Cara Ampuh Mengatasi Pusar Bayi Berdarah

by

Tali pusat atau pusar bayi memiliki peran penting yang terhubung dengan plasenta, organ yang bertanggung jawab untuk mensuplai makanan saat bayi Anda berada di dalam kandungan. Ketika bayi lahir, tali pusat ini dijepit dan dipotong, meninggalkan sedikit sisa kecil pangkal tali pusat di perut bayi yang baru lahir. Ini disebut puntung tali pusat.

Cara Ampuh Mengatasi Pusar Bayi Berdarah
Karena suatu hal dan alasan, sangat mungkin bagi pangkal tali pusat ini terkena terinfeksi dan mengalami berdarah. Nah, cara untuk mencegah hal ini agar tidak terjadi infeksi adalah dengan perawatan tali pusat yang tepat.

Tujuan perawatan tali pusat yakni menjaganya agar tetap bersih dan kering. Ujung pangkal tali pusat atau pusar ini tidak memiliki ujung saraf, sehingga bayi Anda tidak akan merasa sakit atau tidak akan merasakan ketidaknyamanan ketika Anda membersihkan area pusar tersebut.

Nah, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan dan merawat pusar pada bayi Anda agar tidak infeksi dan berdarah.

Langkah Mengatasi Pusar Bayi Berdarah  

  1. Mengganti popok bayi Anda sesering mungkin untuk mencegah air seni atau tinja menuju ke atas dan mencemari pusar. 
  2. Jika daerah sekitar pusar muncul kotoran, bersihkan dengan cara menghapus kotoran tersebut menggunakan sabun lembut dan air.
  3. Jika ingin steril Anda bisa membersihkan pusar dengan menggunakan bola kapas yang telah dicelupkan alkohol. Alkohol akan mensterilkan daerah dan membantu pusar mengering. Lakukan ini sekitar empat kali sehari. 
  4. Pastikan popok bayi Anda tidak menyentuh pusarnya. Banyak popok untuk bayi yang baru lahir memiliki bentuk kurva di dalamnya untuk mencegah mengenai tali pusar. Anda juga dapat melipat bagian atas popok bawah dan ke luar.

Berikut adalah ‘larangan’ yang Anda tidak boleh lakukan saat melakukan perawatan tali pusat pada bayi Anda.

  • Jangan memandikan bayi Anda di bak mandi dan mencelupkan tali pusatnya ke air. Merendam perut bayi dapat mempengaruhi kemampuan pusar untuk mengering.
  • Jangan menarik-narik pusarnya. 

Kebanyakan tali pusar akan mengering antara 10 dan 14 hari setelah kelahiran bayi Anda. Talinya nanti akan mulai mengering dan ukurannya akan mengecil. Namun, jika tiba-tiba tali pusar mengalami perdarahan, Anda tidak perlu panik.

Biasanya, popok bayi Anda yang terlalu dekat dengan pusar, akan menggosok dan menggesek bagian pusar tersebut sehingga dapat menyebabkan perdarahan pusar. Sekali lagi, perdarahan tersebut akan sembuh dengan cepat.

Perlakukan yang normal yang dapat Anda lakukan saat perdarahan tali pusat adalah dengan membersihkan daerah sekitar tali pusat dan menekan secara lembut pada pangkal tali pusat sehingga memperlambat dan menghentikan pendarahan. 

Pastikan juga popok bayi Anda tidak menekan atau menggosok pangkal tali pusat untuk mencegah perdarahan terulang. Namun, jika Anda memiliki kesulitan menghentikan perdarahan di tali pusar bayi Anda, Anda bisa langsung segera menghubungi dokter.

Yang perlu Anda waspadai adalah perdarahan ini dapat mengindikasikan infeksi. Tanda-tanda infeksi lain yang menyertainya termasuk berikut ini:

  1. Pusar terasa lebih hangat dari kulit sekitarnya.
  2. Ada drainase berawan atau bentukan seperti nanah di sekitar pusar. Kadang-kadang akan memiliki bau busuk.
  3. Bayi Anda tampak tidak nyaman atau merasa sakit jika pusar disentuh.

Sementara itu, meski infeksi tali pusat sangat jarang terjadi, namun tak bisa dipungkiri hal itu dapat diderita oleh bayi Anda. Oleh karena itu, kebersihan serta perawatan tali pusar yang benar saat bayi Anda baru lahir, sangat perlu Anda perhatikan.

Baca juga:

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • tali pusar bayi berdarah
  • Pusar bayi baru lahir berdarah
  • Puser bayi
  • tali pusar berdarah
  • pusar bayi sedikit berdarah
  • cara merawat pusar yang berdarah pada bayi
  • cara mengobati pusar berdarah pada bayi
  • cara mengatasi pusar bayi yang berdarah
  • usat bayi berdarah
  • bayi baru Lahir pusar rembes darah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *