10 Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut

by

Cara Menghilangkan Kutu Rambut | Kutu kepala atau kutu rambut adalah umum terjadi dan menjadi indikasi tentang kebersihan yang buruk. Kutu adalah serangga bersayap, 1,6 milimeter panjangnya yang hidup dekat dengan kulit kepala, mereka biasanya meletakkan telur di rambut sebagai cara untuk berkembang biak.

10 Cara Alami Menghilangkan Kutu Rambut
Kutu membutuhkan darah dari kulit kepala manusia untuk bertahan hidup, itulah sebabnya mereka tidak bertahan lama setelah mereka jatuh dari kepala seseorang.

Meskipun penyakit kutu dapat terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia atau jenis kelamin, masalah ini umumnya dialami anak-anak usia antara tiga sampai 14 tahun.

Kutu rambut menyebar dengan mudah dari satu orang ke orang lain melalui kontak dengan benda yang terkontaminasi seperti rambut, sikat, sisir, pakaian atau tempat tidur. Gejala umum dari gangguan kutu kepala adalah perasaan bahwa ada sesuatu yang merangkak di kepala, kulit kepala gatal dan benjolan kadang-kadang merah di kulit kepala.

Jika Anda atau seseorang dalam keluarga Anda memiliki masalah kutu, Anda harus mengatasi masalah ini dengan segera. Menyisir rambut dengan sisir khusus kutu dapat membantu menghilangkan kutu rambut. Tapi metode ini bisa memakan waktu yang lama dan tidak begitu efektif.

Untungnya, ada banyak perawatan rumah alami untuk menyingkirkan kutu. Berikut adalah 10 cara yang dapat Anda lakukan untuk menyingkirkan kutu.

10 Cara Mengalami Kutu Rambut Secara Alami

  • Cuka

Perawatan yang sangat mudah dan efektif untuk menghilangkan kutu adalah dengan cuka. Tingginya jumlah asam asetat dalam cuka dapat berhasil membunuh kutu kepala. Plus, cuka membantu melarutkan telur kutu.

Campur cuka dan minyak essensial dengan perbandingan 1:1. Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan rambut sebelum tidur. Tutupi kepala dan rambut dengan shower cap dan biarkan semalam. Keesokan paginya, cuci rambut dengan shampo biasa.

  • Mayones

Perawatan di rumah lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi kutu kepala adalah memakai mayones. Maskeri rambut Anda secara menyeluruh dengan mayones. Tutup rapat dengan plastik atau shower cap. Anda dapat membungkus handuk di atas plastik.

Biarkan selama minimal lima sampai enam jam. Cuci rambut Anda dengan baik dengan shampo biasa setelahnya. Keringkan rambut menggunakan hair dryer karena udara panas memastikan kutu mati.

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa akan membuat kutu mati lemas dan akhirnya membunuh mereka. Hangatkan tiga sendok makan minyak kelapa dan tambahkan kamper sedikit untuk itu.

Oleskan minyak ini seluruh kepala Anda, dan pijat ke kulit kepala. Tutupi kepala dan rambut dengan shower cap dan biarkan semalam. Keesokan paginya, cuci rambut dengan shampo. Setelah kering, sisir dengan sisir anti kutu.

  • Bawang merah

Bawang merah dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengobati kutu. Bawang merah tinggi sulfur yang membunuh kutu kepala. Giling 4-5 bawang dalam blender atau food processor untuk membuat pasta.

Tempatkan pasta pada saringan dan tekan dengan sendok untuk mengekstrak jus. Pijat kulit kepala Anda dengan jus, dan tutupi kepala Anda dengan shower cap. Biarkan selama setidaknya dua jam.

  • Tea tree oil

Tea Tree Oil merupakan insektisida alami yang dapat secara efektif membunuh kutu kepala dan membantu menenangkan gatal. Campur 3-5 tetes minyak untuk setiap satu ons sampo.

Gunakan campuran untuk keramas rambut Anda. Setelah kering, gunakan sisir anti kutu untuk menghapus kutu. Gunakan sampo campuran ini untuk setidaknya dua bulan.

  • Air lemon

Air lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu dari kulit kepala karena sifat asam. Terapkan beberapa air lemon segar untuk kulit kepala. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan cuka dan kemudian dengan air suam-suam kuku. Gunakan perawatan ini seminggu sekali untuk mencegah masalah kutu.

  • Daun nimba

Daun nimba merupakan insektisida alami yang dapat sangat efektif dalam pengobatan kutu. Bahan ini juga dapat menyembuhkan iritasi kulit kepala yang disebabkan oleh terus-menerus menggaruk kepala. Plus, memiliki sifat pelembab sehingga tidak akan membuat kering kulit kepala.

  • Alkohol

Alkohol, pelarut yang mengandung 70 persen isopropil atau alkohol absolut, secara efektif dapat membunuh kutu. Disinfektan yang kuat ini aman untuk digunakan. Tuangkan alkohol, gosok sedikit ke rambut Anda.

Gunakan jari Anda untuk menyebarkan alkohol dengan cara menggosok sekitar kulit kepala Anda dan seluruh rambut Anda. Biarkan selama beberapa menit.

  • Petroleum jelly

Petroleum jelly juga dapat memiliki efek menyesakkan pada kutu, karena itu dapat digunakan untuk menyingkirkan kutu dengan cepat. Petroleum jelly akan membuat kutu mati lemas dengan menyumbat lubang napas mereka, sehingga mustahil bagi mereka untuk bertahan hidup dalam waktu yang lama.

Oleskan lapisan tebal petroleum jelly pada kulit kepala dan rambut. Kemudian tutup kepala Anda dengan shower cap ketat. Biarkan semalam. Di pagi hari, gunakan baby oil untuk menghapus petroleum jelly. Kemudian cuci rambut Anda secara menyeluruh dengan sampo biasa.

  • Almond

Almond adalah salah satu bahan perawatan rumah yang paling efektif untuk menghilangkan kutu. Rendam 10 biji almond di air semalam. Keesokan paginya, kupas dan giling almond menjadi pasta kental.

Campur tiga sendok makan air lemon ke dalam pasta. Oleskan pasta pada kulit kepala secara menyeluruh. Biarkan selama sekitar dua jam.

Nah, itu tadi beberapa cara ampuh menghilangkan kutu pada rambut. Pilihlah salah satu jenis metode di atas. Selain itu, hindari untuk duduk berdekatan, tidur seranjang, berbagi sisir atau handuk dengan orang yang terinfeksi kutu rambut untuk mencegah kutu loncat dan kembali berkembang biak di kepala Anda.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *