10 Cara Alami Menumbuhkan Rambut Botak

by

Kebotakan merupakan masalah yang memang sangat mengganggu penampilan dan membuat siapapun akan kehilangan rasa percaya dirinya. Rambut rontok yang tidak segera diatasi akan mengakibatkan kebotakan.

Rambut rontok tak hanya dialami kaum pria, namun juga wanita. Adapun penyebab terjadinya kebotakan itu bisa apa saja dan bervariasi, mulai dari genetik, perawatan rambut yang tidak tepat atau kondisi medis yang disebut alopecia.

10 Cara Alami Menumbuhkan Rambut Botak
Kondisi ini tidak pernah tiba-tiba dan biasanya membutuhkan waktu sebelum menunjukkan tanda-tanda kebotakan sampai terlihat. Segera setelah Anda mendeteksi tanda-tanda rontoknya rambut, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengonsumsi lebih banyak makanan berlemak, protein dan zat besi.

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Anda juga perlu melakukan perawatan secara eksternal. Hindari treatment yang dapat memperparah kondisi kerontokan rambut, seperti terlalu sering ke salon atau pola makan yang salah.

Anda juga bisa mencoba perawatan rambut rontok alami untuk mengatasi kebotakan, yang secara efektif dapat membantu menumbuhkan rambut Anda kembali. Berikut ini adalah bahan yang berfungsi sebagai obat penumbuh rambut alami.

10 Cara Alami Menyuburkan Rambut Botak

  • Bawang merah

Bawang merah adalah salah salah satu bahan yang kaya akan sulfur yang mampu menumbuhkan folikel rambut baru. Penggunaan bawang merah untuk perawatan rambut pada gilirannya akan mengatasi rambut rontok.

Giling bawang merah atau bisa juga diblender. Kemudian oleskan dan pijat di garis rambut dan kulit kepala. Biarkan selama satu jam. Setelah itu bilas hingga bersih dengan shampo.

  • Minyak zaitun

Dikemas dengan antioksidan dan vitamin E, minyak zaitun dikenal untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Minyak zaitun juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat penumbuh rambut alami.

Ambil satu sendok makan minyak zaitun, tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis dan satu sendok makan madu. Hangatkan itu di api kecil.

Ketika sudah hangat, letakkan dan pijat ramuan tersebut ke bagian kepala yang botak. Biarkan selama 20 sampai 30 menit. Setelahnya bilas dengan shampo.

  • Lada hitam

Lada hitam merangsang aliran darah, yang pada gilirannya mendorong pertumbuhan folikel rambut baru. Giling beberapa lada hitam menjadi pasta halus dengan menambahkan beberapa tetes air lemon. Oleskan ke tempat botak. Tunggu sampai mengering dan kemudian bilas.

  • Daun ubi

Kaya kalium, magnesium dan vitamin B6, daun ubi dapat memperkuat akar rambut dan meningkatkan pertumbuhan. Adapun cara membuat daun ubi sebagai obat penumbuh rambut alami yaitu:

Rebus segenggam daun ubi dengan air secukupnya. Ketika daun menjadi lebih lembut, giling sampai menjadi pasta. Gunakan masker penumbuh rambut tersebut di dahi dan kulit kepala. Biarkan selama 20 menit. Kemudian bilas.

  • Ketumbar

Ketumbar menjadi sumber yang kaya vitamin C, zat besi dan protein, yang membantu mempromosikan pertumbuhan rambut baru. Hancurkan beberapa ketumbar menjadi pasta halus.

Basahi rambut Anda dan terapkan pasta tersebut ke rambut. Pijat dalam gerakan melingkar selama 5 menit. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan shampo ringan.

  • Kapur barus

Kapur barus biasanya dipakai sebagai pengharum lemari atau pengusir serangga. Namun sebagai obat kebotakan, kapur barus bekerja merangsang aliran darah di kulit kepala, mengembalikan keseimbangan pH, yang pada gilirannya membuat rambut tumbuh lebih cepat.

Ambil satu sendok teh kapur barus, campur dengan 2 sendok makan yogurt, dan tambahkan beberapa tetes minyak essensial pilihan Anda. Oleskan masker di rambut dan kulit kepala. Biarkan selama satu jam, kemudian bilas.

  • Bayam 

Tanaman bayam memiliki jumlah tinggi asam lemak omega-3, yang merupakan asam esensial rambut Anda. Buat jus bayam. Gunakan bola kapas, terapkan pada rambut basah Anda.

Pijat kulit kepala Anda selama 10 menit. Diamkan masker di kepala selama 30 menit. Bilas dan keringkan. Gunakan bahan alami ini untuk pertumbuhan rambut seminggu sekali.

  • Labu

Menjadi antibiotik alami, labu merangsang pertumbuhan folikel rambut pada kulit kepala. Haluskan buah labu menjadi adonan masker. Gunakan bola kapas, oleskan masker labu ke daerah yang terkena. Biarkan semalam. Lalu cuci di pagi hari.

  • Daun kari 

Mengandung banyak kelompok asam amino, daun kari mengurangi kerontokan rambut, merangsang pertumbuhan dan membuat helai rambut terlihat lebih tebal.

Letakkan segenggam daun kari di bawah sinar matahari sampai kering. Giling menjadi bubuk halus. Gunakan minyak jarak, dan campurkan pada daun kari hingga menjadi pasta halus.

Oleskan masker secara bebas ke kulit kepala Anda. Biarkan masker selama satu jam, kemudian bilas dengan shampo.

  • Biji jintan

Biji jintan memiliki lebih dari 100 nutrisi yang dibutuhkan rambut Anda, dan diketahui menunjukkan peningkatan drastis mengatasi rambut rontok juga. Rendam satu sendok teh biji jintan dalam secangkir minyak zaitun semalaman.

Di pagi hari, pijat kulit kepala Anda dengan minyak tersebut. Biarkan selama 2 jam. Lalu bilas dengan shampo saat mandi.

Nah, itu tadi beberapa cara alami untuk mengatasi kebotakan pada rambut. Pilihlah salah satu metode yang menurut Anda gampang dan cocok untuk rambut Anda. Lakukan secara teratur, niscaya masalah rambut rontok dan kebotakan yang Anda alami segera teratasi. Selamat mencoba!

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *