10 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh dengan Makanan

by

Metabolisme adalah proses dimana tubuh Anda mengubah makanan yang Anda makan menjadi energi. Tingkat metabolisme basal (BMR) dari tubuh Anda membantu menjaga fungsi dasar, seperti pembaharuan sel dan perbaikan, sirkulasi darah, pernapasan dan keseimbangan hormonal, ketika Anda sedang beristirahat.

10 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh dengan Makanan
Beberapa hal mempengaruhi tingkat metabolisme basal Anda, termasuk usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, komposisi tubuh dan diet Anda. Semakin cepat tingkat metabolisme Anda, maka Anda akan lebih energik dan aktif.

Namun, jika tingkat metabolisme Anda lambat, Anda mungkin menghadapi beberapa masalah serius seperti kelelahan, kolesterol tinggi, kelemahan otot, kulit kering, berat badan, sendi bengkak, debit menstruasi yang berat, depresi dan detak jantung yang lambat. Adalah penting untuk Anda meningkatkan metabolisme Anda guna menjaga tubuh Anda tetap sehat.

Meskipun benar bahwa metabolisme sebagian besar didasari oleh genetika, ada banyak cara untuk meningkatkan metabolisme itu sendiri secara alami. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan makan makanan yang dikenal untuk membantu meningkatkan metabolisme. Berikut adalah 10 makanan yang dikenal baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

10 Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Metabolisme

  • Lemon

Lemon merupakan sumber makanan yang sangat baik untuk meningkatkan metabolisme. Lemon membantu dalam detoksifikasi hati Anda dan membersihkan sistem pencernaan.

Enzim dan vitamin C dalam lemon membantu dalam membersihkan racun dari tubuh dengan mengubahnya menjadi senyawa yang dikeluarkan dari tubuh dalam bentuk limbah. Hal ini pada akhirnya membantu dalam meningkatkan fungsi metabolisme Anda.

  • Teh hijau

Ketika berbicara tentang penguat metabolisme, teh hijau adalah salah satu makanan terbaik. Sarat dengan antioksidan dan polifenol, teh hijau membantu dalam meningkatkan aktivitas metabolisme tubuh Anda.

Sebuah studi tahun 1999 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa teh hijau memiliki sifat termogenik dan mempromosikan oksidasi lemak luar.

  • Cabe rawit

Cabe rawit mengandung senyawa yang dikenal sebagai capsaicin yang memiliki dampak positif pada tingkat metabolisme tubuh Anda. Capsaicin memiliki sifat termogenik yang membantu sel mengubah energi menjadi panas.

Sebuah studi 2008 yang diterbitkan dalam Journal of Biological Chemistry melaporkan bahwa capsaicin dikaitkan dengan peningkatan thermogenesis, yang meningkatkan suhu tubuh dan metabolisme.

  • Jeruk bali

Jeruk bali kaya akan vitamin C yang membantu dalam meningkatkan fungsi sistem metabolisme Anda. Vitamin C mengatur metabolisme lemak dan membantu dalam pembakaran lemak. Jeruk bali juga mengandung naringenin, flavonoid, yang memiliki sifat antioksidan yang sangat baik dan diperlukan untuk metabolisme.

Naringenin membantu menurunkan tingkat insulin dalam darah. Pada gilirannya ini menyebabkan kadar gula darah yang seimbang dan metabolisme ditingkatkan.

  • Apel

Rendah kalori dan kaya serat larut, apel sangat baik untuk mereka yang ingin mempercepat metabolisme. Konten serat juga membantu dalam pencernaan dan gerakan usus.

Bahkan, serat dalam apel membuat sel-sel menyerap lemak dan juga mendorong penyerapan air. Hal ini pada gilirannya membantu menghilangkan timbunan lemak dari tubuh, memastikan dorongan untuk aktivitas metabolik.

  • Jahe

Bahan dapur umum yang dapat memberikan dorongan untuk metabolisme Anda adalah jahe. Ia memiliki kualitas thermogenic, yang berarti asupan yang dapat sedikit meningkatkan suhu tubuh. Kenaikan suhu tubuh ini terkait dengan tingkat metabolisme yang lebih tinggi.

  • Kopi

Kegiatan meningkatkan metabolisme kopi berasal dari kafein, sebuah pusat stimulan sistem saraf psikoaktif yang bekerja untuk meningkatkan tingkat metabolisme tubuh Anda.

  • Kayu manis

Kayu manis adalah cara yang lezat untuk mempercepat metabolisme dan menurunkan berat badan. Selain menjadi rendah kalori, kayu manis kaya antioksidan dan fitokimia yang membantu mempercepat tingkat metabolisme Anda.

  • Almond

Makan almond dapat mengakibatkan peningkatan pengeluaran energi tubuh Anda. Meskipun almond tinggi kalori, mereka dikemas dengan asam lemak omega-3 penting yang berguna sebagai penguat metabolisme.

Asam lemak mengurangi produksi hormon yang dikenal sebagai leptin, bahan kimia alami yang berguna untuk metabolisme Anda.

  • Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran ajaib yang membantu meningkatkan aktivitas metabolisme dalam tubuh Anda. Hal ini kaya kalsium dan vitamin C, kedua komponen penting untuk metabolisme.

Kalsium bertindak sebagai pemicu untuk meningkatkan metabolisme, sementara vitamin C membantu penyerapan yang lebih baik dari kalsium.

Baca juga:
(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *