10 Teknik Relaksasi Ini Ampuh Mengurangi Stres

by

Stres merupakan bagian tak terhindarkan dari kehidupan, dan sangat penting untuk dapat mengendalikan stres Anda karena dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental. Teknik relaksasi adalah cara yang bagus untuk mengelola stres.

Namun, ketika dihadapkan dengan tuntutan tanggung jawab sehari-hari dan tugas-tugas, teknik relaksasi sering diabaikan. Hal ini karena banyak orang tidak menyadari manfaat kuat yang berasal dari penggunaan rutin teknik ini.

10 Teknik Relaksasi Ini Ampuh Mengurangi Stres
Teknik relaksasi memainkan peran kunci dalam mengurangi gejala stres dengan memperlambat denyut jantung dan pernapasan, menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah ke otot-otot besar, mengurangi aktivitas hormon stres, meredakan ketegangan otot, mengangkat suasana hati Anda, meningkatkan konsentrasi, mengurangi kelelahan, dan mengurangi kemarahan dan frustrasi.

Pada dasarnya, teknik relaksasi membantu dalam memfokuskan kembali perhatian Anda pada sesuatu yang menenangkan dan meningkatkan kesadaran tubuh Anda. Ini membantu menghindarkan pemikiran tentang stres dari pikiran Anda.

Bila menggunakan teknik relaksasi untuk mengurangi stres, Anda juga harus berlatih metode positif lainnya, termasuk berpikir positif, mengelola waktu Anda dengan baik, berolahraga, tidur cukup, dan makan makanan yang tepat. Berikut adalah 10 teknik relaksasi mudah untuk mengurangi stres.

10 Teknik Relaksasi Untuk Meredakan Stres

  • Dipandu Visualisasi

Visualisasi dan citra teknik, juga disebut sebagai citra pandu, menawarkan sebuah jalan yang efektif untuk mengurangi stres. Teknik ini melibatkan praktik sistematis menciptakan citra mental yang rinci dalam pikiran Anda, pengaturan damai yang menarik di lingkungan.

Ini berfungsi sebagai unsur gangguan untuk mengarahkan perhatian Anda dari apa yang menyebabkan stres untuk fokus pada apa yang Anda lihat. Visualisasi bahkan berdampak banyak berupa proses kognitif di otak, termasuk kontrol motor, perhatian, persepsi, perencanaan dan memori. Hal ini juga meningkatkan motivasi dan meningkatkan rasa percaya diri, yang penting untuk mengurangi stres.

  • Progressive Relaxation Muscle

Relaksasi otot progresif adalah pereda stres yang efektif. Ini melibatkan dua langkah utama: pertama sengaja tekanan pada otot dan yang kedua sengaja melepaskan ketegangan itu. Sebuah studi 2014 melaporkan bahwa melakukan relaksasi otot progresif adalah efektif dalam mengurangi kecemasan di kalangan mahasiswa.

  • Yoga

Yoga adalah cara yang bagus untuk mengurangi stres dan mengelola kecemasan karena memancarkan kedamaian dan ketenangan seluruh pikiran dan tubuh. Ini melibatkan serangkaian pose bergerak dan stasioner untuk membantu menenangkan pikiran dan merilekskan tubuh Anda.

  • Tai Chi

Tai chi adalah gerakan tubuh yang mengalir lambat, yang sangat efektif untuk menghilangkan stres. Rangkaian gerakan tai chi memaksa Anda untuk berkonsentrasi, bersantai dan sadar berpikir serta mengedarkan energi vital ke seluruh tubuh. Hal ini membantu menenangkan pikiran dan mengurangi stres.

  • Relaxing Music

Mendengarkan musik memiliki efek relaksasi pada pikiran dan tubuh. Musik terutama memainkan peran kunci dalam menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh. Juga, musik dapat menyerap perhatian Anda, sehingga bertindak sebagai selingan untuk membantu Anda menjelajahi emosi Anda.

  • Pernapasan

Setiap kali Anda berada di bawah stres, ambil beberapa napas dalam-dalam. Ini akan memberikan bantuan stres dengan segera. Bahkan, bernapas dalam-dalam adalah teknik relaksasi sederhana namun kuat.

Bernapas dalam-dalam memperlambat denyut jantung dan menurunkan tekanan darah. Bahkan mengoksidasi darah Anda, membantu pusat tubuh Anda dan membersihkan pikiran Anda.

  • Mindfulness Meditation

Selama stres dan cemas, Anda juga bisa berlatih meditasi, teknik relaksasi kuno untuk mengontrol stres dan mengurangi tingkat kortisol, hormon stres. Meditasi, khususnya meditasi mindfulness, membantu meningkatkan beberapa dimensi negatif dari stres psikologis.

  • Tertawa

Tertawa adalah obat besar dan teknik relaksasi yang sangat efektif yang dapat membantu mengurangi stres dalam beberapa menit. Rasa humor yang baik dapat meringankan beban Anda secara mental dan menginduksi perubahan fisik dalam tubuh Anda.

Bahkan, meningkatkan asupan udara yang kaya oksigen dan meningkatkan endorfin yang dilepaskan oleh otak Anda. Endorfin meningkatkan mood dan menurunkan tingkat stres yang menyebabkan hormon kortisol dan adrenalin naik.

  • Pemijatan

Tidak ada yang salah dengan memberikan tubuh Anda pijat relaksasi untuk mengatasi stres. Bahkan, pijat adalah teknik santai yang bagus untuk menjaga stres. Pijat yang melibatkan menekan, menggosok dan memanipulasi kulit Anda, otot, tendon dan ligamen dianggap sebagai bagian berharga dari pengobatan-pengobatan komplementer dan alternatif untuk mengurangi stres, rasa sakit dan ketegangan otot.

  • Berjalan di rumput

Ketika Anda merasa stres, ambil waktu istirahat untuk 10 menit berjalan kaki. Berjalan meningkatkan endorfin, yang dapat mengurangi hormon stres dan mengurangi depresi ringan.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *