10 Manfaat Peppermint Bagi Kesehatan

by

Peppermint adalah bahan populer untuk permen karet, permen, pasta gigi dan obat kumur. Rasa mint dihasilkan dari perpaduan antara lada dan klorofil. Selain menjadi agen penyedap, peppermint memiliki kegunaan obat untuk mengobati beberapa jenis penyakit fisik dan mental.

10 Manfaat Peppermint Bagi Kesehatan
Bahkan, ia memiliki sejarah panjang digunakan dalam pengobatan tradisional dan aromaterapi. Anda dapat menggunakan ramuan ini dalam bentuk daun, minyak, teh, ekstrak dan pil untuk tujuan pengobatan.

Peppermint memiliki efek pendinginan dan menenangkan pada tubuh dan pikiran, terutama karena kandungan mentol yang tinggi. Tanaman ini juga mengandung mangan, tembaga dan vitamin C.

Selain itu, ia memiliki antioksidan, antispasmodic, antibakteri, antijamur, antivirus dan sifat karminatif. Peppermint segar lebih disukai daripada bentuk kering, karena lebih beraroma serta kaya nutrisi dan sifat obat. Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari peppermint.

10 Khasiat Daun Mint Untuk Kesehatan

  • Mengatasi sindrom iritasi usus

Peppermint dapat mengobati gejala sindrom iritasi usus, seperti kram perut dan kembung. Ini membantu mengendurkan esophageal sphincter, yang mengurangi gejalanya. Selain itu, membantu makanan melewati perut dengan mudah.

  • Meredakan sakit kepala

Peppermint juga membantu meringankan berbagai jenis sakit kepala, seperti migrain, terkait stres atau ketegangan di sakit kepala. Tanaman ini memiliki efek analgesik signifikan yang membantu mengurangi kepekaan terhadap rasa sakit. Hal ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengendurkan otot yang tegang.

  • Mengurangi rasa mual

Peppermint juga dapat membantu mengurangi mual dan muntah. Ini akan mengaktifkan enzim yang dibutuhkan untuk pencernaan, yang pada gilirannya meminimalkan mual. Menurut sebuah studi tahun 1997 di Universitas Liverpool di Inggris, peppermint dapat secara efektif mengurangi mual pasca-operasi.

  • Mendukung kesehatan mulut

Antibakteri properti di peppermint menghambat pertumbuhan bakteri dalam mulut, sehingga mencegah kerusakan gigi, penyakit gusi dan masalah gigi lainnya. Selain itu, menyegarkan napas Anda.

  • Mencegah alergi dan asma

Peppermint juga membantu meringankan alergi dan asma. Menjadi ekspektoran, mendorong tubuh untuk menghilangkan lendir dari saluran napas, paru-paru, bronkus dan trakea. Hal ini mengurangi gejala asma. Selain itu, peppermint memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan dan sifat antimikroba yang mencegah reaksi alergi.

  • Meringankan nyeri otot

Peppermint meningkatkan sirkulasi dan menunjukkan efek anti-inflamasi dan analgestic yang membantu meringankan nyeri otot. Mentol, salah satu komponen utama dalam peppermint, membantu menenangkan otot meradang.

  • Meningkatkan pencernaan

Gangguan pencernaan adalah salah satu keluhan medis yang paling umum yang dapat Anda sembuhkan dengan peppermint. Ini membantu otot-otot di perut rileks, meningkatkan aliran empedu dan meningkatkan pencernaan secara keseluruhan. Aroma menenangkan dari peppermint memicu produksi enzim pencernaan untuk membantu pencernaan.

  • Mengatasi jerawat

Peppermint memiliki sifat anti-inflamasi, sifat antibakteri dan antioksidan yang membari keajaiban pada kulit berjerawat. Hal ini juga membantu mengurangi produksi sebum. Ramuan ini juga dapat digunakan untuk menenangkan dan meredakan kulit gatal dan terinfeksi.

  • Merangsang pertumbuhan rambut

Peppermint juga bermanfaat untuk rambut Anda. Peppermint meningkatkan sirkulasi dan merangsang pertumbuhan rambut. Plus, mengatasi ketombe dan membantu menyeimbangkan pH kulit kepala Anda.

  • Mengurangi stres

Bau menyegarkan dari peppermint membantu mengurangi stres dan mengurangi kelelahan mental. Plus, ia memiliki efek menenangkan dan mendinginkan yang mempromosikan relaksasi dan merangsang pikiran sehingga dapat untuk berpikir jernih.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *