10 Manfaat Ajaib Kapulaga Bagi Kesehatan

by

Kapulaga dikenal sebagai bumbu masakan dengan aroma yang kaya dan rasa yang khas. Apa yang banyak orang tidak tahu adalah bahwa kapulaga memiliki banyak manfaat kesehatan juga. Kapulaga merupakan sumber yang baik dari mineral seperti kalium, kalsium, sulfur, dan magnesium bersama dengan besi dan mangan. Selanjutnya, kaya akan berbagai vitamin penting, termasuk riboflavin, niasin, dan vitamin C.

10 Manfaat Ajaib Kapulaga Bagi Kesehatan
Manfaat obat kapulaga, juga dikenal sebagai elaichi, yaitu kandungan antiseptik, antioksidan, antispasmodic, karminatif, pencernaan, diuretik, ekspektoran, stimulan, dan sifat tonik. Karena bersifat mencegah penyakit, mempromosikan kesehatan dan memiliki kemampuan penyembuhan, kapulaga dapat meningkatkan kesehatan Anda dalam berbagai cara. Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari kapulaga.

10 Khasiat Kapulaga Bagi Kesehatan

  • Meningkatkan pencernaan

Kapulaga memiliki sifat karminatif yang membantu dalam proses pencernaan. Ini mengurangi perut kembung dan membantu mengobati sakit perut serta kram perut. Plus, meningkatkan aliran empedu, yang pada gilirannya meningkatkan pencernaan lemak serta nutrisi lainnya.

  • Melawan kuman penyebab bau mulut

Dikemas dengan sifat antibakteri, kapulaga dapat dengan mudah melawan kuman yang menyebabkan bau mulut. Plus, memiliki rasa yang kuat dan bau yang menyenangkan yang bisa mengalahkan bau mulut. Juga, minyak yang diekstrak dari biji kapulaga mengandung senyawa yang membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut dan infeksi lainnya.

  • Meningkatkan nafsu makan

Kapulaga bekerja sebagai tonik pencernaan yang dapat menangani gangguan pencernaan, perut kembung dan keasaman yang dapat mengurangi nafsu makan Anda. Plus, merangsang sekresi cairan pencernaan, yang pada gilirannya meningkatkan nafsu makan.

  • Menghilangkan racun tubuh

Menjadi kaya antioksidan, kapulaga juga membantu detoksifikasi dengan membuang racun dari tubuh. Ini adalah sumber besar mangan, yang membantu menghasilkan enzim untuk menghancurkan radikal bebas. Tubuh didetoksifikasi membuka jalan bagi lebih banyak energi dan kekebalan yang lebih baik dan metabolisme.

  • Meningkatkan kesehatan ginjal

Kapulaga dikatakan baik untuk ginjal karena mempromosikan buang air kecil dan menurunkan tekanan darah serta menghilangkan kalsium dan urea terakumulasi dalam ginjal. Kapulaga dapat membantu mengobati berbagai macam ginjal, kandung kemih, dan masalah kencing seperti batu ginjal, nefritis, nyeri buang air kecil, dan dorongan sering buang air kecil. Kapulaga juga sering digunakan dalam pengobatan infeksi saluran kemih.

  • Baik untuk kesehatan jantung

Dikemas dengan mineral seperti kalium, kalsium dan magnesium, kapulaga baik untuk jantung Anda. Kalium merupakan salah satu komponen utama dari darah, cairan tubuh Anda dan sel-sel tubuh. Kalium yang memadai diperlukan untuk mengatur detak jantung dan menjaga tekanan darah Anda di bawah kontrol. Plus, kapulaga dapat mencegah agregasi platelet dan peradangan, pada gilirannya mengurangi risiko penggumpalan darah dan stroke.

  • Melawan anemia

Kapulaga memiliki antioksidan kuat yang membantu mengisi vitamin yang hilang selama kondisi anemia. Ia juga memiliki tembaga, besi, mangan, dan vitamin penting seperti riboflavin, vitamin C dan niasin, yang baik untuk memerangi gejala anemia seperti kelelahan dan kelemahan. Semua nutrisi ini membantu dalam produksi sel darah merah dan metabolisme sel.

  • Meredakan asma

Penderita asma dapat menggunakan kapulaga untuk mendapatkan bantuan dari gejala seperti batuk, mengi, sesak napas dan dada sesak. Kapulaga membantu membuat bernapas lebih mudah dengan meningkatkan sirkulasi darah dalam paru-paru, melawan peradangan, dan selaput lendir. Sifat hangat kapulaga juga membantu mempromosikan pengusiran dahak dan mengurangi kemacetan dada.

  • Melawan kanker

Kapulaga mengandung IC3 dan DIM, fitokimia yang terkenal sebagai pejuang kanker. Menghambat pertumbuhan hormon yang bertanggung jawab untuk kanker payudara, kanker ovarium, dan kanker prostat. Mengkonsumsi kapulaga secara teratur dapat membantu mencegah bentuk-bentuk kanker.

  • Mengatasi impotensi

Kapulaga adalah tonik kuat dan stimulan yang mempersiapkan tubuh untuk melawan disfungsi se*ksual, seperti impotensi, ejakulasi dini, dan infertilitas. Minum dua sampai tiga cangkir teh kapulaga setiap hari untuk membantu mengurangi masalah ini.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *