6 Pantangan Bagi Penderita Penyakit Tiroid

by

Tiroid adalah kelenjar penghasil hormon yang mengatur metabolisme tubuh dan mempengaruhi setiap sel, jaringan dan organ dalam tubuh. Kelenjar ini terletak di tengah-tengah leher bagian bawah. Sekitar 20 juta orang di dunia menderita beberapa bentuk penyakit tiroid dan lebih dari 60 persen dari mereka tidak menyadarinya.

6 Pantangan Bagi Penderita Penyakit Tiroid
Kaum wanita memiliki risiko lebih besar terkena penyakit tiroid daripada pria. Gangguan tiroid umum termasuk hipertiroidisme, hipotiroidisme, tiroiditis dan tiroid nodul. Banyak gangguan tiroid adalah genetik di alam.

Jika tidak diobati, masalah tiroid dapat mempengaruhi metabolisme Anda dan menempatkan Anda pada risiko yang lebih tinggi dari penyakit kardiovaskular, osteoporosis dan infertilitas. Kebanyakan penyakit tiroid merupakan kondisi seumur hidup yang dapat Anda kelola dengan mudah dengan perubahan perhatian, pola makan dan gaya hidup medis. Berikut adalah 10 hal yang tidak boleh dilakukan jika Anda menderita penyakit tiroid.

6 Pantangan Bagi Penderita Penyakit Thyroid

  • Tidak mampu mengendalikan stres

Bagi penderita gangguan tiroid, adalah penting untuk mengelola stres. Bahkan, stres yang berlebihan dapat memperburuk kondisi tiroid yang mendasarinya. Menurut sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam jurnal tiroid, stres dapat menjadi salah satu faktor lingkungan untuk autoimunitas tiroid.

Saat stres, tubuh Anda melepaskan hormon kortisol. Kelebihan kortisol dapat mengganggu produksi hormon tiroid. Atasi stres Anda dengan yoga restoratif, pernapasan dalam, meditasi, pijat dan diet sehat.

  • Merokok atau terkena asap rokok

Merokok serta paparan asap rokok berbahaya bagi pengidap penyakit tiroid. Sebuah studi tahun 2000 yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine menunjukkan bahwa merokok dikaitkan dengan peningkatan risiko terkena penyakit tiroid klinis yang jelas. Selain itu, konsumsi rokok kumulatif merupakan faktor risiko pada penyakit tiroid autoimun.

Asap rokok mengandung senyawa yang disebut sianida, yang bertindak sebagai agen antitiroid. Senyawa ini secara langsung menghambat penyerapan yodium dan sintesis hormon. Selain itu, beberapa komponen lain dalam asap serius dapat mempengaruhi fungsi tiroid.

  • Mengabaikan obat dan regular check-up

Untuk mengobati masalah tiroid, pengobatan yang tepat sangat dianjurkan. Anda harus mengikuti petunjuk dokter dan mengambil resep obat untuk mendapatkan kadar hormon tiroid Anda kembali normal. Jangan berhenti minum obat Anda sendiri bahkan jika Anda merasa baik-baik saja.

Juga, jangan mengobati diri sendiri sebagai dosis yang salah karena bisa membuat malapetaka untuk kesehatan tiroid Anda. Pada saat yang sama, Anda harus secara teratur mendapatkan tes darah thyroid-stimulating hormone (TSH), yang mengukur hormon thyroid Anda dan menjaga tetap pada tingkat yang sehat. Tes harus dilakukan sekali atau dua kali setahun untuk menjaga kadar hormon tiroid Anda.

  • Minum thyroxine tablet dengan kopi

Jika Anda minum tablet tiroksin untuk pengobatan kondisi tiroid Anda maka perlu diingat bahwa mereka bekerja dengan baik ketika diambil pada waktu perut kosong karena membantu dalam penyerapan yang lebih baik. Anda dapat minum obat Anda di pagi hari, 30 sampai 60 menit sebelum makan sarapan.

Pilihan lain adalah di malam hari, 2 sampai 3 jam sebelum tidur. Perlu diingat untuk tidak minum obat tiroid Anda bersama dengan serat dan makanan berbasis susu; probiotik; jus buah yang diperkaya kalsium; kalsium, besi atau suplemen mineral lainnya; dan minuman seperti kopi.

  • Makan sayuran mentah

Konsumsi berlebihan sayuran mentah dapat merugikan bagi orang yang menderita gangguan tiroid, terutama bagi mereka dengan defisiensi yodium atau asupan yodium tidak mencukupi. Sayuran mentah mengandung senyawa yang disebut glucosinolates yang dapat mengganggu sintesis hormon tiroid. Beberapa contoh sayuran yang jangan dimakan mentah dan tak dimasak adalah kubis, kembang kol, brokoli, bayam, lobak, pokchoy, dan ubi jalar.

  • Mengabaikan pengaruh dari produk kedelai

Selain membatasi asupan sayuran, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum makan produk kedelai. Kedelai mengandung fitoestrogen dan senyawa goitrogenik yang mempengaruhi fungsi tiroid dan mengganggu penyerapan tubuh dari hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid.

Baca juga:

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • pantangan orang tiroid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *