10 Fakta Mengejutkan Tentang Stretch Mark

by

Stretch mark atau selulit merupakan guratan yang muncul di permukaan kulit terutama di daerah paha, pantat, perut, payudara, atau lengan. Kondisi ini sebenarnya lazim dialami siapapun. Sekitar 80% dari penduduk dunia, baik pria maupun wanita mengalami stretch mark di beberapa bagian tubuhnya.

10 Fakta Mengejutkan Tentang Stretch Marks
Stretch mark memang menjadi momok yang bisa mengganggu penampilan serta membuat orang tidak percaya diri. Munculnya stretch mark disebabkan karena tubuh mengalami perkembangan drastis. Karena terlalu cepat, lapisan dermis akan mengalami penipisan sehingga lapisan di bawahnya akan muncul ke permukaan.

Stretch mark biasanya dipicu oleh kenaikan berat badan dan masa kehamilan. Selain itu, genetika memiliki peran penting dalam memunculkan stretch mark di kulit Anda. Stretch mark juga dapat menimbulkan rasa gatal yang hal tersebut justru menggangu dan membuat Anda tak nyaman. Normalkah hal tersebut?

Berikut adalah 10 fakta tentang stretch mark yang mungkin selama ini tidak Anda ketahui.

10 Fakta Seputar Stretch Mark

  • Hormon dapat mempengaruhi munculnya stretch mark 

Hormon memutuskan serat elastin dan tingkat kolagen kulit. Ketika hormon ini berfluktuasi karena kehamilan atau masa pubertas, maka kondisi ini bisa berpotensi memunculkan stretch mark.

  • Menurunkan berat badan tidak akan menghilangkan stretch mark 

Jika stretch mark telah mencapai tahap akhir, maka tidak ada usaha yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkannya. Bahkan dengan olahraga sekalipun. Namun, jika stretch mark masih dalam tahap baru muncul, maka kehilangan berat badan akan membantu menguranginya.

  • Faktor keturunan sangat berperan

Bukan karena diet atau pola makan Anda yang keliru, tapi genetika Anda yang membuat Anda lebih rentan untuk mengembangkan stretch mark di tubuh Anda. Jadi, jika orangtua Anda mengalami masalah serupa, stretch mark yang Anda alami kemungkinan diturunkan dari mereka.

  • Stretch mark umumnya bersifat permanen

Tidak seperti bekas luka saat Anda jatuh, stretch mark tidak bisa sepenuhnya terhapus atau hilang. Pigmentasi mungkin dapat dipudarkan dan kulit kasar juga dapat dihaluskan. Namun untuk masalah stretch mark, tidak akan bisa hilang seluruhnya.

  • Krim manapun tak akan membantu menghilangkan stretch mark 

Jika ada iklan krim yang mengatakan mampu menghilangkan stretch mark, Anda tidak perlu percaya iklan menggiurkan tersebut. Stretch mark yang bisa dihilangkan yaitu ketika masih berwarna kemerahan.

  • Penggunaan steroid dapat meningkatkan risiko stretch mark 

Anda sering menggunakan steroid dalam bentuk pil atau menggosok pada kulit? Anda harus berhati-hati karena tindakan itu akan memicu stretch mark. Steroid meningkatkan tingkat kortison tubuh Anda, hormon yang memecah elastisitas kulit, dan menyebabkan stretch mark.

  • Stretch mark dapat muncul di bagian tubuh mana saja

Selain muncul di tempat tertentu, stretch mark sebenarnya juga dapat muncul di mana saja. Mulai dari siku, punggung, dada, paha, dan bagian tubuh lainnya.

  • Terasa gatal

Terkadang stretch mark ini juga bisa memberikan rasa gatal, yang mengganggu kenyamanan Anda. Namun bagi beberapa orang, gejalanya bisa bermacam-macam. Bagi sebagian orang, gejala munculnya stretch mark dimulai dengan adanya bentukan merah keunguan di kulit, dan untuk beberapa orang lainnya, gejala mungkin bisa diawali dengan gatal hingga muncul koreng.

  • Dipicu karena penyakit tertentu

Fakta lain tentang kondisi kulit ini yakni stretch mark dapat dipicu karena penyakit tertentu. Penyakit tertentu seperti sindrom Cushing dan sindrom Marfan yang dapat mengganggu kadar hormon, pemecahan protein, yang pada gilirannya membuat kulit lemah.

  • Tak ada yang bisa menjamin hilangnya stretch mark

Stetch mark sebenarnya merupakan masalah yang masuk ranah kecantikan, bukan masalah medis. Jadi, tidak peduli seberapa besar usaha Anda, penanganan medis tidak akan bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah kulit ini sepenuhnya.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *