6 Manfaat Tak Terduga Dari Limbah Kulit Telur

by

Telur adalah jenis makanan yang sangat bergizi yang dikemas dengan protein, kalsium dan mineral yang dikonsumsi jutaan orang di seluruh dunia setiap hari. Namun siapa sangka cangkang atau kulit telur ternyata mempunyai banyak manfaat lho. 

6 Manfaat Tak Terduga Dari Limbah Kulit Telur
Nah, sebelum Anda berpikir untuk membuangnya begitu saja, ada beragam cara dalam memanfaatkan cangkang telur untuk keperluan sehari-hari. Berikut adalah beberapa cara yang tak terduga dalam memanfaatkan kulit telur.

  • Sebagai kalsium tambahan 

Sembilan puluh tujuh persen dari isi kulit telur kaya kalsium karbonat, menurut sebuah studi 2005 yang diterbitkan dalam Journal Brasil Unggas Science. Banyak praktisi kesehatan merekomendasikan menggunakan kulit telur untuk mempersiapkan suplemen kalsium untuk memperkuat tulang dan mencegah gangguan tulang terkait.

Selain itu, kulit telur juga bahan alternatif murah daripada membeli suplemen dari toko obat. Menurut studi tahun 2003 yang diterbitkan dalam International Journal of Clinical Pharmacology Research, bubuk diekstrak dari kulit telur mengandung pasokan yang kaya kalsium alami dan unsur-unsur lain seperti fluorin dan strontium yang memperkuat tulang rawan dan tulang manusia, dan mencegah serta mengobati osteoporosis.

  • Membuat remineralisasi pasta gigi

Mengkilap, substansi tangguh yang meliputi luar gigi disebut enamel. Enamel ini terdiri dari mineral dan melindungi gigi Anda dari kelemahan dan pembusukan. Ketika Anda minum minuman manis dan berkafein atau makan junk food terlalu sering, bakteri di mulut Anda bereaksi dengan karbohidrat dan gula untuk menghasilkan asam, yang secara bertahap memudarkan enamel dan semua mineral penting.

Nah, salah satu solusi yang tepat untuk mengembalikan kekuatan enamel gigi yaitu dengan mengonsumsi kulit telur. Bedasarkan sebuah studi 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research, kulit telur berhasil remineralisasi enamel orang yang telah menderita lesi gigi.

  • Pupuk tanaman

Jika Anda senang berkebun atau berprofesi sebagai petani, Anda mungkin menggunakan kapur pertanian atau pupuk buatan untuk menyuburkan tanah Anda. Kulit telur mengandung 97 persen kalsium karbonat dan mengandung jejak mineral lain, seperti fosfor, magnesium, natrium dan kalium.

Tidak hanya akan menyuburkan tanaman Anda, dengan kalsium dan mineral lainnya, mereka akan mencegah pembusukan juga.

  • Mempermanis kopi dan mengurangi pahit

Menggunakan kulit telur dalam menyeduh kopi Anda mungkin terdengar sangat tidak biasa. Namun, ini adalah cara lama untuk mengurangi kepahitan dari bubuk kopi. Kandungan kalsium karbonat alkali dari kulit telur memerangi keasaman kopi, sehingga mengubah rasa dan membuatnya kurang pahit.

  • Menghilangkan noda teh pada cangkir

Sementara banyak orang hanya memilih untuk membuang mug tersebut, beberapa dari Anda mungkin memilih untuk memertahankan cangkir yang terkena noda teh itu karena merupakan cangkir kesayangan. Anda bisa membersihkan noda teh tersebut dengan rebusan kulit telur yang ditunggu hingga kering dan dijadikan bubuk.

  •  Menjadi kerajinan

Kulit telur bisa sangat berguna jika Anda memiliki anak-anak. Anak-anak senang bila mereka menjadi kreatif, dan kulit telur adalah cara yang bagus untuk membuat mereka sibuk. Membuat kerajinan bersam anak-anak Anda dengan berbahan kulit telur selain murah, juga dapat mengedukasi anak Anda.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *