10 Gerakan Olahraga Untuk Memperkuat Lutut

by

Lutut yang kuat menyeimbangkan tubuh Anda dan membantu Anda mempertahankan postur tubuh yang benar. Pentingnya lutut yang sehat sering tidak disadari sampai lutut tersebut mengalami masalah. Dan lutut adalah sendi yang paling sering terluka dalam tubuh.

10 Gerakan Olahraga Untuk Memperkuat Lutut
Siapapun, terlepas dari usia, bisa menghadapi masalah dengan lutut mereka di beberapa waktu. Bermain, olahraga, mengikuti rutinitas latihan yang ketat atau berpartisipasi dalam kegiatan lain bisa menyebabkan strain otot atau air mata ligamen yang menyebabkan masalah lutut

Untuk beberapa masalah, rasa sakit dapat cukup untuk membatasi kegiatan sehari-hari yang berat, sedangkan untuk orang lain itu mungkin hanya gejala ringan. Dalam kedua kasus, Anda tidak boleh mengabaikan masalah lutut supaya mereka tidak menjadi parah. Masalah lutut tidak selalu akibat dari masalah pada sendi lutut yang sebenarnya.

Semua otot dan sendi dekat lutut berperan penting dalam menjaga lutut dalam keadaan sehat. Oleh karena itu, penting untuk latihan daerah sekitar lutut. Berolahraga paha depan, paha belakang, sisi luar paha dan adductors (bagian dalam paha) membantu menjaga kesehatan lutut.

Jika otot-otot ini berada dalam kondisi yang baik, lutut Anda secara otomatis akan berfungsi dengan baik dan akan kurang rentan terhadap cedera. Berikut adalah 10 latihan lutut sederhana yang dapat dengan mudah dilakukan di rumah.

10 Latihan Sederhana Memperkuat Lutut

  • Squats Partial

Squat adalah cara terbaik Anda ketika datang ke masalah lutut. Bahkan, itu adalah salah satu latihan terbaik untuk rehabilitasi lutut. Squats parsial membantu melatih otot kaki dan juga meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.

  • Peregangan Hamstring (Standing)

Otot-otot hamstring bekerja sama untuk melenturkan dan menekuk sendi lutut dan untuk memperpanjang sendi panggul. Dengan demikian, peregangan hamstring adalah latihan yang baik untuk memperkuat otot-otot dan mendukung fungsi lutut secara halus. Ada beberapa variasi dari latihan rutin ini. Anda dapat memilih salah satu sesuai kebutuhan Anda.

  • Jalan di tempat 

Salah satu latihan yang mudah yang sesuai dilakukan orang dari kelompok usia yang berbeda adalah jalan di tempat. Latihan ini tidak memerlukan peralatan khusus dan memberikan pilihan Anda untuk latihan dirumah atau Anda dapat melakukannya di pantai atau taman.

  • Duduk di antara betis

Meniskus adalah bagian C berbentuk tulang rawan di kedua sisi sendi lutut. Duduk di antara betis dapat membantu mengurangi cedera di bagian ini karena memutar dari lutut atau perubahan degeneratif lainnya. Betis membantu meniskus dengan memperkuat otot-otot yang mengelilingi dan menstabilkan lutut.

  • Leg Lift

Leg lift membantu meningkatkan stabilitas sendi lutut dengan memperkuat otot-otot quadricep di paha Anda. Dan paha depan Anda yang kuat akan membantu mengurangi adanya masalah di lutut.

  • Step Ups

Step ups adalah latihan lutut yang membantu meningkatkan stabilitas lutut dan memperkuat paha depan. Memperkuat otot-otot yang berdekatan, membantu mengurangi ketegangan pada sendi lutut, sehingga mengurangi rasa sakit Anda.

  • Side-Lying Leg Lifts

Latihan ini terutama menargetkan otot abductor Anda (sisi luar paha) yang penting untuk bergerak dan melakukan kegiatan sehari-hari. Ia bekerja untuk menciptakan ketegangan di gluteus medius Anda (paha luar), yang membantu membuat mereka lebih kuat dan lebih stabil.

  • Glute Briges

Gluteals kuat sangat penting untuk lutut tetap berfungsi sehat. Mereka membantu mengontrol pergerakan lutut dengan mencegah runtuh ke dalam. Dengan demikian, mereka membentuk landasan untuk lutut yang kuat. Glutes lemah atau tidak aktif dapat menyebabkan segala macam masalah di lutut Anda.

  • Wall Squats

Squat adalah latihan terbaik untuk membantu Anda menilai kekuatan dan kelemahan dalam sendi lutut. Juga, latihan ini tetap dapat dilakukan siapa saja yang meski telah menderita nyeri lutut.

  • Calf Stretch 

Otot betis memainkan peran penting dalam mendukung lutut, serta dalam mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fleksibilitas. Betis terdiri dari dua otot di bagian belakang kaki Anda, yakni gastrocnemius dan soleus. Tugas utama dari otot-otot ini adalah untuk menarik kaki ke bawah, seperti ketika Anda menunjuk jari-jari kaki Anda.

Baca juga:

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • gerakan memutar lutut ke belakang untuk melatih
  • Gerakan olah raga lutut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *