8 Kebiasaan Buruk Penyebab Nyeri Punggung

by

Salah satu masalah kesehatan yang banyak dialami orang adalah nyeri punggung. Jenis rasa sakit ini dapat bermacam-macam, mulai dari sakit konstan untuk tiba-tiba, hingga nyeri tajam yang membuat sulit untuk bergerak. Nyeri yang tajam dan kronis dapat membatasi cara seseorang beraktivitas. 

8 Kebiasaan Buruk Penyebab Nyeri Punggung
Ada banyak alasan medis di balik masalah nyeri punggung, seperti radang sendi, cedera, peradangan, fraktur, cedera saraf dan sebagainya. Tapi, pada saat yang sama, banyak kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari dapat memberi risiko besar pada kondisi punggung Anda dari waktu ke waktu. Berikut adalah beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat berdampak buruk terhadap punggung Anda.

8 Penyebab Sakit Punggung

  • Terlalu lama menyetir

Membungkukkan badan saat menyetir dapat menyebabkan otot-otot dada ketat dan menyebabkan bahu Anda tegang. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan nyeri punggung di kemudian hari. Plus, postur duduk tidak nyaman selama mengemudi dapat menyebabkan punggung dan leher bermasalah.

  • Terlalu lama duduk

Duduk menempatkan lebih banyak tekanan pada tulang belakang Anda daripada berdiri. Bahkan, bagi mereka yang memiliki pekerjaan duduk, mereka memiliki risiko lebih besar sakit punggung daripada yang tidak.

Menghabiskan sebagian besar waktu dalam posisi duduk dengan sikap tubuh yang buruk dapat menyebabkan degenerasi dini tulang belakang dan nyeri punggung kronis. Juga, duduk berkepanjangan terkait dapat mengakibatkan kram atau strain di punggung.

  • Terlalu lama mengenakan sepatu hak tinggi 

Kebanyakan wanita tergila-gila dengan sepatu hak tinggi, karena sepatu tersebut dapat menambah tinggi badan mereka dan bahkan memberikan dorongan untuk tingkat kepercayaan diri mereka. Salah satu efek negatif dari memakai sepatu hak tinggi setiap hari adalah nyeri punggung bawah dari waktu ke waktu.

Memakai sepatu hak tinggi teratur menyebabkan punggung bawah untuk terdorong maju, membuat pinggul dan tulang belakang tidak sejajar. Hal ini pada gilirannya dapat menyebabkan nyeri pada kaki serta punggung bawah.

  • Terlalu sering membawa tas punggung 

Ketika Anda membawa tas berat di punggung, maka hal itu akan menempatkan tekanan berlebih pada punggung bawah serta bahu, yang dapat menyebabkan rasa sakit dari waktu ke waktu. Jangan menaruh kelebihan barang-barang di tas Anda. Berat tas Anda akan semakin merusak efek di punggung Anda.

  • Salah kasur

Kasur yang salah menyebabkan nyeri punggung. Kebanyakan orang tidak berpikir tentang mengubah kasur mereka, bahkan setelah menggunakannya untuk beberapa tahun.

Kondisi kasur yang keras dan tidak nyaman menyebabkan posisi tidur yang buruk, strain otot dan membuat tulang belakang tidak sejajar. Semua faktor ini, dalam jangka panjang, dapat menyebabkan nyeri punggung.

  • Posisi tidur yang salah

Salah posisi tidur menyebabkan sakit punggung. Preferensi pribadi dan aturan kenyamanan diukur dari posisi tidur. Posisi tidur yang salah menyebabkan sakit punggung. Alhasil, Anda menjadi tak nyaman sehingga tidur pun jadi tidak pulas. Terganggunya tidur ini hanya akan memperburuk masalah nyeri punggung.

  • Gerakan olahraga yang salah

Orang yang menyadari pentingnya olahraga pergi ke gym dalam upaya untuk tetap bugar. Tapi hanya mendaftarkan diri di gym tidak berarti bahwa tugas Anda selesai.

Hal ini penting untuk menggunakan teknik yang tepat saat berolahraga. Melakukan latihan yang salah atau mengangkat beban barbel yang salah dapat merusak tulang belakang dari waktu ke waktu.

  • Tingkat stres tidak terkontrol

Stres adalah buruk bagi punggung Anda. Stres adalah bagian dari kehidupan, tetapi penting untuk tetap di bawah kontrol karena bila tidak dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Bahkan, baik stres kronis dan akut dapat memicu nyeri punggung. Selama stres, otot-otot tubuh mengencang, termasuk di leher dan punggung.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *