10 Makanan Terbaik Untuk Bayi 6 Bulan Selain ASI

by

Sampai 5 bulan, ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Bahkan, Anda harus terus menyusui meski si kecil sudah bisa mengonsumsi makanan padat. Sebagai orang tua, Anda pasti menginginkan yang terbaik untuk anak Anda, terutama dalam hal makanan. Dengan memperoleh gizi yang baik, Anda dapat memberikan awal yang solid untuk pertumbuhan keseluruhan bayi Anda di tahun-tahun mendatang.

10 Makanan Terbaik Untuk Bayi 6 Bulan Selain ASI
Namun, makanan bayi bisa sangat rumit karena mereka memiliki sistem pencernaan yang sangat sensitif. Dengan demikian, menjadi lebih penting untuk memberi makan bayi Anda makanan yang tepat dalam beberapa bulan awal.

Hal ini penting untuk memperkenalkan salah satu makanan padat pada satu waktu dan dalam jumlah kecil untuk memungkinkan bayi Anda untuk bisa beradaptasi. Biasanya diperlukan waktu sekitar 3 hari untuk melihat apakah ada reaksi alergi.

Di sampan itu, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter anak tentang memperkenalkan makanan padat pada bayi Anda. Berikut adalah 10 makanan terbaik pertama untuk bayi Anda yang masih berusia 6 bulan.

10 Makanan Terbaik Untuk Bayi 6 Bulan

  • Apel

Apel adalah makanan yang dapat diperkenalkan pada bayi Anda antara 6 dan 8 bulan. Sebuah apel sehari memang sangat baik untuk kesehatan bayi Anda. Menurut American Academy of Pediatrics, apel adalah buah nomor satu disukai oleh anak-anak.

Salah satu komponen gizi yang paling penting dari apel adalah kandungan serat, yang membantu menjaga keteraturan usus. Nutrisi lainnya dalam apel termasuk vitamin A dan E, folat, fosfor, magnesium dan selenium.

  • Pisang

Sama seperti apel, pisang merupakan makanan utama lain yang dapat Anda berikan pada bayi Anda setelah ia mencapai usia 5 bulan. Kaya kalium, pisang membantu mengendalikan keseimbangan air tubuh.

Kalium juga membantu dengan fungsi otot dan bertanggung jawab untuk relaksasi dari otot jantung bayi Anda dan irama jantung. Bahkan mengurangi risiko batu ginjal dan osteoporosis di masa depan.

  • Alpukat

Salah satu makanan terbaik yang dapat Anda berikan untuk bayi Anda adalah alpukat. Anda dapat memperkenalkan alpukat ke dalam diet bayi Anda setelah ia mencapai usia 4 bulan.

Sarat dengan lemak tak jenuh tunggal, mereka membantu perkembangan otak. Jenis lemak ini juga memberikan bayi Anda dorongan energi yang sangat dibutuhkan. Plus, serat makanan di dalamnya menjamin pencernaan halus.

  • Pir

Pir buah bergizi lain yang dapat diperkenalkan ke dalam diet bayi Anda. Usia yang tepat untuk memperkenalkan pir berusia antara 6 dan 8 bulan. Buah lezat ini kaya akan serat, tembaga dan vitamin C.

Serat mempromosikan pencernaan yang sehat, dan dokter sering merekomendasikan pir sebagai obat untuk membantu meringankan sembelit bayi. Vitamin C dan tembaga melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

  • Wortel

Wortel juga salah satu makanan pertama untuk bayi, karena mereka mudah untuk menelan dan mencerna dan bahkan lezat. Sayuran akar ini mengandung beta-karoten yang membantu perkembangan yang sehat dari kulit, penglihatan dan sistem kekebalan tubuh.

  • Ubi jalar

Ubi jalar Selain lezat juga baik untuk diet bayi Anda. Ubi jalar adalah salah satu sumber terkaya beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A. Vitamin A penting untuk penglihatan yang baik, kulit yang sehat dan pertumbuhan bayi secara keseluruhan dan perkembangan bayi.

  • Biji labu

Rasa hambar atau gurih biji labu membuat alternatif yang sehat untuk buah-buahan manis. Hal ini dapat diperkenalkan kepada bayi berusia antara 6 dan 8 bulan. Biji labu merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A dan C.

Sedangkan vitamin A diperlukan untuk penglihatan yang baik dan kulit yang sehat, vitamin C diperlukan untuk kekebalan yang baik agar bayi Anda dapat melawan infeksi dengan mudah.

  • Yogurt

Yogurt adalah makanan lezat yang dianggap sebagai makanan pertama yang sehat untuk bayi. Kebanyakan dokter anak menyarankan memberikan yogurt untuk bayi sekitar 7 sampai 8 bulan. Ini adalah sumber protein, yang mendukung kesehatan sel-sel tubuh, jaringan dan orga.. Plus, lemak dalam yogurt mendukung pertumbuhan yang tepat.

  • Brokoli

Penuh dengan vitamin C, serat dan kalsium, brokoli adalah makanan pertama lain yang baik untuk anak Anda. Biasanya, brokoli harus diperkenalkan sekitar usia 8 sampai 10 bulan. Vitamin C-nya memberikan dorongan untuk mengembangkan sistem kekebalan tubuh bayi Anda.

Kalsium dalam brokoli membantu memberikan penglihatan yang baik dan menangkal kerusakan sel. Serat di dalamnya menjamin pencernaan yang baik. Ia juga memiliki beberapa vitamin B yang membantu dalam meningkatkan fungsi sistem saraf.

  • Lobak

Setelah bayi Anda mencapai 6 sampai 8 bulan, Anda dapat memperkenalkan lobak dalam makanan pertamanya. Sayuran akar ini merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C, kalsium, serat dan protein.

Sedangkan vitamin C dibutuhkan untuk membangun kekebalan tubuh, kalsium mempromosikan kesehatan tulang dan gigi. Protein mendukung kesehatan sel-sel tubuh.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *