10 Manfaat Tak Terduga Cuka Untuk Berbagai Keperluan

by

Cuka putih adalah salah satu bahan rumah tangga yang paling umum. Ini adalah cairan bening dengan rasa asam dan memiliki pH sekitar 2,4. Cuka dihasilkan oleh fermentasi alkohol suling. Cuka ini digunakan dalam memasak, membuat kue, menjaga keawetan daging dan acar, serta bumbu-bumbu, saus dan salad dressings. 

10 Manfaat Tak Terduga Cuka Untuk Berbagai Keperluan
Selain itu, banyak orang juga menggunakannya untuk tujuan pengobatan, industri dan dan bahan untuk alat pembersih. Berikut adalah 10 manfaat mengagumkan dari cuka putih yang Anda mungkin tidak tahu.

10 Kegunaan Cuka Putih Untuk Aneka Kebutuhan

  • Mengobati jerawat

Jika Anda memiliki kulit berjerawat, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal untuk jerawat dengan bantuan cuka putih. Cuka memiliki sifat agen antiseptik yang kuat dengan kandungan antimikroba. Plus, membantu mengembalikan keseimbangan pH kulit.

Bahkan membantu membunuh yang bakteri bertanggung jawab untuk jerawat. Namun, hindari menggunakan cuka putih untuk jerawat sesekali karena mungkin terlalu kuat bagi mereka.

  • Menenangkan kulit yang terbakar matahari

Jika Anda memiliki kulit terbakar sinar matahari, salah satu pengobatan rumah terbaik adalah cuka putih. Ia memiliki sifat astringent yang membantu meringankan rasa sakit, gatal dan peradangan.

  • Menghilangkan bau

Cuka putih dapat membantu menyingkirkan segala jenis bau. Hal ini dapat menghilangkan bau-bau badan, bau vagina dan bau mulut. Hal ini juga efektif dalam menghilangkan bau rumah tangga.

  • Membuat rambut sehat dan berkilau

Cuka putih baik untuk menjaga kesehatan rambut. Hal ini dapat menghilangkan residu penumpukan dari kulit kepala Anda, mengobati ketombe, mengatasi kulit kepala yang berbau dan menambahkan kilau pada rambut Anda. Selain itu, mengembalikan tingkat pH alami kulit kepala Anda, yang penting untuk kesehatan rambut.

  • Mencegah semut

Jika Anda melihat semut memasuki rumah Anda, terutama area dapur, gunakan cuka putih untuk menyingkirkan mereka karena mereka tidak suka bau yang kuat. Plus, asam asetat yang membantu membunuh semut.

Masukan bagian yang sama cuka putih dan air dalam botol semprot. Semprotkan larutan di mana pun semut yang terlihat di rumah. Setelah beberapa waktu, seka semut mati dengan kain basah. Ulangi sekali sehari sampai semut-benar hilang.

  • Menyingkirkan gulma tanaman

Cuka juga merupakan solusi organik yang efektif untuk menghilangkan gulma, rumput dan taman hama. Pada saat yang sama, itu akan membantu meningkatkan tingkat pH tanah dan tidak akan membahayakan kesuburan area taman Anda.

  • Mengatasi sakit tenggorokan

Cuka putih sangat membantu untuk mengatasi sakit tenggorokan yang buruk. Karena sifat antibakteri, ia dapat membantu menyingkirkan bakteri yang bertanggung jawab untuk masalah ini.

  • Membersihkan perlengkapan dapur

Anda dapat menggunakan cuka putih untuk menjaga microwave Anda, alat pencuci piring, alat pembuat kopi dan peralatan dapur lainnya bersih, dan bebas bau.

  • Mencegah perabot dapur terkena bakteri

Sangat penting untuk membersihkan dan mensterilkan permukaan di mana makanan siap untuk dihidangkan dan melindungi Anda dari infeksi dan mencegah penyebaran kuman. Anda dapat menggunakan cuka untuk membersihkan counter dapur, talenan, wastafel, sampah kaleng, piring, pisau, peralatan, panci dan wajan.

  • Membersihkan lantai kayu

Ketika Anda akan membersihkan lantai kayu atau mebel kayu, solusi termudah adalah cuka. Para ahli percaya bahwa cuka putih dan air adalah yang terbaik untuk lantai kayu yang lebih bersih dan akan membuat lantai kayu bersinar indah.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *