10 Kesalahan dan Penyebab Kenapa Diet Gagal

by

Banyak orang menginginkan bentuk tubuh yang ideal dan proporsional. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan diet. Namun masalahnya, saat diet sudah berjalan, banyak orang mulai kehilangan motivasi. Apalagi jika progres diet tidak sesuai harapan.

10 Kesalahan dan Penyebab Kenapa Diet Gagal
Ada sejumlah alasan kenapa program diet mengalami kegagalan, diantaranya tidak memiliki rencana penurunan berat badan yang realistis dan menjadi tidak sabar. Kedua faktor itulah yang sering membuat program diet mengalami kegagalan.

Tujuan yang realistis dapat membantu Anda tetap berada di jalur rencana awal dan termotivasi saat Anda rutin melakukan proses penurunan berat badan. Jangan berharap sesuatunya berjalan instan.

Program penurunan berat badan secara bertahap dan lambat tidak hanya sehat tetapi juga lebih menjaga kestabilan berat badan itu sendiri secara berkelanjutan. Berikut ini adalah 10 kesalahan terbesar saat diet yang Anda harus hindari.

10 Penyebab Diet Selalu Gagal

  • Melewatkan waktu makan

Pola makan, seperti frekuensi dan distribusi makan sepanjang hari, dapat memiliki dampak besar pada kemajuan penurunan berat badan Anda. Banyak orang berpikir mengurangi asupan kalori dengan melompati waktu makan akan membantu mempercepat penurunan berat badan. Namun dalam kenyataannya, melewatkan makan sering dapat menyebabkan makan berlebihan pada waktu makan berikutnya karena Anda mengalami kelaparan.

  • Mengandalkan menu makan rendah lemak 

Ketika mencoba untuk menurunkan berat badan, banyak orang mengadopsi kebiasaan mencari makanan ‘rendah lemak’ atau label ‘diet’ sebelum memutuskan apakah makanan tersebut ramah untuk pencernaan. Makanan bagaimanapun, mungkin mengandung lemak yang melimpah dan kalori tersembunyi serta pemanis buatan. Selain itu, mengonsumsi makanan tersebut dapat menyebabkan kandungan tinggi gula, mengurangi tingkat energi Anda dan menyebabkan penambahan berat badan dari waktu ke waktu.

  • Kurang tidur 

Jika berat badan Anda tak kunjung turun meskipun sering berolahraga dan mengikuti diet ketat, alasannya bisa karena kurang tidur. Bahkan, tidak memperhatikan dan mendapatkan tidur yang tepat adalah salah satu kesalahan terbesar orang ketika mencoba untuk menurunkan berat badan. Kualitas tidur terkait dengan kadar hormon kita. Kurang tidur menyebabkan peningkatan sekresi hormon kortisol, yang memicu penyimpanan lemak.

  • Stres 

Stres adalah kenyataan hidup, tapi sayangnya stres berlebih dapat menghambat program diet Anda. Bahkan lebih buruk, dapat menambahkan beberapa kg ekstra meskipun makan sehat dan berolahraga setiap hari. Selama stres, otak Anda menginstruksikan sel-sel Anda untuk melepaskan kortisol, hormon yang membuat Anda mendambakan gula dan lemak tinggi makanan.

  • Mengabaikan protein

Beberapa nutrisi memainkan peran kunci dalam mengatur berat badan, salah satunya yaitu protein. Protein adalah makronutrien yang paling mengenyangkan, dan membantu menjaga gula dan mencegah timbunan lemak berlebih karena gula berlebih. Jadi, peningkatan protein bersama dengan aktivitas fisik dan diet terkontrol energi dapat membantu mengurangi berat badan.

  • Kurang cairan tubuh

Air membentuk lebih dari dua-pertiga tubuh yang sehat dan memainkan peran penting dalam menentukan massa tubuh dan berat badan secara keseluruhan. Dehidrasi mempengaruhi bagaimana tubuh Anda membakar lemak, mendorong asupan kalori yang berlebihan dan memperlambat metabolisme. Hal ini juga menyebabkan penurunan tingkat energi Anda, yang mengarah ke peningkatan kelelahan yang membuat sulit untuk aktif.

  • Diet air

Mereka yang ingin menurunkan berat badan dengan sedikit usaha sering memilih untuk melakukan diet air. Mengganti makanan sehat dengan jus hijau, jus buah dan smoothie tidak akan memberikan tubuh Anda semua nutrisi penting. Jus kekurangan serat dan protein, yang merupakan nutrisi penting dalam menjaga Anda penuh.

  • Hanya mengandalkan olahraga

Olahraga adalah penting untuk gaya hidup sehat dan untuk menyingkirkan berat badan berlebih. Tetapi jika latihan tidak dikombinasikan dengan rencana diet ketat dan perubahan gaya hidup lainnya, diet Anda akan berakhir dengan kegagalan.

  • Melakukan jenis olahraga yang sama setiap hari

Hindari untuk melakukan satu jenis olahraga saat menjalankan program diet. Ketika Anda melakukan latihan yang sama setiap hari, tubuh Anda akan terbiasa untuk itu, menyebabkan sedikit keuntungan atau bahkan tidak ada penurunan berat badan. Bahkan dapat menyebabkan perkembangan otot di beberapa area tubuh lebih dari yang lain.

  • Makan berlebihan terutama akhir pekan 

Setelah mengikuti diet dan olahraga ketat rutin sepanjang minggu, kebanyakan orang malas selama akhir pekan. Hal ini dapat secara signifikan menghambat upaya penurunan berat badan. Rutinitas weekend sangat berbeda dari hari kerja, sering memberikan lebih banyak kesempatan untuk makan dan minum serta kurang berolahraga.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *