10 Cara Alami Meniruskan Pipi Tembem

by

Orang yang memiliki pipi tembem konon sering mendapat pujian karena terlihat imut dan awet muda. Bahkan ada yang bilang, cewek idaman itu mereka yang punya pipi tembem karena bikin gemes dan pengen nyubit.

10 Cara Alami Meniruskan Pipi Tembem
Meski demikian, memiliki wajah yang tembem tidak selalu baik dari segi kesehatan. Anda harus paham bahwa ada perbedaan antara wajah yang sehat dan wajah yang memiliki timbunan lemak.

Ada tiga zona lemak di dekat pipi. Pertama yaitu kompartemen nasolabial, zona yang berada di sisi hidung. Zona lemak kedua dan ketiga yaitu berada di tulang pipi.

Ketika zona ini terdapat lemak yang terlalu banyak, Anda tidak akan terlihat imut karena ketajaman tulang pipi tertimbun lemak.

Kegiatan sehari-hari seperti meniup balon dan permen karet ternyata dapat bermanfaat agar wajah terlihat tirus dan tak lagi tembem. Selain itu, ada latihan wajah tertentu dapat mengencangkan otot-otot wajah dan mengikis lemak dari dagu.

Berikut adalah beberapa latihan wajah paling efektif untuk membantu Anda menyingkirkan lemak wajah Anda. Pada gilirannya, pipi Anda akan terlihat lebih tirus dan tidak tembem.

10 Cara Alami Mengecilkan Pipi Tembem

  • Fish face

Fish face mungkin salah satu latihan wajah terbaik untuk mengencangkan daerah sekitar tulang pipi dan memanjangkan otot-otot wajah Anda. Latihan ini berguna untuk mengurangi lemak di pipi, merangsang aliran darah, dan melebarkan otot pipi.

Monyongkan bibir ke depan sehingga wajah Anda tampak seperti ikan, lalu sedot pipi Anda. Tahan posisi ini selama kurang lebih 30 detik, dan ulangi selama 10 kali.

  • Memutar lidah

Ini juga merupakan latihan efektif untuk mengencangkan otot pipi dan menghilangkan lemak di pipi. Tak hanya itu, latihan ini sangat efektif untuk mengurangi dagu berlapis.

Caranya, tutup rapat-rapat bibir Anda. Lalu putar lidah dengan gerakan melingkar. Lakukan sebanyak 15 kali searah dan berlawanan arah dengan jarum jam.

Ulangi semampu Anda dan lakukan minimal 2 kali sehari.


Simak juga: 10 Cara Alami Menghilangkan Dagu Berlapis

  • Menaikkan pipi

Cara lain untuk menghilangkan lemak di wajah yaitu dengan gerakan menaikkan pipi. Latihan ini menargetkan area dagu dan leher, daerah di mana terdapat tumpukan lemak paling banyak.

Pegang wajah dan leher agar tetap tegak. Angkat leher Anda ke arah langit-langit selama 1 detik. Kencangkan bibir Anda, seolah berusaha mencium langit-langit.

Tahan posisi selama 10 detik. Ulangi sebanyak 20 kali dan lakukan minimal sekali dalam sehari.

  • Menarik bibir

Latihan lain yang efektif untuk meniruskan wajah adalah menarik bibir yang pada akhirnya membantu mengangkat otot pipi dan dagu. Latihan ini juga akan membantu menonjolkan tulang pipi dan tulang rahang.

Gerakannya, dorong rahang bagian bawah ke bawah. Tarik bibir bagian bawah sebanyak mungkin. Tahan selama 10 sampai 15 detik sampai otot dagu dan rahang terasa lelah.

Istirahat dan ulangi 10 sampai 15 kali berturut. Lakukan gerakan ini 2 atau 3 kali sehari.

  • Mengerak-gerakkan rahang bawah

Latihan rilis rahang berguna untuk menonjolkan tulang pipi. Selain itu, gerakan ini bertujuan untuk mengurangi timbunan lemak di dagu.

Tutup rapat bibir Anda. Gerakkan rahang Anda seolah-olah sedang mengunyah permen karet. Selanjutnya, buka lebar mulut Anda dengan lidah menekan gigi bawah.

Tahan posisi ini selama 5 detik lalu tarik napas. Ulangi lagi. Lanjutkan gerakan ini selama sekitar 10 kali setidaknya sekali setiap hari.

  • Teaser tongue

Latihan ini adalah salah satu gerakan yang membantu dalam melenturkan otot-otot wajah. Pada gilirannya, pipi Anda akan terlihat lebih tirus.

Buka mulut lebar-lebar. Julurkan lidah keluar sekuat yang Anda bisa. Tahan posisi ini selama 10 detik, kemudian rileks.

Ulangi 20 kali per sesi. Lakukan gerakan ini sebanyak yang Anda bisa atau minimal 2 kali sehari.

  • Meniup udara

Meniup udara adalah salah satu latihan yang melibatkan hampir semua otot-otot wajah dan leher untuk mengencangkan wajah dan pipi. Pertama, duduk di kursi dengan posisi badan tegak.

Dongakkan kepala Anda sehingga wajah Anda menghadap langit-langit. Tarik bibir Anda dan tiup udara keluar dari mulut. Ulangi sebanyak 10 kali. Lakukan gerakan ini sebanyak yang Anda bisa setiap hari.

  • Latihan kumur

Latihan kumur adalah gerakan sederhana namun bermanfaat untuk mengencangkan otot-otot wajah Anda. Tutup mulut Anda rapat-rapat, lalu tiup dan isi salah satu pipi Anda dengan udara.

Tahan selama 10 detik, kemudian kumur-kumur. Lanjutkan selama 1 menit dan rileks. Ulangi 5 sampai 10 kali dan dua kali sehari untuk hasil terbaik.

  • Pijat tulang pipi

Memijat tulang pipi bertujuan untuk menghilangkan lemak di sekitar pipi Anda. Tempatkan telunjuk dan jari tengah di bawah tulang pipi. Putar dalam gerakan melingkar searah jarum jam.

Pijat selama 60 detik. Untuk hasil optimal, Anda dapat memperpanjang durasi pijat selama 1 sampai 2 menit. Lakukan latihan ini setiap kali Anda bisa atau setidaknya dua kali setiap hari.

  • Putar leher

Memutar leher berguna untuk menghilangkan double chin atau dagu berlapis. Miringkan kepala ke satu sisi, perlahan-lahan putar kepala sehingga wajah Anda menghadap ke langit-langit.

Berikutnya, putar kepala Anda ke sisi lain secara perlahan. Lalu kembali ke posisi awal. Ulangi sebanyak 10 kali dan lakukan latihan ini dua kali sehari.

Nah, itu tadi sepuluh gerakan untuk meniruskan pipi yang tembem. Anda bisa mengkombinasikan beberapa gerakan di atas sekaligus. Lakukan rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik. Selamat mencoba!

Baca juga: 6 Cara Alami Membuat Pipi Tembem Jadi Tirus

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *