10 Cara Mudah Mengatasi Cegukan Pada Bayi

by

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi | Cegukan sebenarnya kondisi yang sangat lazim dialami oleh bayi, terutama di tahun pertama. Bayi yang baru lahir sering mengalami cegukan ketika usai diberi ASI. Meski begitu, karena cegukan terkadang cukup mengganggu, banyak orangtua yang merasa khawatir dan takut jika terjadi apa-apa dengan buah hati mereka.

10 Cara Mudah Mengatasi Cegukan Pada Bayi
Cegukan juga tidak mempengaruhi aktivitas bayi. Banyak bayi yang tidur dengan nyaman meski sedang mengalami cegukan. Cegukan pada umumnya juga tidak mengganggu pernapasan si kecil. Bahkan, cegukan bisa terjadi hampir setiap hari sebelum usianya menginjak satu tahun.

Penyebab Bayi Cegukan

Cegukan terjadi karena otot di diafragma bayi teriritasi dan tidak terstimulasi dengan baik, sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya. Biasanya, cegukan terjadi saat bayi makan, dan terburu-buru menelan makanan.

Pada bayi, cegukan juga bisa disebabkan karena proses sendawa yang tidak dapat berlangsung secara normal. Kondisi tersebut mengakibatkan otot diafragma bayi tidak siap, sehingga timbullah cegukan.

Cara Mencegah Cegukan Pada Bayi

Namun, jika cegukan pada si kecil tetap saja membuat Anda cemas, Anda dapat mencoba beberapa langkah sederhana berikut ini untuk membantu mencegah cegukan pada bayi.

  • Menyusui bayi

Menyusui rupanya dapat membantu diafragma bayi Anda rileks dan mencegah cegukan dengan cepat.

  • Buat agar bayi bersendawa

Bersendawa saat bayi menyusui rupanya membawa udara yang terjebak dari perut bayi Anda dan dapat membantu meringankan gas dan sakit perut yang dapat menyebabkan cegukan.

  • Pegang bayi dalam posisi tegak

Untuk mencegah bayi cegukan, posisikan badan si kecil tegak dengan memegang punggungnya. Mengubah posisi saat menyusui bayi Anda dan memeluknya dalam posisi tegak setelah makan juga membantu mengatasi kenaikan gas secara alami.

  • Mengisap dot

Mengisap dot juga dapat membantu mencegah cegukan. Berikan sesuatu pada bayi Anda untuk diisapnya, seperti dot misalnya.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Apabila bayi Anda sudah terlanjur cegukan, Anda tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara berikut ini yang bisa Anda gunakan untuk menghentikan cegukan pada bayi.

  • Mengubah kebiasaan makan

Jika cegukan terjadi secara tiba-tiba, coba beri bayi Anda sesuatu untuk dimakan. Aktivitas menelan dapat membantu mengatur diafragma menjadi rileks. 

Beberapa makanan lembut yang mungkin Anda dapat berikan untuk bayi Anda adalah: apel yang dihaluskan, pisang yang dihaluskan, dan bisa juga bubur bayi. Sesuaikan dengan usia bayi Anda.

  • Beri bayi minum

Jika bayi Anda sudah cukup besar, tak ada salahnya untuk memberi mereka minum saat mereka cegukan. Banyak orang menganjurkan air minum dari sisi yang berlawanan, yaitu membungkuk atau setengah terbalik.

Namun cara ini jelas sulit dan bisa berbahaya untuk bayi Anda. Anda dapat memberikan minum pada bayi Anda dengan menggunakan botol atau gelas plastik.

  • Perlambat waktu menyusui

Ketika bayi mengonsumsi terlalu banyak susu alias kekenyangan, hal itu menyebabkan perut menggembung, memicu sumbatan di diafragma. Cobalah untuk menyusui bayi Anda sedikit demi sedikit namun sering.

Dengan cara itu bayi Anda akan mengambil dalam waktu jeda untuk merilekskan diafragma sehingga menghindarkan mereka dari cegukan.

  • Pastikan bayi minum ASI dengan cara yang benar

Jika mulut bayi Anda tidak menempel erat ke puting, dia mungkin menelan udara selama menyusui. Masuknya udara dalam perut bayi bisa menyebabkan kembung sehingga memicu cegukan.

  • Coba sedikit gula

Masukan gula pada dot atau gunakan jari Anda. Biarkan bayi mengisap gula tersebut selama beberapa menit, dan cegukan kemungkinan besar akan mereda. Anda juga bisa mencoba untuk menempatkan sedikit gula di bawah lidah bayi dan mendorong mereka untuk menelan gula dengan cepat, sebelum larut.

  • Pijat punggung bayi

Menggosok punggung bayi Anda dengan lembut dapat mengendurkan otot-otot bayi Anda, dan memberikan kesempatan diafragma untuk merilekskan diri. Gunakan gerakan ke atas ke bawah, gerakkan tangan Anda dari punggung kembali ke bahu, sebaiknya saat bayi Anda dalam posisi tegak. Teknik ini mungkin memakan waktu beberapa menit agar berhasil.

Cara lain menghilangkan cegukan yaitu dengan memposisikan bayi telungkup, dan memungkinkan dia untuk bergerak sedikit. Cara ini akan membantu untuk menyingkirkan gelembung udara yang menyebabkan cegukan di perutnya. Dan tetap gosok perlahan punggung bayi Anda sampai cegukan mereda.

  • Alihkan perhatian bayi

Mengalihkan perhatian bayi juga bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan cegukan. Anda dapat mengajaknya mengobrol atau main cilukba, atau memberinya mainan agar perhatian si kecil teralihkan.

  • Periksa kondisi bayi

Terkadang cegukan disebabkan oleh refluks gastroesophageal. Ini adalah kondisi umum di mana bayi memuntahkan isi dari perut ke kerongkongan, menyebabkan rasa sakit dan muncul cegukan.

Jika bayi Anda terus mengalami cegukan selama berjam-jam, kondisi ini mungkin penyebabnya. Gejala lain yang harus diperhatikan yaitu kolik, sakit perut, dan meludah terlalu sering.

  • Konsultasikan dengan dokter

Jika cegukan yang dialami buah hati Anda terlalu sering sampai membuatnya menangis dan rewel, segera konsultasikan dengan dokter. Hal itu mungkin gejala kondisi lain yang butuh penanganan lebih lanjut.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *