10 Makanan Murah yang Terbukti Menyehatkan

by

Tidak peduli seberapa buruk kondisi keuangan Anda, penting untuk makan sehat, karena kesehatan merupakan kekayaan yang tak ternilai harganya. Ketika Anda sehat dari dalam, Anda akan lebih mampu untuk melawan situasi apapun dan membangun kembali diri Anda dengan posisi keuangan yang aman.

Di sisi lain, jika Anda berakhir dengan masalah kesehatan selama masa kesulitan keuangan, Anda hanya terus menambah kekhawatiran dan merugikan diri Anda sendiri terus menerus. Biaya medis yang tinggi dan berurusan dengan itu akan lebih membuat kondisi keuangan Anda semakin terpuruk.

Jadi, ketika kondisi keuangan Anda sedang sulit, penting untuk menjaga kesehatan Anda. Makan, olahraga fisik secara teratur, dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan. Ada olahraga yang tidak membutuhkan biaya apapun, dan biaya makan yang sehat bisa ditekan jika Anda pintar memilih menu makanan.

Ada banyak makanan murah dengan harag terjangkau yang menawarkan manfaat besar untuk tubuh Anda. Berikut adalah 10 makanan murah namun sehat ketika Anda sedang dalam kondisi keuangan yang sulit.

10 Jenis Makan Murah Tapi Bergizi Tinggi

  • Pisang

Buah murah ini adalah salah satu sumber terbaik potasium, elektrolit yang membantu menjaga keseimbangan air yang tepat dalam tubuh serta mengatur tekanan darah. Mineral ini juga diperlukan untuk kekuatan otot, fungsi saraf, pencernaan yang lebih baik dan fungsi ginjal yang tepat.

  • Yogurt

Yogurt adalah makanan murah lain yang dapat sesuai anggaran. Ini berisi beberapa nutrisi yang mendukung kesehatan yang baik. Yogurt dikemas dengan protein jauh lebih tinggi daripada minuman susu biasa dan juga merupakan sumber yang baik dari kalsium dan vitamin D.

  • Oats

Oats berisi biji-bijian sereal yang dapat memberikan banyak nutrisi. Oats ini tinggi serat dan protein tapi rendah lemak, makan oats setiap hari adalah cara yang pasti dan aman untuk menurunkan kolesterol.

Sebuah laporan tahun 2008 oleh para peneliti di University of Kentucky menunjukkan hubungan antara makan oatmeal dan tingkat kolesterol yang lebih rendah. Bahkan mengurangi risiko tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan menjaga berat badan.

  • Telur

Telur adalah salah satu makanan yang paling bergizi yang Anda dapat makan, bahkan jika anggaran Anda tak banyak. Telur adalah salah satu dari beberapa makanan yang mengandung semua sembilan asam amino esensial dan juga kaya akan zat besi, fosfor, selenium dan vitamin A, B12, B2 dan B5.

  • Bayam

Sayuran berdaun hijau gelap ini adalah satu lagi sayuran yang hemat yang dapat Anda beli dengan menghabiskan hanya sedikit uang. Bayam sarat dengan nutrisi seperti kalsium dan kalium, dan tinggi vitamin termasuk vitamin A dan K.

Vitamin A dalam bayam dibutuhkan untuk kesehatan kulit dan rambut, sedangkan vitamin K memastikan tulang yang kuat. Plus, serat dan air yang tinggi dalam bayam adalah baik untuk sistem pencernaan Anda.

  • Tuna kalengan

Tuna kaleng merupakan sumber yang kaya omega-3 asam lemak, lemak tak jenuh sehat yang memainkan peran kunci dalam meningkatkan fungsi pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Asam lemak omega-3 juga mendukung otak yang sehat dan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan yang tepat.

  • Ubi jalar

Ubi jalar mengandung jumlah yang baik dari nilai harian yang direkomendasikan untuk Anda terkait vitamin A dan C. Ubi jalar juga kaya akan kalsium, kalium dan zat besi. Selain itu, antioksidan di dalamnya membantu menangkal kanker dan melindungi terhadap efek penuaan.

  • Apel

Apel sangat kaya akan antioksidan penting, flavonoid dan serat makanan. Apel rendah gula dan tinggi serat larut, yang membantu mengisi tenaga Anda dengan cepat dan menstabilkan kadar gula darah.

  • Kacang polong

Hanya ½ cangkir kacang menyediakan protein seperti halnya satu ons daging, tanpa lemak jenuh. Plus, mereka jauh lebih murah daripada daging. Kacang juga dikemas dengan serat serta zat besi, magnesium, potassium dan folat. Serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak perlu makan banyak sepanjang hari.

  • Beras merah

Kandungan serat yang tinggi dalam beras merah baik untuk kesehatan pencernaan dan membantu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam International Journal menyoroti efek penurun glukosa darah beras merah pada subjek normal dan diabetes. Efeknya adalah sebagian karena jumlah yang lebih tinggi dari asam fitat, polifenol, serat makanan dan minyak cokelat dibandingkan dengan beras putih.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *