10 Manfaat Ajaib Sayur Kangkung Bagi Kesehatan

by

Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran yang cukup popular di Indonesia. Untuk Anda yang sering menyantap sayuran pastinya sering mendengar dan bahkan mengolah sayuran yang satu ini. Terkenal sering digunakan untuk pakan kelinci, kangkung rupanya memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia karena kandungan dan nutrisi di dalamnya sangat banyak. 

10 Manfaat Ajaib Sayur Kangkung Bagi Kesehatan
Kangkung adalah sayuran berdaun hijau yang sering digunakan dalam berbagai jenis masakan. Kangkung memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik, menempatkan tinggi pada daftar makanan sehat di dunia. Mengandung vitamin seperti A, K, C, B6, B1, B2 dan B3. Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari kangkung.

10 Khasiat Tanaman Kangkung untuk Kesehatan

  • Mencegah kanker

Kangkung mengandung antioksidan kuat, seperti karotenoid dan flavonoid, yang membantu melindungi terhadap berbagai kanker seperti usus besar, prostat dan ovarium. Selain itu, senyawa sulforaphane dalam kangkung efektif memerangi kanker, terutama kanker usus besar.

Jumlah tinggi vitamin K dan fitonutrien dalam kangkung membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas, faktor risiko kanker paling tinggi. Hal ini juga mengandung senyawa yang dikenal sebagai indole-3-carbinol yang membantu mencegah kanker.

  • Mengurangi peradangan

Peradangan dalam tubuh dapat menjadi penyebab dan gejala dari banyak masalah kesehatan, termasuk radang sendi, gangguan autoimun dan asma. Kangkung mengandung omega-3 asam lemak, khususnya ALA yang bekerja sebagai agen anti-inflamasi ampuh untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Selain itu, kangkung mengandung karotenoid yang bekerja sebagai antioksidan, serta vitamin E dan C. Komponen ini membantu melindungi tubuh dari molekul pro-inflamasi yang disebut sitokin.

  • Meningkatkan kesehatan mata

Kangkung adalah salah satu makanan sehat untuk mata Anda. Hal ini sarat dengan banyak karotenoid yang diperlukan tubuh untuk memproduksi vitamin A. Vitamin ini membantu melindungi kornea dan mencegah degenerasi sel-sel mata untuk memastikan penglihatan yang baik selama bertahun-tahun.

Selain itu, kangkung mengandung karotenoid lutein dan zeaxanthin, yang baik untuk kesehatan mata. Bahkan, mereka memainkan peran protektif terhadap masalah mata berkaitan dengan usia degenerasi makula dan katarak.

  • Membantu dalam detoksifikasi

Kangkung memberikan dukungan yang komprehensif untuk sistem detoksifikasi tubuh. Bahkan, itu adalah salah satu makanan detoksifikasi yang paling efektif. Serat dan sulfur dalam kangkung membantu proses detoksifikasi. Serat mengikat dengan racun, mencegah mereka dari yang diserap oleh tubuh Anda dan menghilangkan mereka sebagai produk limbah.

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Kangkung dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung. Mengandung antioksidan yang membantu tubuh Anda melawan radikal bebas yang merusak sel dan bahan genetik.

Selain itu, magnesium dan kalium membantu menjaga tingkat tekanan darah normal. Asupan tinggi kalium juga dikaitkan dengan penurunan risiko stroke.

  • Membantu mengelola diabetes

Kangkung mengandung serat, yang baik untuk kedua diabetes tipe 1 dan tipe 2. Serat membantu menurunkan kadar glukosa darah pada orang yang menderita diabetes tipe 1. Pada orang yang memiliki diabetes tipe 2, membantu meningkatkan gula darah, lipid dan kadar insulin.

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kisaran mengesankan nutrisi dan antioksidan dalam kangkung memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus dan bakteri. Vitamin C di dalamnya membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan regenerasi antioksidan lain dalam tubuh, sedangkan vitamin A memainkan peran penting dalam produksi energi dalam sel.

  • Menurunkan berat badan

Kangkung berisi beberapa sifat yang membuatnya sempurna untuk diet penurunan berat badan. Hal ini rendah di kedua kalori dan karbohidrat, tetapi sarat dengan serat. Serat membantu membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama, sehingga Anda akan makan lebih sedikit sepanjang hari.

  • Mencegah anemia

Rendahnya tingkat sel darah merah menyebabkan anemia, yang menyebabkan kelelahan. Untuk membuat sel-sel darah merah dan meningkatkan kadar hemoglobin, tubuh Anda membutuhkan zat besi.

Kangkung merupakan sumber zat besi yang baik, dapat membantu mencegah anemia kekurangan zat besi. Juga mengandung vitamin C yang membantu meningkatkan penyerapan zat besi.

  • Meningkatkan kesehatan tulang

Kangkung mengandung baik jumlah kalsium dan vitamin K, bersama dengan magnesium dan omega-3 asam lemak. Semua nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan tulang. Secara khusus, vitamin K berperan penting dalam mencegah osteoporosis.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *