10 Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Otak dan Ingatan

by

Ada banyak manfaat yang bakal Anda rasakan jika Anda rutin berolahraga. Beberapa manfaat besar dari olahraga yaitu tetap bugar, mencegah obesitas dan mengurangi kemungkinan penyakit jantung, stroke dan diabetes, serta beberapa penyakit mematikan yang telah mencengkeram orang di seluruh dunia. 

10 Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Otak dan Ingatan
Selain itu, ada manfaat lain dari olahraga yang tidak diketahui banyak orang dan itu adalah membuat Anda lebih pintar. Berolahraga memiliki banyak efek yang tak terlihat pada otak Anda yang membantu meningkatkan memori Anda dan meningkatkan kemampuan belajar Anda.

Bahkan, aktivitas fisik secara teratur membantu mengurangi risiko penurunan kognitif dan demensia. Ketika Anda berolahraga, tubuh Anda dalam mode aktif, yang membantu meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen ke otak. Hal ini memastikan perbaikan fungsi saraf yang meningkatkan keseluruhan kesehatan fisik, kognitif dan psikologis Anda.

Anda hanya perlu berolahraga 30 sampai 40 menit olahraga secara rutin setiap hari. Berikut adalah 10 alasan mengapa olahraga bermanfaat untuk kesehatan otak dan memori Anda.

10 Khasiat Olahraga Bagi Kesehatan Pikiran

  • Mengurangi stres dan kecemasan

Ini adalah salah satu efek yang paling menguntungkan dari olahraga pada kesehatan mental Anda. Berolahraga merilis berbagai zat kimia saraf ke dalam otak seperti dopamin, endorfin dan norepinefrin, yang berhubungan dengan peningkatan fungsi kognitif, suasana hati dan kewaspadaan.

  • Melawan dan mencegah depresi

Berolahraga membantu banyak dalam memerangi dan mencegah gejala depresi. Depresi adalah kondisi mental yang membatasi kemampuan neurotransmitter (zat kimia otak) untuk membina komunikasi yang lebih baik di seluruh otak dan menghentikan kemampuan otak untuk beradaptasi dengan situasi baru.

Berolahraga membantu melawan gejala-gejala depresi dengan meningkatkan produksi BDNF (faktor neurotropik). BDNF adalah sejenis protein yang membantu neurotransmitter menjalankan fungsi mereka secara efektif.

  • Menurunkan risiko Demensia dan Alzheimer

Berolahraga, secara fisik atau mental, membantu dalam menurunkan risiko mengembangkan demensia atau Alzheimer, dua masalah kognitif umum yang berkaitan dengan usia. Hal ini terjadi karena berolahraga meningkatkan oksigenasi dan sirkulasi darah ke otak, yang menghasilkan tingkat yang lebih tinggi dari BDNF, faktor pertumbuhan saraf yang penting untuk kesehatan otak.

  • Meningkatkan IQ

Berolahraga membuat Anda lebih pintar. Sebuah studi 2009 yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences menyoroti cara di mana berolahraga membantu meningkatkan IQ Anda. Studi ini mengumpulkan data dari lebih dari 1 juta orang Swedia dan diamati bagian antara kebugaran kardiovaskular dan peningkatkan IQ. Hasilnya, orang dewasa muda, yang meningkatkan kesehatan jantung mereka berusia antara 15 sampai 18, terlihat pula peningkatan yang cukup besar dalam tingkat IQ mereka.

  • Meningkatkan mood

Sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam jurnal Polandia Psychiatria Polska menyoroti efek latihan pada kecemasan, depresi dan suasana hati. Studi ini menunjukkan bahwa olahraga juga dapat meningkatkan suhu tubuh, sirkulasi darah di otak dan mempengaruhi aksis hipotalamus-hipofisis-adrenal dan reaktivitas fisiologis terhadap stres.

  • Menjaga keseimbangan jumlah sel otak

Ketika Anda menua, jaringan otak Anda menyusut dan kelahiran sel-sel otak baru dibatasi. Namun, berolahraga membantu membalikkan hal ini dengan meningkatkan aliran darah dan pengiriman oksigen yang sangat dibutuhkan ke otak. Berolahraga membantu dalam membangun otak Anda.

Ini membantu meningkatkan neurogenesis, proses pembentukan sel-sel saraf baru di otak. Berolahraga membantu merangsang produksi noggin, protein otak yang mendorong produksi sel-sel batang dan neurogenesis.

  • Melambatkan proses penyusutan volume otak

Saat Anda memasuki usia 30-an Anda, otak Anda mulai kehilangan volume, terutama di wilayah hippocampus. Hal ini dapat mempengaruhi memori Anda, kemampuan kognitif dan bahkan dapat memacu perkembangan demensia. Studi yang dilakukan pada tahun 2013 menemukan bahwa ada hubungan erat antara latihan rutin seseorang dan volume otak.

Studi yang dilakukan pada orang dewasa antara usia 18 sampai 45, mengamati bahwa total menit olahraga per minggu terkait erat dengan ukuran hippocampus yang tepat. Ini menunjukkan bahwa rutinitas olahraga teratur sangat membantu dalam melindungi otak terhadap penyusutan alami.

  • Meningkatkan memori

Bahkan rutin olahraga ringan seperti berjalan kaki dapat membantu meningkatkan pembelajaran, fungsi memori dan kemampuan untuk penalaran abstrak. Peningkatan gizi dan oksigenasi otak membantu meningkatkan kapasitas belajar yang lebih baik.

  • Meningkatkan konsentrasi dan fokus

Olahraga membantu banyak dalam membersihkan pikiran Anda, menenangkan saraf Anda dan meningkatkan fokus Anda, perhatian dan konsentrasi. Hal ini juga terkait dengan kemampuan belajar yang meningkat.

  • Membuat lebih bahagia

Olahraga adalah salah satu rutinitas yang bisa membuat Anda bahagia dalam berbagai cara. Berolahraga membantu dalam melepaskan dopamin, hormon yang memainkan peran penting dalam kebahagiaan. Semakin banyak Anda berolahraga, sekresi dopamin meningkat dan Anda akan selalu merasa bahagia.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *