10 Khasiat Mengonsumsi Jus Pisang untuk Kesehatan

by

Manfaat jus pisang | Pisang mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk menyehatkan badan. Minum segelas jus pisang setiap hari ternyata sangat baik untuk kebugaran dan menjaga tubuh tetap fit serta bugar.

10 Khasiat Mengonsumsi Jus Pisang untuk Kesehatan
Pisang mungkin tidak sepopuler apel atau jeruk. Akan tetapi dalam hal kesehatan, pisang mengandung banyak khasiat yang sebanding dengan buah-buah tersebut. Dimakan langsung, dijadikan salad, atau dijadikan minuman seperti shake, manfaat pisang selalu tinggi dan tiada duanya.

Namun, ketika berbicara tentang jus, sebenarnya pisang tidak tepat dibuat jus. Sebab, teksturnya menjadi lembek dan tidak menarik lagi. Itu sebabnya tidak begitu banyak orang yang menyukainya.

Meski begitu, hal tersebut bukan alasan bagi Anda untuk tidak mengonsumsi jus pisang. Karena cara yang satu ini adalah cara paling mudah yang bisa Anda terapkan di rumah. Berikut adalah manfaat dari jus pisang bagi kesehatan.

10 Manfaat Jus Pisang Bagi Kesehatan

  • Sumber tenaga

Pernahkah Anda memperhatikan atlet makan pisang saat olahraga? Hal ini karena buah yang satu ini menyediakan banyak sumber energi. Dengan minum jus pisang, Anda akan mendapatkan glukosa, fruktosa, sukrosa dan maltosa sekaligus.

Keempat jenis gula tersebut akan memberi Anda energi secara instan. Jika Anda sedang melakukan olahraga selama 90 menit, makan dua pisang akan membuat Anda mendapatkan energi yang dibutuhkan.

  • Menyehatkan pencernaan

Pisang mengandung serat yang membantu pencernaan dalam memproses makanan yang kita konsumsi. Buah ini juga kaya serat yang berfungsi mencegah sembelit. Minumlah jus pisang secara teratur dan usus Anda akan bekerja optimal dalam menyerap nutrisi makanan.

  • Mengontrol kolesterol

Pectin yang ditemukan dalam pisang adalah serat larut yang membantu dalam menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Buah ini mampu menurunkan LDL atau kolesterol jahat, namun tidak mempengaruhi kolesterol baik atau HDL.

  • Mencegah penyakit stroke

Mengonsumsi buah pisang secara teratur mengurangi risiko penyakit stroke. Sekali lagi, kandungan kalium yang tinggi dalam pisang sangat berperan dalam menurunkan kemungkinan terkena stroke, karena mengurangi efek dari garam yang menyebabkan masalah tekanan darah tinggi.

  • Mencegah asam lambung

Pisang merangsang sel-sel yang membentuk lapisan perut. Kandungan dalam pisang akan sel-sel tersebut bekerja melindungi lapisan perut dari masalah kenaikan asam lambung. Pisang juga menghilangkan bakteri penyebab sakit maag.

  • Meningkatkan kekuatan otak

Minum jus pisang untuk sarapan membantu dalam meningkatkan daya memori, terutama untuk anak-anak. Kandungan kalium yang tinggi dalam pisang membantu dalam membuat otak lebih cerdas

  • Menjaga kekebalan dan melindungi otak serta saraf

Kaya vitamin B dan C, jus pisang membantu dalam meningkatkan daya kekebalan serta sistem saraf. Jika Anda tak ingin gampang sakit, mengonsumsi pisang secara rutin sangatlah dianjurkan.

  • Mempertahankan kepadatan tulang

Kaya fructooligosaccharide atau pemanis alami, jus pisang membantu dalam meningkatkan produksi probiotik atau bakteri baik yang hadir dalam usus besar. Bakteri ini, selain memperbaiki penyerapan nutrisi dalam tubuh, juga melindungi dari mikroorganisme berbahaya di saluran pencernaan.

  • Meningkatkan mood

Sumber triptofan dari jus pisang sangat diperlukan untuk menenangkan tubuh. Pisang sangat membantu dalam mengurangi stres dan depresi yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan Anda.

  • Meningkatkan kesehatan ginjal

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam pisang membantu dalam menjaga ginjal. Kalium dalam pisang membantu dalam menyeimbangkan efek negatif dari garam, sehingga memudahkan ginjal tetap berfungsi dengan baik.

Cara mudah membuat jus pisang

Bila Anda ingin merasakan manfaat jus pisang, Anda dapat mencoba resep berikut ini:

Bahan:

  • Siapkan dua buah pisang yang telah dipotong menjadi dadu
  • Susu (120 ml) serta dua sendok teh madu (jika perlu)
Cara membuatnya:

  • Masukkan potongan pisang di blender dan tambahkan susu dan madu
  • Nyalakan blender selama satu menit
  • Anda juga dapat menambahkan beberapa vanili atau kapulaga untuk penambah aroma dan rasa

Selamat mencoba!

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *