Tipe Bentuk Tubuh dan Makanan yang Tepat Untuk Dikonsumsi

by

Sebagian besar dari kita mungkin tidak menyadari bahwa ada keterkaitan antara bentuk tubuh dan makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Kebanyakan kita lebih tertarik memilih pakaian yang tepat untuk bentuk tubuh.

Tipe tubuh tidak hanya menggambarkan penampilan seseorang. Bahkan, mengacu pada lebih dari itu, tipe tubuh Anda bisa menggambarkan cara dan sistem tubuh Anda merespons makanan yang Anda makan serta karakteristik hormonal Anda.

Tipe Bentuk Tubuh dan Makanan yang Tepat Untuk Dikonsumsi
Bentuk tubuh bahkan bisa menentukan latihan terbaik untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Secara garis besar, tipe tubuh manusia dapat diurutkan ke dalam tiga kategori, bentuk apel, bentuk buah pir, dan bentuk jam pasir.

Mereka yang memiliki tubuh berbentuk apel, membawa sebagian besar lemak di sekitar daerah perut dan memiliki kaki ramping. Di sisi lain, orang berbentuk buah pir memiliki tubuh bagian atas ramping dengan semua berat disimpan di pinggul dan paha mereka. Terakhir, orang dengan tubuh berbentuk jam pasir memiliki distribusi yang lebih merata berat seluruh tubuh mereka.

Badan berbentuk jam pasir memiliki metabolisme yang terbaik, sementara tubuh berbentuk apel biasanya berhubungan dengan metabolisme masalah tingkat dan berat badan rendah. Setiap jenis tubuh berbeda dari yang lain dan menyimpan lemak dengan cara yang berbeda, serta mengambil bentuk yang berbeda.

Untuk meningkatkan metabolisme dan penurunan berat badan yang cepat, berikut adalah panduan singkat tentang apa yang harus Anda makan dan apa yang harus Anda hindari berdasarkan tipe tubuh Anda.

3 Tipe Tubuh dan Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi


  • Tipe tubuh berbentuk apel 

Tipe tubuh ini, juga dikenal sebagai endomorph, menderita kelebihan insulin dan kortisol dengan penyimpanan lemak di sekitar area perut. Proporsi tubuh berbentuk apel ini didominasi oleh tingkat yang lebih tinggi dari androgen, yang menyebabkan kelebihan jaringan adiposa mendapatkan disimpan di dalam dan sekitar payudara Anda, pinggang dan punggung.

Kelebihan berat badan sekitar area perut terkait dengan beberapa ancaman kesehatan, termasuk peningkatan risiko penyakit jantung, diabetes dan kanker. Namun, kaki dan lengan umumnya langsing tanpa ekstra berat. Orang dengan tipe tubuh ini juga biasanya lebih pendek.

Nutrisi untuk tubuh berbentuk apel

Jika Anda memiliki tubuh berbentuk apel, Anda perlu menyadari dari jumlah kalori yang Anda ambil di setiap hari, untuk distribusi makronutrien yang seimbang seperti 30 persen karbohidrat, protein 35 persen dan lemak 35 persen. 
Fokus pada mengambil dalam jumlah tinggi protein dan sayuran dengan jumlah yang sama, serta cukup lemak sehat. Memenuhi kebutuhan karbohidrat dengan makanan seperti buah-buahan dan sayuran.

Yang Boleh Dimakan

Lemak tak jenuh tunggal yang sehat: lemak ini ditemukan dalam kacang-kacangan, biji, minyak zaitun, minyak kelapa, mentega kacang dan keju. Makanan dengan lemak sehat membantu dalam menjaga kadar gula darah, membatasi sekresi insulin berlebih, menekan leptin (hormon penekan nafsu makan), mengurangi respon insulin setelah makan, dan menyeimbangkan glukosa dan insulin dalam tubuh.
Yang Tidak Boleh Dimakan
Pemanis buatan: Makanan yang mengandung aspartam dan pemanis buatan, yang meningkatkan insulin, berkontribusi meningkatkan berat badan. Kopi atau minuman berkafein: Mereka berkontribusi terhadap peningkatan kadar kortisol dan insulin. Karbohidrat olahan: Makanan seperti nasi, pasta dan roti putih yang rendah lemak tapi melonjakkan gula darah, yang dapat meningkatkan stres pada tubuh dan membuat Anda lapar.

  • Tubuh berbentuk buah pir

Badan berbentuk buah pir, juga dikenal sebagai ectomorph, berkaitan dengan kelebihan estrogen dan cenderung untuk mendapatkan berat badan sekitar pinggul dan paha. Dominasi estrogen menyebabkan kondisi seperti menumpuknya lemak beracun, retensi air, kembung dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Tipe tubuh ini juga biasanya memiliki tubuh bagian atas yang lebih kecil, dengan lemak ekstra beberapa di sekitar lengan dan dada.

Nutrisi untuk tubuh berbentuk buah pir

Metabolisme yang cepat adalah titik plus ketika Anda punya tubuh berbentuk buah pir. Oleh karena itu, tipe tubuh ini harus memastikan konsumsi cukup kalori dan karbohidrat. 
Bagi macronutrients Anda sebagai berikut: 50 persen karbohidrat, 25 persen lemak dan 25 persen protein. Untuk tubuh berbentuk buah pir, mengikuti diet rendah lemak adalahbaik. Ini benar-benar membantu memecah lemak yang membandel terakumulasi dalam tubuh bagian bawah.

Yang Boleh Dimakan

Salad shat yang berisi sayuran. Sayuran seperti kubis, kembang kol, bok choy, dan sayuran berdaun hijau sejenis yang mengandung jumlah tinggi fitonutrien (sulforaphane dan isothiocyanate) membantu dalam menurunkan estrogen. Susu dan produk daging yang membantu dalam mengurangi tingkat hormon estrogen.
Yang Tidak Boleh Dimakan
Susu tinggi lemak, tofu dan produk kedelai difermentasi ini dapat meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh Anda. Kafein: Minum terlalu banyak kopi atau minuman lain yang mengandung kafein dapat menyebabkan peningkatan kadar estrogen.

  • Tubuh berbentuk jam pasir 

Tubuh berbentuk jam pasir dikenal sebagai mesomorph. Orang dengan tubuh berbentuk jam pasir memiliki hormon tiroid rendah dan memiliki berat badan merata di seluruh tubuh mereka. Tipe tubuh ini biasanya membangun otot dan mengumpulkan massa melalui lengan, dada, lutut dan pergelangan kaki. Mereka cenderung ramping, atletis dan memiliki sedikit lemak.


Nutrisi untuk tubuh berbentuk jam pasir
Anda harus membagi macronutrients Anda secara merata antara karbohidrat, protein dan lemak. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan sepertiga dari total kalori dari masing-masing tiga kelompok tersebut.
Yang Boleh Dimakan
Sayuran mentah dan buah-buahan: Masukkan banyak buah-buahan dan sayuran seperti apel, jeruk, pir, lobak, wortel dan sayuran berdaun hijau dalam diet Anda. Sereal gandum: Nikmati oatmeal, quinoa dan soba sebagai bagian dari diet biasa Anda.
Yang Tidak Boleh Dimakan
Minuman berkafein: Teh, kopi dan choocolate panas. Selain itu, hindari minuman energi dan soda yang mengandung kafein. Karbohidrat olahan: Menjauhi karbohidrat olahan seperti tepung putih, dan produk yang mengandung tepung putih seperti roti putih dan pasta.
(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *