10 Manfaat Kantong Teh Bekas Selain Untuk Kecantikan

by

Teh adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi kedua di dunia setelah air. Sangat mudah untuk membuat secangkir teh, karena adanya penemuan kantong teh sekali pakai. Hanya tinggal mencelupkan kantong teh dalam secangkir air panas, biarkan di sana selama beberapa menit dan Anda siap untuk menikmati teh. 

10 Manfaat Kantong Teh Bekas Selain Untuk Kecantikan
Kantong teh yang tersedia di pasaran terdiri dari berbagai jenis teh, seperti teh hijau, teh hitam, teh chamomile, teh peppermint atau teh herbal lainnya. Meskipun Anda tidak dapat menggunakan tas yang sama untuk menyeduh secangkir teh yang kuat sekali lagi, banyak orang sering menggunakan kantong teh bekas untuk mengobati lingkaran hitam di bawah mata, mengurangi kantung mata, menyembuhkan luka bakar ringan, melawan bau mulut dan sebagainya.

Ada banyak kegunaan kecantikan dari bekas kantong teh yang digunakan. Namun, terlepas dari itu, ada banyak kegunaan mengagumkan yang Anda tidak akan percayai sampai Anda mencobanya sendiri. Berikut adalah 10 kegunaan mengagumkan penggunaan kantong teh selain sebagai kecantikan.

10 Kegunaan Kantong Teh Celup Bekas

  • Pelunak daging alami

Teh mengandung tanin yang bertindak sebagai pelunak daging alami untuk melembutkan pemotongan daging. Bahkan, pengasinan daging Anda dalam teh hitam dapat mengubah potongan daging ke makanan mudah diiris dan lembut.

  • Mengatasi bau busuk kulkas

Alasan di balik kulkas bau Anda adalah sisa-sisa makanan yang terselip di dalam kulkas atau ada pemadaman listrik saat Anda sedang pergi, namun Anda dapat menyingkirkan bau menjijikkan itu dengan kantong teh bekas.

Ini adalah cara yang aman dan efektif untuk menghilangkan bau kulkas. Kantong teh digunakan tidak hanya akan menutupi bau busuk tetapi juga menjaga bau kulkas tetap segar seperti baru.

  • Membuat pupuk kompos

Isi kantong teh dapat digunakan untuk mempercepat proses dekomposisi dan memperkaya kompos alami Anda. Isi teh penuh dengan nutrisi dan asam tannic yang akan meningkatkan kualitas tanah, meningkatkan oksigenasi dan membantu menciptakan sistem akar kuat ketika Anda menumbuhkan tanaman di tanah. Teh juga mendorong bakteri ramah untuk tumbuh, yang pada gilirannya mencegah jamur dan hama.

  • Penguat rasa 

Tidak hanya membersihkan, kantong teh juga dapat digunakan dalam memasak. Rasa halusnya akan meningkatkan rasa hidangan Anda dan manfaat gizi dari teh akan meningkatkan kesehatan Anda.

  • Mencuci piring

Kantong teh yang Anda gunakan untuk membuat minuman favorit Anda dapat dimanfaatkan di kemudian hari untuk mencuci piring kotor. Tanin dalam teh akan menghilangkan lemak di piring.

Plus, teh merupakan pewangi yang sangat baik dan dapat membantu menyegarkan piring Anda. Juga, kantong teh cocok bagi mereka yang alergi terhadap deterjen atau sabun.

  • Menetralisir bau

Teh memiliki sifat antibakteri dan dapat digunakan untuk menetralisir bau rumah tangga dan menambahkan wewangian aromatik yang bagus untuk kamar Anda. Letakkan teh celup yang digunakan di bawah sinar matahari sampai kering sepenuhnya.

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial favorit Anda, dan udara buatan Anda pun siap. Anda dapat menggantung kantong teh di mobil Anda, dapur, kamar mandi atau tempat lain yang perlu wewangian.

  • Pembasmi serangga 

Kantong teh berguna sebagai pembasmi alami dari nyamuk, tikus, semut dan lalat. Hal ini karena hama dan serangga hanya benci bau dan rasa teh. Kantong teh juga dapat membantu menjaga tanaman Anda bebas dari hama dan infeksi jamur.

  • Membersihkan sepatu kulit

Sepatu kulit memang mahal dan terlihat klasik, tapi menjaga sepatu tetap bersih dan bebas bau adalah tugas besar. Anda dapat menyederhanakan tugas dengan menggunakan kantong teh.

Bersihkan sepatu kulit Anda dengan menyekanya, gunakan kantong teh yang sudah diseduh basah dalam gerakan melingkar di sekitar bagian luar. Kemudian, gosok menggunakan kain lembut.

  • Membersihkan kayu dan kaca

Apakah Anda ingin menghilangkan lemak dari cermin atau agar furnitur kayu Anda bersinar kembali? Gunakan kantong teh karena tanin dalam teh mampu menghilangkan lemak dan membuat barang-barang kayu Anda kinclong kembali.

  • Membersihkan karat 

Apakah ada karat di dapur besi cor atau alat berkebun Anda? Gunakan kantong teh dapat memecahkan masalah ini dengan mudah. Kandungan asam tanat lemah dari kantong teh yang digunakan dapat menghilangkan karat. Bahkan mencegah oksidasi dan berkarat lanjut.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *