10 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kesehatan Kulit dan Rambut

by

Tidur dengan makeup? Masih menggunakan produk kecantikan yang sudah kadaluarsa? Punya kebiasaan menggigit kuku? Menyisir rambut saat masih basah? Jika Anda menjawab dengan mengangguk yang berarti iya, berhati-hatilah… Anda membuat beberapa kesalahan serius yang dapat merusak kulit dan rambut Anda.

10 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kesehatan Kulit dan Rambut
Jika kebiasaan tersebut Anda abaikan, cepat atau lambat Anda akan mengalami gejala penuaan dini, seperti keriput, bintik-bintik usia dan garis-garis halus di sekitar wajah. Rambut Anda juga mengalami kerontokan dan tampak kering.

Nah, sebelum semuanya terlambat, Anda sebaiknya mulai menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit dan rambut Anda. Apa saja itu? Berikut adalah 10 kebiasaan buruk yang dapat merusak kulit dan rambut Anda.

10 Kebiasaan yang Merusak Kesehatan Rambut dan Kulit

  • Tidur dengan riasan

Mungkin Anda merasa sangat malas membersihkan riasan ketika Anda terlalu lelah beraktivitas. Tetapi Anda tidak tahu bagaimana hal tersebut merusak bisa untuk kulit Anda jika pergi tidur tanpa membersihkan riasan terlebih dahulu.

Tidur dengan riasan memiliki salah satu efek yang paling buruk pada kulit Anda, dan bahkan mempercepat proses penuaan. Polutan lingkungan yang kulit Anda bertemu sepanjang hari menyumbat pori-pori Anda dan menyebabkan munculnya jerawat.

  • Tidak rutin memotong rambut

Anggapan bahwa tidak memotong rambut membantu rambut Anda tumbuh dengan baik hanyalah mitos. Apakah Anda memotongnya atau tidak, rambut Anda selalu tumbuh. Jika Anda tidak rutin memotong rambut Anda, ujung kasar dari kurangnya pemangkasan membuat rambut Anda lemah dan kusam.

  • Membiarkan rambut bercabang 

Akhir helai rambut adalah bagian tertua dari rambut. Kurangnya kelembaban di ujung dapat menyebabkan kerusakan dan perpecahan yang berakhir memberikan tampilan yang sangat tidak sehat untuk rambut Anda. Plus, menahan pertumbuhan rambut Anda.

  • Mencuci rambut dan tubuh dengan air panas

Mandi air panas dapat membuat kulit Anda kehilangan minyak alami, sehingga tampak kering dan kasar. Air panas dapat menghilangkan minyak rambut Anda yang alami (serum) dan dapat menyebabkan kerusakan akar. Tanpa serum, rambut menjadi kering dan rapuh, yang pada gilirannya menyebabkan kerusakan dan rambut rontok.

  • Bermain dengan rambut

Terus menerus menarik dan bermain-main dengan rambut Anda menyebabkan lebih banyak kerusakan daripada yang dapat Anda bayangkan. Seringnya campur tangan menciptakan stres pada helai rambut, akhirnya berkontribusi terhadap kerusakan rambut dan rambut rontok.

  • Sering menyisir atau menyikat rambut

Menyikat atau menyisir rambut Anda sangat sering merusak kutikula rambut, yang mengarah terhadap kerusakan dan berakhir menjadi rambur bercabang. Terlalu banyak menyikat menempatkan banyak stres fisik pada serat rambut, sehingga menyebabkan kutikula mengelupas dan menanggalkan rambut.

  • Tidak memakai tabir surya secara teratur

Setiap paparan sinar matahari, bahkan jika melalui jendela di kantor Anda, membutuhkan perlindungan dari lotion tabir surya. Tabir surya melindungi kulit Anda dari sinar ultraviolet (UV) yang keras.

Juga, paparan sinar berbahaya dari matahari membuat kulit rentan terhadap pigmentasi, bintik-bintik dan keriput. Bahkan menyebabkan elastisitas kulit berkurang dan degradasi tekstur kulit.

  • Memencet jerawat

Munculnya jerawat adalah kebiasaan kecantikan lain yang buruk yang berbahaya. Hal ini menyebabkan iritasi yang tidak semestinya, kemerahan dan kadang-kadang nyeri di daerah yang berjerawat. Bahkan dapat meninggalkan bekas luka yang akan sulit untuk dihilangkan.

  • Membungkus rambut basah pada handuk

Membungkus rambut basah dengan handuk setelah mandi adalah salah satu hal yang kebanyakan dari kita sering lakukan. Namun, sangat sedikit yang tahu bahwa ini sangat berbahaya bagi kesehatan rambut Anda.

Ketika basah, poros rambut Anda seperti mata air yang rentan terhadap peregangan dan kerusakan. Juga, jika handuk dibungkus erat, hal itu menyebabkan ketegangan pada folikel rambut, yang pada gilirannya menyebabkan rambut patah dan rambut rontok.

  • Sering bergonta-ganti produk kecantikan

Menggunakan terlalu banyak produk dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit. Dan jika Anda kebetulan memiliki kulit sensitif, akan mengundang masalah besar untuk diri sendiri, untuk beberapa produk bahkan dapat menyebabkan reaksi alergi, sehingga merusak kulit Anda.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *