Cara Diet OCD ala Deddy Corbuzier dan Panduan O7W

by

Cara Diet OCD (Obsessive Corbuzier’s Diet) | Obesitas merupakan masalah kesehatan yang dialami banyak orang zaman sekarang. Selain sangat mempengaruhi kesehatan, obesitas tentunya sangat mempengaruhi penampilan sehingga membuat orang yang mengalaminya kurang percaya diri.

Artis dan presenter kenamaan Deddy Corbuzier rupanya melihat hal tersebut sebagai salah satu masalah yang harus diatasi, salah satunya dengan olahraga, dan tentunya menjaga pola makan, dalam hal ini adalah diet seimbang. Untuk itulah, ia kemudian merumuskan suatu program diet yang sangat fenomenal beberapa waktu lalu, yang diklaim mampu menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

Cara Diet OCD ala Deddy Corbuzier dan Panduan O7W
Disebut OCD atau Diet OCD, (Obsessive Corbuzier’s Diet) merupakan metode diet atau cara mudah menurunkan berat badan, yang ia praktekkan sendiri, dan terbukti mampu menurunkan berat badannya sendiri. Kini, Deddy menjelma menjadi orang bertubuh kekar dan berotot.

Dalam dietnya ini, Deddy menekankan dua pilar utama yang menjadi titik kunci kesuksesan dari diet OCD, yakni yang pertama dan yang utama harus mengikuti Aturan Jendela Makan yang sebelumnya telah ditentukan. Kedua, Anda benar-benar tidak boleh mengonsumsi satu kalori pun makanan di luar Jendela Makan tersebut. Intinya, benar-benar menjaga pola makan yang bisa dibilang ketat.

Menurut Deddy, bila kebanyakan diet justru membatasi pelakunya tak boleh makan ini itu, OCD membebaskan para pelaku dietnya boleh makan apa saja, namun kembali seperti di awal tadi, harus dalam Jendela Makan yang ditentukan.

Deddy Corbuzier pun tetap menggarisbawahi, meski boleh mengonsumsi apapun di waktu Jendela Makan, ia mengingatkan agar Anda tetap makan sewajarnya dan tidak rakus. Menurutnya lagi, Anda boleh makan apa saja yang biasa Anda makan, asal Anda tidak mengubah polanya makannya.

Panduan Diet OCD ala Deddy Corbuzier

Nah, agar Anda tak semakin penasaran, berikut adalah metode atau tata cara yang dapat Anda lakukan untuk menjalankan diet OCD ala Deddy Corbuzier.

  1. Anda tidak diperbolehkan untuk sarapan minimal 3-4 jam setelah bangun tidur.
  2. Anda diperbolehkan makan dalam rentang waktu 8 atau 6 atau 4 jam sehari. Di luar jam itu, jika Anda lapar, Anda hanya boleh minum air putih atau teh tanpa gula. Intinya, hindari minuman yang mengandung kalori.
  3. Mengikuti pola makan beradasarkan Aturan Jendela Makan.

Aturan Jendela Makan dan Waktu Puasa

Dalam sehari semalam atau 24 jam, waktu makan dan berpuasa Anda diatur. Anda diperbolehkan makan saat berada di Jendela Makan dan tidak diperbolehkan makan atau kemasukan kalori saat berada di Waktu Puasa. Berikut empat macam Jendela Makan yang bisa Anda pilih salah satu sesuai kemampuan Anda:

  • Jendela Makan 8 Jam dan Puasa 16 Jam

Anda dapat memulai makan dari jam 12 siang hingga jam 8 malam. Anda boleh makan apa saja di jam tersebut, boleh makanan apapun yang Anda sukai, namun Anda harus tetap ingat untuk tidak makan secara berlebihan.

  • Jendela Makan 6 Jam dan Puasa 18 Jam

Dalam Jendela Makan ini, Anda dibebaskan makan selama waktu 6 jam. Misalkan Anda mulai makan jam 12 siang, maka Anda akan berpuasa lagi mulai pukul 6 sore dan kembali makan keesokan harinya jam 12 siang.

  • Jendela Makan 4 Jam dan Puasa 20 Jam

Pada Jendela Makan 4 Jam, Anda boleh makan dari jam 12 siang hingga jam 4 sore, atau mulai makan di jam 2 siang sampai jam 6 sore. Anda dapat mengatur sendiri waktunya sesuai dengan kebutuhan. Peraturannya sama seperti jendela makan 8 jam dan 6 jam.

  • Tanpa Jendela Makan dan Puasa 24 Jam

Jangan panik dulu. Maksudnya puasa 24 jam di sini bukan berarti tidak makan sama sekali. Anda diperbolehkan makan hanya sekali selama sehari semalam alias 24 jam dan waktu sisanya berpuasa.

Misalnya, Anda makan hari ini pukul 12 siang, maka Anda diizinkan makan lagi keesokan harinya di jam yang sama. Untuk Puasa 24 Jam ini lakukan sekali saja dalam seminggu sebagai selingan.

Lalu bagaimana praktek diet OCD yang dilakukan Deddy Corbuzier sendiri?

  • Minggu pertama, Deddy mempraktekkan Jendela Makan 6 Jam.
  • Minggu kedua, Deddy berpindah ke Jendela Makan 4 Jam. Ia mengaku pernah gagal dan kembali ke Jendela Makan 6 Jam. Namun Deddy langsung kembali ke Jendela Makan 4 Jam.
  • Minggu ketiga, ia melakukan Puasa 24 Jam sekali dalam seminggu dan sisanya menjalani Jendela Makan 4 Jam.
  • Minggu keempat, Deddy menerapkan Puasa 24 jam sebanyak 2 kali
  • Seminggu dan sisanya menjalani pola Jendela Makan 6 Jam atau 4 Jam.

Selain melakukan penataan pola makan sesuai dengan jendela waktu, Deddy juga menyarankan agar Anda mengimbanginya dengan latihan dan olahraga yang teratur. Mengapa demikian?

Tujuannya adalah untuk membentuk otot dan mempercepat proses pembakaran lemak. Jadi, meskipun Anda mengatur pola makan sudah tepat, untuk menambah kesempurnaan dan mendapat bentuk tubuh ideal dan juga tetap bugar, olahraga adalah pelengkap utama yang tak bisa diabaikan begitu saja. Nah, Deddy sendiri menganjurkan kepada pelaku diet OCD melakukan olahraga O7W (OCD 7-minute Work Out).

Kombinasi diet OCD dengan O7W

O7W (OCD 7-minute Work Out) merupakan latihan yang dilakukan selama 7 menit untuk mendukung program diet OCD. Latihan O7W yang diciptakan Chris Jordan dan dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier ini bertujuan untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh serta membakar lemak lebih cepat.

Tentunya ada sejumlah alasan kenapa Deddy menggunaka O7W untuk mendukung program diet OCD. Pertama, fokus latihan ini menargetkan semua anggota tubuh. Artinya seluruh otot tubuh mendapatkan jatah latihan.

Kemudian alasan selanjutnya, siklus latihan memungkinkan otot bekerja secara bergantian. Saat suatu otot dilatih, maka otot lainnya bisa beristirahat.

Alasan ketiga, dalam satu gerakan latihan, ada banyak otot yang bekerja. Misalkan, saat melakukan plank, maka otot perut, lengan, dan paha ikut bekerja. Keempat, karena dilakukan secara intens dan jeda istirahat terbatas, metabolisme tubuh kita akan dipacu lebih cepat.

Dan yang terakhir, latihan cuma dilakukan selama sekitar 7 menit. Meski sangat singkat, dijamin akan membuat Anda banyak berkeringat dan lelah. Namun jika Anda tidak mampu dan ngos-ngosan, Anda bisa melakukannya dalam durasi yang agak lama.

Gerakan O7W


Latihan O7W terdiri dari 12 gerakan. Masing-masing gerakan dilakukan selama 30 detik dengan jeda istirahat antar gerakan hanya 10 detik.


Gerakan O7W

  1. Jumping Jack
  2. Wall Sit
  3. Push-up
  4. Sit-up
  5. Chair Step-up
  6. Squat
  7. Tricep Dip on a Chair
  8. Plank
  9. High Knee
  10. Lunge
  11. Push-up dan rotasi
  12. Side plank

Untuk panduan lebih jelas, simak video tutorialnya berikut ini:

Nah, untuk panduan selengkapnya seputar diet OCD ala Deddy Corbuzier dan gerakan O7W, Anda bisa mendownload buku panduannya versi PDF yang memang disediakan secara gratis, DI SINI

Anda juga dapat mendownload aplikasi OCD APP di Play Store untuk menunjang program diet Anda. Selain praktis, aplikasi tersebut juga dilengkapi alarm untuk Jendela Makan serta timer dan panduan gerakan O7W.

(mw)

Informasi Kesehatan:

  • gerakan O7W
  • o7w ocd
  • olahraga o7w
  • o7w ocd adalah
  • Olagraga 7m
  • gerakan ocd
  • latihan ocd
  • senam ocd
  • o7w dedi korbuser
  • o7w menurut deddy corbuzier

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *