10 Manfaat Menakjubkan Minyak Argan untuk Rambut dan Kulit

by

Minyak argan didapatkan dari pohon argan, yang ditemukan di daerah kecil di Maroko, yang kini sudah tersebar di seluruh dunia. Di masa lalu, minyak ini terutama digunakan oleh perempuan Berber Maroko. 

10 Manfaat Menakjubkan Minyak Argan untuk Rambut dan Kulit
Minyak ini paling sering digunakan untuk manfaat kecantikan kulit dan rambut. Banyak produk kecantikan yang menggunakan Minyak Argan sebagai salah satu bahan utama. Penggunaan rutin minyak ini membantu mencegah berbagai jenis kanker, penyakit jantung dan obesitas.

Minyak ini juga dapat dinikmati sebagai dressing salad. Manfaat keindahan berasal dari vitamin A dan E yang minyak miliki dalam jumlah yang sangat banyak. Minyak ini juga dikemas dengan antioksidan, asam linoleat dan berbagai mineral yang mempromosikan kesehatan rambut dan kulit.

Alih-alih membeli produk rambut mewah dan produk perawatan kulit lainnya, mendapatkan sebotol minyak argan dan menambahkannya ke rutinitas kecantikan Anda justru jadi solusi menarik. Berikut adalah 10 manfaat yang luar biasa dari minyak argan untuk kulit dan rambut.

10 Khasiat Minyak Argan untuk Rambut dan Kulit

  • Memelihara kulit kering

Manfaat kecantikan terbaik dari minyak argan adalah kemampuannya untuk menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi. Asam lemak di dalamnya mudah menembus jauh ke dalam kulit untuk mengatasi hilangnya kelembaban.

Selain itu, minyak ini tidak menyebabkan iritasi, yang membuatnya menjadi pelembab alami yang baik untuk semua jenis kulit. Karena sifat anti-inflamasi, minyak argan juga bermanfaat untuk kondisi seperti eksim dan psoriasis yang menyebabkan kering, kulit kasar.

  • Meringankan ketidaknyamanan kulit berminyak

Orang-orang yang memiliki kulit berminyak sering menderita komedo, jerawat dan iritasi kulit lainnya, terutama karena akumulasi kelebihan minyak pada lapisan kulit luar. Komposisi kimia minyak argan adalah mirip dengan sebum alami pada kulit.

Dengan demikian, kulit menjadi percaya bahwa ia sudah memiliki minyak yang cukup dan membantu memperlambat produksi sebum. Anda bisa menggunakan minyak argan untuk mengontrol produksi minyak berlebih dari kelenjar sebaceous.

  • Mencerahkan stretch marks

Anda dapat meringankan stretch mark dengan penggunaan rutin minyak ini. Vitamin E dapat melindungi serat kolagen di kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Hal ini membantu meningkatkan elastisitas kulit dan membuat kulit lembab.

  • Mengatasi jerawat 

Jika Anda menderita jerawat, minyak argan dapat membantu menyingkirkan itu. Antioksidannya membantu menyembuhkan sel-sel kulit yang rusak, sedangkan kandungan asam linoleat yang tinggi mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Selain itu, tekstur tidak berminyak dari minyak ini yang membuat kulit lembap secara seimbang dan juga memudarkan bekas luka.

  • Mengurangi tanda penuaan dini

Asam lemak dalam minyak argan melawan radikal bebas dan meningkatkan elastisitas kulit, yang pada gilirannya mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, bintik-bintik usia, garis-garis halus dan kulit kendor.

  • Meningkatkan pertumbuhan rambut

Minyak Argan juga dapat membantu menghentikan kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut baru. Minyak ini mengandung vitamin E dan lemak sehat yang penting untuk memberikan makanan ke folikel rambut. Bahkan membantu menjaga kulit kepala bersih, menghilangkan ketombe dan rambut kusam.

  • Melembabkan bibir kering dan bibir pecah-pecah

Jika Anda memiliki bibir kering dan pecah-pecah, terutama karena cuaca dingin atau kering, gunakan minyak argan untuk memecahkan masalah umum ini. Properti pelembab yang akan memastikan bibir Anda tetap lembut dan lentur.

  • Melembabkan kutikula 

Minyak argan bekerja sebagai pelembab kutikula yang sangat baik. Plus, vitamin E di dalamnya sangat bergizi untuk kuku yang lemah dan rapuh. Bahkan membantu memperbaiki kerusakan kuku dan mendorong pertumbuhan kuku. Selain itu, mencegah infeksi jamur kuku.

  • Kondisioner rambut alami

Minyak argan dapat membuat rambut Anda lebih lembut dan silkier. Asam linoleat dan oleat di dalamnya mendukung kesehatan kutikula rambut dan membuat rambut Anda lebih mengkilap dan mudah diatur.

  • Mengatasi kaki kering dan tumit pecah-pecah

Minyak Argan adalah obat yang baik untuk kering dan retaknya kulit pada kaki Anda. Minyak ini berfungsi sebagai pelembut tumit dan memelihara kulit untuk terlihat lembut dan kenyal. Bahkan mengurangi rasa sakit yang terkait dengan tumit pecah-pecah dan mencegah infeksi.

Baca juga:

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • Minyak argan rambut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *