8 Fakta Tentang Telinga yang Tidak Ketahui Banyak Orang

by

Organ telinga berfungsi sebagai indera pendengaran. Telinga manusia dirancang sedemikian rupa sehingga dapat membantu Anda untuk menjaga tubuh Anda tetap seimbang. Selain itu, telinga juga salah satu organ sensitif dari tubuh. 

8 Fakta Tentang Telinga yang Tidak Ketahui Banyak Orang
Dengan mendengar maka hal itu akan membantu Anda untuk berkomunikasi karena membantu Anda untuk mampu menangkap berbagai jenis suara. Anda harus melakukan perawatan yang tepat telinga Anda seperti menghindari suara keras, menempatkan puff kapas atau cotton bud untuk membersihkan lilin kotoran dan menghindari kelebihan penggunaan telepon di telinga karena menyebabkan infeksi telinga.

Lilin dalam telinga adalah semacam perlindungan untuk telinga. Setiap benda asing yang memasuki telinga dibunuh oleh lilin telinga ini sehingga mereka tidak masuk dalam telinga. Berikut adalah beberapa fakta menarik mengenai telinga atau indera pendengaran. 

8 Fakta Menarik Seputar Telinga

1. Telinga Anda melakukan pembersihan sendiri.
Lilin yang diproduksi di telinga akan melakukan perlindungan sendiri untuk telinga. Ketika mendapatkan akumulasi kotoran dalam telinga maka itu akan dihapus sendiri dan dikeluarkan ke luar telinga dengan bantuan rambut kecil di dalam telinga disebut.

2. Suara gema dalam telinga disebabkan oleh menguap.

Karena menguap tuba eustachius dari telinga terbuka untuk menstabilkan tekanan di telinga tengah untuk memaksa tekanan udara luar telinga yang diciptakan oleh menguap. Ini juga menawarkan perlindungan ke telinga.

3. Telinga membantu dalam menyeimbangkan tubuh.

Telinga tidak hanya membantu dalam mendengar tetapi juga menciptakan keseimbangan dalam tubuh sehingga Anda dapat berdiri dengan benar dan tidak jatuh. Hal ini juga menjaga keseimbangan kepala. Fungsi balancing ini dilakukan oleh organ di dalam telinga yang disebut vestibular telinga.

4. Muntah dan sensasi mual disebabkan karena perjalanan bukan karena masalah perut.

Muntah refluks dimulai dari telinga bagian dalam. Karena gerak pusat balancing (aparatus vestibular) dari telinga terganggu, yang menyebabkan muntah.

5. Telinga tetap bekerja meski sedang tidur.

Alasan Anda tidak mendengar saat tidur adalah bahwa otak Anda sedang beristirahat dan menutup kemampuan untuk mendengar apa-apa tapi telinga Anda justru tidak berhenti mendengar.

6. Telinga mengalami ketulian ketika diperdengarkan suara lebih dari 86 desibel.

Jenis ketulian yang disebabkan oleh suara keras disebut sebagai noise induced hearing loss yang menyebabkan gangguan pendengaran. Volume suara normal untuk telinga adalah sekitar 60 desibel.

7. Rambut di dalam telinga memungkinkan Anda untuk mendengar suara.

Rambut-rambut kecil mengirimkan gelombang suara ke otak. Otak Anda kemudian menganalisa dan memahami suara. Setiap kerusakan di rambut-rambut kecil di dalam telinga dapat menyebabkan gangguan pendengaran.

8. Muncul sensasi aneh saat Anda berada di tempat tinggi.

Ketika Anda bepergian menggunakan pesawat terbang, Anda tidak dapat berbicara dan mendengar dengan baik karena ada sensasi aneh di telinga. Hal ini disebabkan karena tabung Eustachian tidak dapat menjaga keseimbangan tekanan tubuh.

Baca juga:

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • fakta tentang telinga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *