7 Trik Simpel Merawat dan Menjaga Kesehatan Kaki

by

Kaki adalah bagian tubuh yang memiliki peranan penting. Bagian dari kaki ini terdiri dari tulang, jaringan lunak, otot dan sendi yang menompang badan untuk berdiri, berjalan, ataupun berlari. Namun, sama seperti bagian tubuh lainnya, kaki juga dapat mengalami gangguan kesehatan.

7 Trik Simpel Merawat dan Menjaga Kesehatan Kaki
 
Oleh sebab itu, sangat penting untuk merawat dan menjaga kesehatan kaki. Berikut adalah 7 trik merawat kaki yang bisa Anda pelajari untuk mencegah gangguan kesehatan yang sering terjadi pada kaki.

  • Menempelkan kaki di bawah selimut agar tidur nyenyak

Kedengarannya aneh, kan? Sebenarnya tidak. Suhu tubuh Anda turun pada malam hari dan memberikan kontribusi untuk mendorong Anda tidur. Saat Anda terlelap lebih dalam, suhu tenggelam bahkan lebih rendah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa suhu tubuh yang lebih tinggi berkaitan dengan menghambat proses tidur. Suhu tubuh yang lebih tinggi berhubungan dengan kewaspadaan dan peningkatan baik mental serta kinerja fisik, menurut sebuah studi tahun 2002 yang diterbitkan dalam The American Journal of Physiology.

  • Mengangin-anginkan kaki dapat membantu kaki beristirahat

Kebanyakan orang memutuskan untuk menahan rasa sakit dan memakai sepatu yang ketat secara konsisten selama seminggu. Padahal untuk bisa merelaksasikan kaki, Anda hanya perlu meniup kaki Anda atau mengangin-anginkannya, sehingga akan mengurangi rasa sakit yang kaki Anda alami karena menggunakan sepatu yang sempit dan ketat tersebut.

  • Petroleum jelly atau deodoran untuk mencegah tumit lecet

Seringkali, aksi abrasif dari satu-satunya bagian dalam sepatu Anda, terutama tumit, bergesekan dengan kaki Anda dapat menyebabkan lecet. Petroleum jelly dan deodorant bertindak sebagai agen menenangkan yang meminimalkan gesekan di satu-satunya bagian dalam sepatu dan mencegah lecet.

  • Gunakan bola tenis untuk memijat kaki

Jika Anda tidak memiliki waktu atau uang untuk pijat di spa atau pijat kaki santai, inilah trik mudah yang Anda dapat mencobanya. Cukup gosok bola tenis di telapak kaki Anda, serta terapkan beberapa tekanan. Kaki Anda akan merasa santai dan tentunya menenangkan.

  • Selotip kaki untuk mengurangi nyeri

Yang satu ini bukan hanya untuk balerina di luar sana. Sepatu dengan jari-jari kaki runcing dapat menimbulkan rasa sakit berlebihan. Namun, Anda dapat menggunakan trik kecil yang rapi dan membalut jari-jari kaki Anda untuk melindungi mereka dari cedera

  • Melawan bau kaki dengan teh celup

Bau kaki adalah salah satu masalah yang menjijikkan, dan sangat memalukan bila berurusan dengan banyak orang. Anda dapat mengatasinya denga teh celup. Bilas 4 kantong teh di bawah air mengalir selama 5 detik. Tepuk mereka keringkan dengan handuk kertas. Tempatkan 2 kantong teh dalam setiap sepatu, dekat daerah kaki. Tinggalkan kantong teh di sepatu semalaman.

  • Gunakan refleksi kaki untuk meringankan nyeri haid

Refleksi kaki adalah alternatif yang mudah dan murah untuk obat berbagai penyakit dan kondisi, termasuk kram menstruasi. Sebuah studi 2010 mencatat bahwa perempuan yang menerima pijat refleksologi biasa dilaporkan lebih berkurang intensitas dan durasi nyeri haid dibandingkan mereka yang meminum obat nyeri haid.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *