan suntikan banyak dilakukan oleh orang-orang. Namun, suplemen dan suntikan juga memiliki beberapa efek negatif kesehatan.

Untuk merangsang produksi tubuh dalam memproduksi HGH sendiri, ada banyak cara alami yang aman dan efektif. Berikut adalah 10 cara untuk meningkatkan kadar hormon pertumbuhan manusia secara alami.

10 Cara Alami Merangsang Hormon Pertumbuhan

  • Olahraga teratur 

Olahraga teratur adalah cara yang efektif untuk meningkatkan sekresi HGH tubuh Anda dengan cara yang aman dan alami. Latihan intensitas tinggi, yang dapat berupa sprint, interval atau latihan lainnya, akan memberikan hasil terbaik.

Namun, saat melakukan latihan yang intens, penting untuk beristirahat selama 30 sampai 60 detik untuk membantu merangsang sekresi HGH. Selama latihan intensitas tinggi, serat-serat otot menjadi aktif, yang memicu pelepasan testosteron dan hormon pertumbuhan ke dalam aliran darah.

  • Jangan mengabaikan tidur

Lebih dari 50 persen dari produksi HGH terjadi selama tidur. Oleh karena itu, tidur 7 sampai 9 jam setiap malam adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan tingkat HGH Anda.

Sebuah studi 1991 yang diterbitkan dalam Journal of Psychiatry and Neuroscience menyelidiki pola sekresi hormon pertumbuhan dan kortisol dalam kaitannya dengan tidur dan terjaga. Para peneliti menemukan bahwa kadar hormon pertumbuhan rata-rata yang lebih tinggi saat tidur gelombang lambat dibandingkan dengan tahap tidur lainnya.

  • Menjaga berat badan tetap ideal 

HGH memiliki dampak pada metabolisme tubuh, yang penting untuk menurunkan berat badan. Telah ditemukan bahwa orang gemuk memiliki tingkat HGH lebih tinggi daripada orang dengan berat badan yang sehat. Plus, orang dengan lemak tubuh lebih juga cenderung memiliki tingkat insulin, yang pada gilirannya secara signifikan menekan produksi hormon pertumbuhan.

  • Vitamin D 

Vitamin D memainkan peran kunci dalam beberapa proses yang membantu meningkatkan kadar hormon pertumbuhan. Telah ditemukan bahwa kekurangan vitamin D mempengaruhi kemanjuran tingkat HGH dan juga pengobatan GHD.

Sebuah studi 2013 yang dipublikasikan dalam European Journal of Endocrinology melaporkan bahwa vitamin D meningkatkan IGF1 insulin growth factor 1 pada orang dewasa. Ini menyiratkan pentingnya vitamin D untuk pengobatan GHD.

  • Mengurangi asupan gula

Untuk kesehatan secara keseluruhan dan produksi sehat HGH, adalah penting untuk menghindari asupan gula yang tinggi. Asupan gula berlebih merupakan faktor kunci dalam kenaikan berat badan dan obesitas, yang memiliki dampak langsung pada tingkat HGH.

  • Nikmati mandi air panas

Setelah anda di usia 30, mulai menikmati mandi sauna dari waktu ke waktu. Ini akan membantu meningkatkan tingkat HGH. Sebuah studi 2007 yang diterbitkan dalam Biology of Sport melaporkan bahwa peningkatan kecil dalam suhu tubuh, denyut jantung, dan kadar serum HGH, corticotropin (ACTH) dan kortisol terdeteksi setelah mandi sauna atau mandi air panas.

  • Batasi konsumsi alkohol

Berpantang dari alkohol atau minum dalam jumlah sedang juga dapat membantu Anda mempertahankan tingkat HGH normal. Alkohol menekan pelepasan HGH selama tidur. Bahkan, orang dewasa yang mengkonsumsi hanya satu minuman beralkohol dapat menyebabkan produksi HGH mereka turun sebanyak 75 persen selama tidur.

  • Cobalah puasa

Puasa adalah cara lain yang baik untuk meningkatkan kadar hormon pertumbuhan secara signifikan. Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Journal of Endocrinology Clinical and Metabolism menunjukkan bahwa peningkatan kelaparan yang disebabkan sekresi hormon pertumbuhan dimediasi oleh peningkatan frekuensi rilis GHRH.

  • Cari alasan untuk tertawa lebih

Walaupun mungkin terdengar aneh, memang benar bahwa tertawa dapat meningkatkan HGH secara alami. Bahkan, itu adalah salah satu cara terbaik dan termudah untuk merangsang hormon pertumbuhan.

  • Ikuti diet sehat

Nutrisi memainkan peran kunci pada sekresi HGH Anda. Bahkan, Anda harus menghindari mengikuti diet tinggi karbohidrat, karena dapat mengurangi sekresi HGH. Diet terbaik terdiri dari 40 persen karbohidrat, lemak 40 persen dan protein 20 persen. Jenis diet ini dapat membantu menjaga kadar HGH normal.

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • cara mengaktifkan hormon hgh
  • cara mengeluarkan hormon pertumbuhan
  • cara mengeluarkanhormon pert
  • Cara meningkatkan hormon pertumbuhan
  • cara merangsang hormon hgh
  • tips mengeluarkan hormon pertumbuhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *