10 Cara Alami Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki

by

Kulit tangan dan kaki kerap mengalami belang dan menghitam ketimbang area kulit lainnya. Karena paparan ultraviolet A dan B (UV A dan UV B) dari sinar matahari, kulit akhirnya memproduksi lebih banyak melanin untuk melindungi sel-sel dan jaringan.

Akan tetapi, pembentukan melanin tersebut rupanya malah membuat kulit Anda menjadi lebih gelap, terutama pada tangan dan kaki. Terlebih lagi jika kulit bagian tersebut tidak dilindungi oleh pakaian atau sepatu.

10 Cara Alami Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki
via allexpress.com

Selain paparan sinar matahari, kulit kaki dan kaki berwarna gelap dapat disebabkan oleh kotoran, polusi dan bahan kimia berbahaya. Kebanyakan orang tidak memperhatikan kondisi kulit tangan dan kaki mereka karena kebanyakan dari mereka fokus pada perawatan wajah saja. 

Lebih lanjut: 10 Cara Alami Memutihkan Siku dan Lutut Hitam

Padahal, penting untuk merawat seluruh tubuh untuk membantu mencegah penggelapan kulit dan kerusakan kulit lainnya. Sebab, kaki dan tangan yang belang dapat mengurangi rasa percaya diri.

Untungnya, ada banyak cara alami untuk mencerahkan kulit tangan dan kaki. Berikut adalah 10 cara memutihkan kulit tangan dan kaki gelap yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

10 Cara Memutihkan Lengan dan Kaki Belang

  • Lemon

Lemon adalah bahan yang berguna untuk mencerahkan kulit tangan dan kaki Anda. Kandungan asam dari lemon bekerja sebagai agen pemutih alami. Lemon kaya vitamin C yang membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati dan memutihkan warna kulit secara merata. Lemon juga membantu dalam pertumbuhan sel baru dan memberikan warna kulit lebih cerah.

Caranya, taburi gula pada lemon yang telah dibelah dua. Gosok kulit tangan dan kaki dengan lemon tersebut untuk menyingkirkan kotoran dan sel-sel kulit mati. Kemudian, biarkan selama 10 menit sebelum membilasnya. Lakukan ini seminggu sekali.

  • Yogurt

Asam laktat dalam yogurt merupakan agen pemutih yang efektif membantu dalam mencerahkan warna kulit. Asam laktat dapat menghilangkan lapisan atas sel-sel kulit mati. Protein dan vitamin dalam yogurt juga menjaga kulit Anda tetap lembut dan bercahaya.

Oleskan yogurt di daerah kulit yang gelap dan pijat selama beberapa menit. Biarkan selama 10 sampai 15 menit, kemudian bilas dengan air biasa. Gunakan 1 atau 2 kali sehari untuk meningkatkan kecerahan warna kulit Anda.

  • Mentimun

Mentimun dapat membuat tangan dan kaki putih secara alami. Sifat pencerah kulit pada mentimun ini dapat membantu menyingkirkan perubahan warna cokelat pada kulit. Vitamin A dalam mentimun juga berguna memutihkan warna kulit Anda dengan mengendalikan produksi melanin.

Lumuri lengan dan kaki dengan jus mentimun segar di daerah kulit gelap selama 5 menit. Tunggu 15 menit, lalu ulangi 2 atau 3 kali sehari. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan bahan lain, seperti campuran mentimun dengan lemon atau mentimun dengan lidah buaya.

  • Lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya juga dapat membantu mencerahkan warna kulit Anda. Lidah buaya berkhasiat mengatasi hiperpigmentasi dan karenanya dapat memutihkan kulit kecokelatan pada tangan dan kaki.

Oleskan ekstrak gel lidah buaya segar dari daun pada tangan dan kaki selama 5 menit. Tunggu 30 menit, kemudian bilas dengan air biasa. Lakukan ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

  • Kulit jeruk 

Jeruk tinggi kandungan vitamin C yang bekerja sebagai agen pemutih alami dan membantu mengobati hiperpigmentasi. Selain itu, asam sitrat dalam kulit jeruk bertindak sebagai agen pengelupasan alami yang berguna untuk membuang sel-sel kulit mati.

Campur 2 sendok makan bubuk kulit jeruk dengan yogurt atau susu untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini pada daerah kulit yang gelap. Biarkan selama 20 menit. Kemudian pijat-pijat sebentar, lalu bilas.

  • Tomat

Tomat memiliki sifat pemutih yang dapat membantu mencerahkan kulit tangan dan kaki. Lycopene dan antioksidan dalam tomat melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

Gosokkan potongan kecil tomat langsung pada daerah kulit yang gelap selama 2 sampai 3 menit. Tunggu sampai kering, lalu bilas kulit Anda dengan air. Lakukan ini setiap hari sebelum mandi.

  • Kunyit

Kunyit adalah bahan lain yang ampuh memutihkan tangan dan kaki secara alami. Kunyit mengandung kurkumin, antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi produksi melanin dalam kulit dan mencegah perubahan warna.

Campur 2 sendok teh bubuk kunyit dengan susu menjadi pasta. Oleskan pada daerah gelap di tubuh Anda. Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini 1 atau 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

  • Kayu cendana

Cendana adalah solusi lain yang sangat efektif untuk mencerahkan tangan dan kaki gelap. Kayu cendana dapat membantu menyingkirkan bintik matahari, bintik-bintik cokelat dan noda yang tidak merata pada tangan dan kaki.

Tambahkan air jeruk ke dalam 1 sendok makan bubuk cendana dan aduk rata. Tambahkan air mawar sedikit jika pasta terlalu tebal. Oleskan pasta halus ini pada daerah kulit gelap sebelum mandi.

Bilas dengan air dingin setelah 15 sampai 20 menit ketika sudah mengering sepenuhnya. Ulangi setiap hari sampai kulit Anda kembali cerah.

  • Pepaya

Pepaya adalah obat lain untuk membantu mencerahkan kulit Anda dan mempertahankan warna kulit. Pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang mempromosikan peremajaan kulit. Pepaya juga mengandung vitamin A, C dan E yang membantu kulit tetap sehat dan bercahaya.

Blender papaya matang, 1 sendok teh air perasan lemon dan 1 sendok makan madu. Oleskan adonan tersebut pada lengan tangan dan kaki secara merata. Diamkan selama 20 sampai 30 menit lalu bilas dengan air. Ulangi 2 hingga 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil optimal.

  • Air beras

Beras mengandung sejenis asam yang bekerja sebagai tabir surya alami dan memutihkan kulit. Anda dapat menggunakan tepung beras serta air beras untuk mengatasi kulit gelap.

Giling 1 cangkir beras menjadi bubuk halus atau gunakan tepung beras yang sudah ada di pasaran. Tambahkan sedikit susu untuk membentuk pasta.

Oleskan pasta beras pada kulit Anda dan tunggu sekitar 30 menit. Gosok perlahan, lalu bilas kulit Anda dengan air hangat. Lakukan ini 2 atau 3 kali seminggu.

Baca juga: 12 Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Rambut dan Kulit

Nah, itu tadi beberapa cara alami memutihkan kulit tangan dan kaki. Pilihlah salah satu tips yang menurut Anda paling mudah. Selain itu, perhatikan juga tips berikut:

  • Bersihkan kulit Anda rutin setiap hari untuk mencegah pori-pori tersumbat dan kotoran yang dapat membuat kulit Anda terlihat lebih gelap.
  • Untuk mengurangi kulit gelap, scrubbing seminggu sekali untuk menghilangkan sel-sel mati.
  • Sebelum tidur, pijat tangan dan kaki secara teratur menggunakan pelembab ringan atau minyak zaitun.
  • Konsumsi makanan sehat dan diet seimbang untuk menjaga tubuh serta kulit Anda tetap sehat.
  • Minum cukup air untuk menjaga kulit Anda terhidrasi dengan baik.
  • Ketika keluar rumah, selalu gunakan sarung tangan dan kaki untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung. Selain itu, gunakan juga lotion tabir surya.
  • Hindari kontak langsung dengan sinar matahari setelah melakukan perawatan di atas.

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • cara memutihkan tangan
  • memutihkan kaki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *