10 Cara Alami Mengatasi Haid Tidak Teratur

by

Banyak orang kini mulai mempercayakan pengobatan alami untuk mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Haid yang tidak teratur adalah salah satu kondisi yang banyak dialami kaum wanita di dunia.

10 Cara Alami Mengatasi Haid Tidak Teratur
Bila hanya satu atau dua hari saja terlambat datang bulan, mungkin hal tersebut tidak berdampak signifikan alias wajar. Tapi, jika datang bulan telat sampai seminggu atau lebih, maka hal tersebut harus diwaspadai, dan tak boleh dianggap remeh.

Selain keterlambatan haid, ada beberapa wanita yang mengalami perdarahan menstruasi yang tidak normal, seperti jumlah darah yang keluar berlebihan, atau darah yang keluar justru hanya dalam beberapa tetes saja.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda tak perlu khawatir, karena Anda bisa menggunakan solusi rumah tanpa harus takut efek sampingnya. Sebab, bahan-bahan yang digunakan tersebut dalam bentuk alami tanpa pengawet atau pengolahan secara buatan.

Tak hanya itu, hal lain yang wajib Anda lakukan untuk memantau kelancaran menstruasi Anda adalah rajin membuat catatan dari siklus periode menstruasi dan memeriksakan masalah haid yang tidak teratur tersebut ke dokter jika diperlukan.

Tujuannya agar Anda memperoleh pengobatan yang benar dan cepat. Berikut adalah daftar 10 solusi dari bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi haid yang tidak teratur.

10 Bahan Alami Mengatasi Telat Datang Bulan

  • Pepaya

Bila menstruasi datang tidak teratur, terutama karena stres, gunakan buah pepaya untuk membantu melancarkan menstruasi. Pepaya mentah ini akan membantu dalam kontraksi otot yang pada gilirannya merangsang lancarnya menstruasi kemudian.

Pepaya mentah dapat Anda konsumsi dalam bentuk buah langsung atau dijus. Jika Anda tidak suka rasanya yang getir, Anda bisa mengolahnya dalam bentuk sayur tumis.

  • Pare

Buah pare juga memiliki fungsi yang sama dengan papaya mentah. Pare terbukti ampuh untuk melancarkan serta membuat siklus haid Anda menjadi teratur.

Minum jus ini minimal sekali atau dua kali sehari selama setiap hari sekitar beberapa minggu. Anda juga bisa mengolahnya menjadi tumis atau botok agar rasanya tidak terlalu pahit.

  • Lidah buaya

Lidah buaya juga berkhasiat mengatasi menstruasi yang tidak teratur. Selain itu, minuman dari lidah buaya juga tetap baik dikonsumsi oleh orang yang siklus menstruasinya sudah teratur.

Ambil satu sendok makan ekstrak gel lidah buaya yang masih segar. Jangan lupa untuk mencampurnya bersama dengan satu sendok teh madu. Minum pada saat perut kosong di pagi hari selama sekitar dua sampai tiga bulan.

  • Cuka apel 

Cuka apel dikenal mampu mengatur menstruasi yang tidak teratur. Cara membuat obat telat haid dengan cuka apel yaitu ambil 1-2 sendok makan cuka sari apel. Campur dengan air dan kemudian minum sekali sehari sebelum menstruasi.

  • Kayu manis

Kayu manis membantu dalam mengurangi kram menstruasi dan mengatasi datang bulan yang tidak teratur. Tambahkan setengah sendok teh bubuk kayu manis.

Campur dengan segelas susu dan kemudian aduk. Anda dapat meminumnya setiap hari selama beberapa minggu.

  • Biji wijen

Biji wijen kerap digunakan sebagai hiasan kue dan makanan. Namun siapa sangka biji wijen ternyata ampuh untuk mengatasi telat datang bulan. Caranya, ambil beberapa biji wijen lalu sangria sampai keluar aromanya.

Haluskan dengan satu sendok teh gula merah. Minum larutan satu sendok teh bubuk ini sekitar dua minggu sebelum periode menstruasi Anda. Untuk hasiln terbaik, konsumsi pada saat perut kosong.

  • Wortel

Wortel kaya akan zat besi yang membantu dalam meningkatkan kinerja hormon agar berfungsi dengan normal. Wortel juga ampuh untuk mengobati telat menstruasi.

Minum segelas jus wortel setiap hari selama sekitar dua sampai tiga bulan. Niscaya siklus menstruasi Anda menjadi lebih teratur.

  • Biji adas

Biji adas membantu dalam mengatur aliran menstruasi. Rendam satu sendok makan biji adas dalam segelas air di malam hari. Saring di pagi hari dan minum dalam kondisi perut kosong.

  • Jahe

Jahe sejak lama terbukti ampuh mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya telat datang bulan. Rebus parutan jahe dalam air selama beberapa menit, saring dan kemudian minum larutan tersebut setiap habis makan.

  • Kunyit

Kunyit membantu untuk menjaga tubuh tetap hangat dan meningkatkan keseimbangan hormonal. Wedang jahe akan membantu dalam mengatur menstruasi yang tidak teratur. Ambil sedikit bubuk kunyit, campur bersama dengan air hangat dan minum setiap hari.

Nah, itu tadi beberapa bahan alami yang berkhasiat melancarkan siklus haid. Pilih salah satu resep yang menurut Anda mudah dan lakukan secara rutin. Niscaya siklus menstruasi Anda akan kembali normal. Selamat mencoba!

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *