10 Tanda dan Gejala Kanker Usus yang Harus Anda Waspadai

by

Penyebab pasti dari kanker usus tidak diketahui. Namun, diyakini kanker tersebut berkembang ketika sel-sel sehat dan normal mulai tumbuh dalam jumlah banyak dan menumpuk di lapisan usus, membentuk polip. Jika tidak diobati, polip akan menjadi kanker.

10 Tanda dan Gejala Kanker Usus yang Harus Anda Waspadai
Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko berkembangnya kanker usus termasuk usia, beberapa jenis penyakit usus, riwayat keluarga, obesitas, merokok, konsumsi alkohol yang berlebihan, gaya hidup, diabetes tipe 2 dan asupan rutin makanan olahan daging atau jaringan.

Negara Afrika dan Amerika berada pada risiko yang lebih besar terkena kanker usus daripada orang dari ras lain. Karena dapat menjadi sulit untuk mengobati kanker usus setelah menyebar ke wilayah terdekat, penting untuk mengetahui apa saja gejala awal.

Hal ini dapat membantu Anda mencari pengobatan dini dan memberikan kesempatan yang lebih baik dalam pemulihan. Berikut adalah 10 tanda-tanda peringatan dari kanker usus yang tak boleh Anda abaikan.

10 Ciri-ciri dan Gejala Kanker Usus

  • Diare

Jika Anda menderita diare selama lebih dari beberapa minggu, itu mungkin merupakan gejala awal dari kanker usus. Ketika tumor sebagian menghalangi usus, dapat menyebabkan sembelit dan diare bergantian akibat kebocoran tinja cair. Anda juga mungkin mengalami seringnya timbunan gas di perut, sakit perut, mual dan muntah. Plus, tumor ini juga nantinya akan mengiritasi lapisan usus.

  • Sembelit

Sembelit merupakan tanda penting dari kanker di usus. Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Asian Pacific Journal of Cancer Prevention menyoroti kaitan antara sembelit dan risiko kanker usus. Sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan Sebelumnya dalam European Journal of Cancer mendukung hipotesis bahwa sembelit atau penggunaan laksatif meningkatkan risiko kanker usus.

  • Adanya darah di tinja

Ini adalah gejala paling sering, darah dalam tinja adalah karena tumpukan (wasir) dimana pembuluh darah di bagian belakang menjadi sedikit rapuh dan menyebabkan perdarahan selama buang air besar. Jenis perdarahan adalah umumnya jaringan. Jika Anda melihat darah merah atau hitam di tinja Anda, itu bisa menjadi tanda kanker usus. Juga dapat disebabkan oleh ulkus lambung.

  • Perasaan konstan mendesak dari gerakan usus

Jika Anda memiliki perasaan konstan mendesak membutuhkan untuk buang air besar atau ketegangan tiba-tiba, itu bukan pertanda baik. Perasaan ini bisa Anda buang air besar. Perubahan pola buang air besar dapat menjadi tanda dari kanker usus. Hal ini dapat terjadi jika tumor memblok usus.

  • Kotoran sempit

Tinja tipis dan tinja sempit kemungkinan juga terjadi dan menjadi tanda dari kanker usus. Tumor di sisi kiri usus besar menghalangi lorong dan mengarah untuk mempersempit saluran pembuangan. Jangan menunda membahas perubahan dalam tinja Anda dengan dokter Anda. Diverticulitis dan kanker dubur juga dapat menyebabkan penyempitan bangku

  • Sakit perut bagian bawah 

Jika perut Anda, bagian bawah terutama, sakit atau terasa nyeri ketika disentuh, ini bisa menjadi indikasi awal dari pertumbuhan tumor pada saluran pencernaan, usus besar atau rektum. Sebuah tumor dapat menyebabkan memblok usus, sehingga membatasi aliran darah. Hal ini menyebabkan sakit perut bisa menjadi parah. Nyeri ini juga dapat menunjukkan bahwa kanker telah menyebar.

  • Anemia

Anemia mengacu pada jumlah sel darah merah yang rendah dalam tubuh. Hemoglobin dalam sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh. Biasanya, kanker di sisi kanan usus menyebabkan anemia defisiensi besi. Hal ini terjadi ketika tumor mulai perlahan perdarahan ke dalam saluran pencernaan, menyebabkan kehilangan darah dari waktu ke waktu.

  • Penurunan berat badan 

Jika Anda berada di atas usia 50 tahun dan berat badan turun secara cepat tanpa alasan apapun, Anda harus hati-hati. Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan dan tiba-tiba dapat menunjukkan masalah kesehatan yang serius, seperti tanda-tanda kanker usus.

  • Lemas dan kelelahan

Gejala awal lain dari kanker usus besar adalah kelelahan, kelemahan dan malaise umum. Kelelahan dan kelelahan setelah melakukan tugas melelahkan yang diharapkan, tetapi jika Anda merasa lelah dan lemah meskipun tengah beristirahat, Anda harus waspada.

  • Adanya gas dan kembung

Banyak orang yang punya kebiasaan sering buang kentut dan kembung. Namun kalau masalah ini terjadi dengan gejala yang telah disebutkan di atas, Anda harus berhati-hati. Sebuah tumor menyebabkan obstruksi pada usus. Tergantung pada beratnya penyumbatan, gas, padat dan cair. Hal ini pada gilirannya menyebabkan progresif serta kembung gas.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *