10 Cara Sederhana Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat

by

Sesak napas adalah masalah yang sangat umum yang kebanyakan dari kita sering sekali keluhkan dari waktu ke waktu. Secara medis masalah ini dikenal sebagai dyspnea. Sesak napas berarti Anda mengalami kesulitan bernapas dan merasa tercekik.

10 Cara Sederhana Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat
Sesak napas dapat terjadi secara ringan, sedang atau berat. Dalam beberapa kasus, orang juga mengalami kecemasan atau stres yang membuat kondisi menjadi lebih buruk. Hal tersebut adalah normal untuk mengalami sesak napas saat Anda melakukan tingkat aktivitas yang biasa Anda lebih berat atau mendaki ke tempat yang tinggi di mana ada kurang oksigen di udara.

Sesak napas juga dapat disebabkan oleh sejumlah masalah kesehatan. Hal ini dapat disebabkan oleh anemia, infeksi saluran pernapasan atau penyakit pernapasan seperti, bronkitis kronis, penyakit jantung, dan alergi. Ini adalah gejala yang sangat umum pada orang yang menderita kanker paru-paru. Sebagian besar episode sesak napas tidak serius.

Namun, hubungi dokter Anda jika mulai tiba-tiba sesak napas muncul tanpa alasan yang jelas, terjadi saat istirahat, membuat Anda terjaga sepanjang malam dan Anda memiliki gejala seperti demam, nyeri dada, sesak di tenggorokan atau dada dan mengi.

Bila menderita dyspnea, mungkin sulit bagi Anda untuk melakukan sesuatu yang biasanya Anda lakukan dengan mudah. Bahkan dapat mempengaruhi kegiatan sehari-hari Anda serta kualitas hidup.

Anda dapat mencoba menggabungkan beberapa perubahan gaya hidup, perubahan pola makan dan pengobatan rumah sederhana untuk mengelola masalah kesehatan ini. Juga, konsultasikan dengan dokter Anda untuk diagnosis yang tepat dan pengobatan penyebab yang mendasari. Berikut adalah 10 cara alami untuk mengatasi sesak napas.

10 Tips Alami Menyembuhkan Sesak Napas

  • Pernapasan diafragma

Juga disebut pernapasan perut atau pernapasan dalam, pernapasan diafragma dapat membantu mengelola sesak napas Anda. Teknik ini sangat membantu ketika Anda memiliki sesak napas akibat penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

  • Mengerutkan bibir saat melakukan pernapasan

Teknik pernapasan umum lainnya yang dapat membantu meringankan sesak nafas mengerutkan bibir saat melakukan pernapasan. Hal ini dapat dengan cepat memperlambat kecepatan Anda bernapas, membantu Anda memulihkan pernapasan normal Anda. Hal ini juga membantu menghilangkan stres dan kecemasan.

  • Minum kopi hitam

Secangkir kopi hitam juga dapat membantu menyembuhkan sesak napas. Kafein dalam kopi membantu mengurangi kelelahan otot pernafasan dan meningkatkan fungsi saluran napas yang sederhana. Selain itu, dapat mengurangi gejala asma.

  • Uap inhalasi

Jika masalah pernapasan yang menyebabkan sesak napas terjadi, menghirup uap adalah pilihan yang baik. Ini akan membantu menjaga hidung Anda terdekongestan. Selain itu, panas dan kelembaban dari uap akan membantu memecah dan melarutkan lendir untuk memudahkan penghapusan dari sistem.

  • Jahe

Jahe adalah ekspektoran lain yang sangat baik yang dapat membantu mengobati dada atau hidung tersumbat yang dapat menyebabkan kesulitan bernapas. Beberapa komponen di jahe memberi bantuan pada sekresi menghambat lendir untuk membantu Anda bernapas lebih mudah. Selain itu, membantu melawan segala jenis infeksi enggorokan dan infeksi saluran pernapasan.

  • Makan makanan yang kaya zat besi 
Jika sesak napas adalah karena anemia yang disebabkan oleh kekurangan zat besi, Anda dapat makan ubi untuk memperbaiki kondisi Anda. Ubi jalar memiliki kandungan zat besi serta serat, kalsium, kalium, dan vitamin.

  • Biji adas

Biji adas dapat membantu mengobati masalah pernapasan. Ia memiliki sifat ekspektoran yang membantu memecah dahak untuk mengobati gangguan pernapasan, seperti bronkitis dan batuk. Selain itu, zat besi dalam adas adalah membantu dalam mengobati anemia.

  • Berhenti merokok

Apakah Anda seorang perokok aktif atau pasif, asap rokok dapat menyebabkan banyak masalah pernapasan, termasuk dyspnea. Bahan kimia berbahaya di dalamnya adalah faktor yang paling penting yang berkontribusi pada perkembangan masalah pernapasan. Jadi, cobalah untuk berhenti merokok dan menghindari asap rokok.

  • Rutin jalan kaki

Berjalan adalah obat untuk sesak napas, yang umum di antara orang yang kelebihan berat badan sering lakukan. Regular berjalan membantu meningkatkan stamina Anda dan mengurangi episode sesak napas. Hal ini juga membantu Anda menurunkan berat badan.

  • Terapi relaksasi

Terapi relaksasi seperti yoga dan meditasi juga dapat membantu mengatasi kesulitan bernapas. Terapi tersebut dapat meningkatkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh Anda dan bahkan memperlambat detak jantung Anda. Selain itu, mereka dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, yang dapat memperburuk kondisi Anda.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *