10 Manfaat Arang Aktif Untuk Berbagai Keperluan

by

Arang aktif, juga dikenal sebagai karbon aktif, ternyata memiliki banyak manfaat. Menariknya, penggunaannya ternyata dimulai sejak Perang Dunia I, di mana bahan ini digunakan dalam masker gas untuk mencegah tentara dari keracunan akibat paparan bahan kimia. Karbon aktif juga bermanfaat untuk menyaring air.

10 Manfaat Arang Aktif Untuk Berbagai Keperluan
Arang aktif adalah bentuk karbon diaktifkan melalui panas dan paparan uap dan bahan kimia tertentu untuk memiliki pori-pori kecil dan volume rendah untuk meningkatkan luas permukaan yang tersedia guna adsorbsi atau reaksi kimia. Proses kimia adsorbsi berarti reaksi kimia di mana elemen mengikat ke permukaan. Ini adalah karakteristik unik dari arang aktif.

Arang aktif bukan merupakan produk alami, dan tidak sama dengan arang Anda masukkan ke dalam panggangan barbecue. Arang ini dibuat untuk obat dan penggunaan lainnya. Ada banyak jenis arang aktif yang tersedia di pasar, tetapi mereka terbuat dari batok kelapa, kayu atau sumber alam lainnya yang terbaik untuk keperluan kesehatan.

Anda dapat menggunakannya untuk meningkatkan kesehatan dan penampilan Anda, tetapi Anda harus menggunakannya dengan benar dan dengan cara yang tepat. Berikut adalah 10 manfaat terbaik dari arang aktif yang Anda harus tahu, mulai dari kesehatan sampai kecantikan.

10 Fungsi Tak Terduga Arang Aktif

  • Mengatasi jerawat

Terblokirnya pori-pori kulit adalah salah satu penyebab utama jerawat. Karena properti adsorbsi arang aktif, dapat membantu menarik keluar kotoran dan racun dari pori-pori kulit. Hal ini pada gilirannya akan mengurangi kasus jerawat dan noda kulit lainnya.

  • Memutihkan gigi

Untuk melawan noda dan plak pada gigi Anda, arang aktif sangat bermanfaat. Arang aktif berhasil menyerap plak dan zat lain yang membuat noda pada gigi. Plus, meningkatkan keseimbangan pH dalam mulut Anda.

  • Meredakan gigitan serangga dan sengatan lebah

Arang aktif juga efektif dalam menghilangkan ketidaknyamanan dari gigitan serangga, sengatan lebah dan bahkan ruam dari keringat. Properti adsorbsinya yang membantu menarik keluar dan menghilangkan zat beracun dari tubuh.

  • Meredakan gas dan kembung

Jika Anda menderita kembung dan gas, jawaban untuk masalah Anda adalah arang aktif. Dengan kemampuannya untuk menyerap sebagian racun, arang aktif bahkan dapat menyerap asam yang membuat tidak nyaman dan gas yang menumpuk di usus Anda. Hal ini pada gilirannya memberikan bantuan dari gangguan pencernaan, asam refluks dan perut kembung.

Apakah itu adalah keracunan makanan, overdosis obat atau konsumsi bahan kimia, arang aktif bisa menjadi penyelamat. Sebagai penangkal, arang aktif bertindak untuk memurnikan dan membersihkan tubuh karena kemampuan luar biasa untuk menarik racun. Setelah dikonsumsi, arang aktif akan tinggal di dalam saluran pencernaan sampai orang melewati buang air besar dan semua zat berbahaya dieliminasi dari tubuh.

  • Menurunkan kolesterol

Kenaikan kolesterol jahat dalam tubuh bukanlah pertanda baik karena menyebabkan arteri menyempit, sehingga sulit untuk darah mengalir melalui mereka. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan pembekuan darah, serangan jantung dan stroke. Arang aktif dapat membantu menurunkan tingkat lipoprotein low-density (LDL atau kolesterol ‘buruk’) dalam tubuh.

  • Membersihkan saluran pencernaan 

Sebagian besar dari kita mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman yang sarat dengan racun dan bahan kimia, yang memiliki dampak negatif pada kesehatan pencernaan kita. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan saluran pencernaan Anda dari waktu ke waktu. Anda dapat menggunakan arang aktif untuk menyingkirkan racun dari saluran pencernaan Anda.

  • Obat mabuk minuman beralkohol

Arang aktif dapat mengurangi konsentrasi alkohol dalam darah. Arang aktif tidak menyerap alkohol, tetapi membantu dalam menghilangkan racun lain dari tubuh yang berkontribusi terhadap mabuk.

  • Mencegah kerusakan ginjal

Penggunaan arang aktif dapat membantu mencegah kerusakan sel pada ginjal serta dukungan sehat fungsi ginjal. Hal ini terutama karena arang aktif membantu membersihkan racun dan bahan kimia dari tubuh.

Arang aktif juga efektif dalam pengobatan asam urat karena dapat membantu menyerap asam urat. Tingkat asam urat tinggi adalah salah satu penyebab umum dari nyeri, yang menyebabkan banyak rasa sakit pada sendi.

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *