8 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kecantikan Kulit

by

Musim kemarau menyebabkan keringat berlebihan, debu dan faktor lingkungan lain yang dapat membuat Anda mengalami masalah kulit dan rambut. Bagi banyak orang, musim kemarau juga membawa banyak masalah kecantikan, seperti kulit kering, banyaknya gigitan serangga, terbakar sinar matahari, rambut keriting, bau badan dan banyak lagi.

8 Manfaat Minyak Kelapa Untuk Kecantikan Kulit
Rambut dan kulit memerlukan perawatan ekstra di musim kemarau. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melindungi diri dari sinar matahari yang intens yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada kulit dan rambut. Juga, bukan mengandalkan pada produk berbasis kimia, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami untuk memecahkan banyak masalah musim kemarau.

Minyak kelapa merupakan salah satu jenis minyak yang terkenal menyehatkan. Plus, kombinasi unik dari asam lemak serta antimikroba, antioksidan, antijamur, antibakteri dan sifat menenangkan yang menawarkan banyak manfaat menakjubkan untuk kecantikan. Berikut adalah 8 manfaat khusus minyak kepala yang berfungsi untuk mengatasi masalah kecantikan Anda di musim kemarau.

8 Khasiat Minyak Kelapa untuk Kecantikan

  • Menyembuhkan sunburn

Bagi banyak orang, musim kemarau berarti menghabiskan waktu di pantai, mengenakan pakaian renang dan berjemur matahari. Tapi terlalu banyak paparan ultraviolet matahari (UV) menyebabkan kulit terbakar. Selain itu, sinar UV dapat memperpendek umur kulit Anda dengan cepat dan meningkatkan risiko mengembangkan melanoma, salah satu jenis kanker kulit.

Untuk menghadapi sengatan matahari, Anda selalu dapat mengandalkan minyak kelapa. Kandungan asam lemaknya membantu mengurangi peradangan dan merevitalisasi kulit. Juga, properti pelembabnya mencegah kulit terkelupas, gejala umum dari sengatan matahari.

  • Mengatasi jerawat

Jerawat lebih sering muncul di kulit pada musim kemarau. Ketika keringat bercampur dengan kotoran dan minyak pada kulit Anda, menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit berjerawat. Juga, beberapa formulasi tabir surya dan polutan luar ruangan dapat berkontribusi untuk pori-pori tersumbat.

Minyak kelapa akan membantu membersihkan kulit Anda dan juga menawarkan antibakteri, antijamur dan manfaat antioksidan. Dengan demikian, hal ini membantu menghilangkan kuman penyebab jerawat dan kotoran lainnya dari kulit.

  • Kontrol bau badan

Banyak orang mengalami keringat berlebih dan bau badan di panas terik matahari. Berkeringat itu sendiri tidak menyebabkan bau badan. Ini terjadi ketika keringat bercampur dengan bakteri yang tumbuh dengan cepat di lingkungan yang hangat dan lembab.

Minyak kelapa bekerja sebagai deodoran. Ia memiliki asam laurat yang membantu membunuh bakteri yang menyebabkan bau yang tidak sedap saat berkeringat.

  • Mengatasi rambut keriting

Sebuah masalah rambut yang umum adalah rambut keriting dan kering, yang sangat sulit untuk diatur. Kering dan panas selama musim kemarau dapat berakibat buruk pada rambut Anda. Juga, berenang di air yang mengandung klor dan menggunakan blow dryer akan menambah masalah.

Anda dapat mengelola rambut keriting dan kering Anda dengan perawatan minyak kelapa. Properti pelembab dari minyak kelapa membantu menjaga kelembaban di helai rambut Anda untuk menjaga mereka terkondisi dan halus.

  • Mengatasi kulit kering dan gatal

Seharian di bawah sinar matahari dapat membuat kulit Anda terlihat dan merasa lebih kering dari biasanya dan menyebabkan gatal yang intens. Faktor-faktor seperti tinggal di daerah udara panas selama musim kemarau dan dehidrasi juga berkontribusi terhadap kekeringan dan gatal-gatal.

Untuk memperbaiki masalah ini, Anda perlu untuk menjaga kelembaban kulit Anda dengan minyak kelapa. Properti pelembabnya akan menenangkan dan mengatasi kondisi kulit kering serta menghentikan gatal. Sebelum mandi, oleskan minyak kelapa hangat di seluruh tubuh Anda.

  • Menenangkan panas ruam atau biang keringat

Musim kemarau dapat menyebabkan keringat berlebihan, yang pada gilirannya menghambat kelenjar keringat dan membuat keringat terperangkap di bawah kulit. Ini secara bertahap mengiritasi kulit dan hasilnya adalag ruam panas, yang juga dikenal sebagai biang keringat.

Minyak kelapa menembus kulit dengan mudah dan mampu menghentikan gatal. Selain itu, mencegah infeksi dan mengurangi peradangan.

  • Mengatasi gatal karena tanaman liar

Ketika kulit Anda kontak dengan tanaman liar yang membuat iritasi, dapat memberikan kulit Anda ruam yang sangat gatal. Daun, batang dan akar tanaman ini dapat menyebabkan reaksi alergi. Seiring dengan ruam, Anda mungkin juga memiliki benjolan kecil berisi cairan lepuh dan gatal yang intens.

Untuk meredakan rasa gatal, terapkan minyak kelapa pada daerah yang terkena beberapa kali sehari. Hal ini juga akan mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi risiko infeksi.

  • Mengatasi gigitan serangga

Saat cuaca memanas, banyak orang menghabiskan waktu di luar ruangan pada sore hari dan malam. Hal ini meningkatkan risiko gigitan serangga. Untuk mendapatkan bantuan dari setiap gigitan serangga, terapkan lapisan tipis minyak kelapa pada daerah yang terkena.

Hal ini akan menenangkan dan sifat anti-inflamasinya akan memberikan bantuan cepat dari rasa sakit dan gatal. Ini juga akan mengurangi risiko infeksi, berkat sifat antibakteri.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *