10 Makanan Sehat untuk Menambah Tinggi Badan

by

Cara menambah tinggi badan | Memiliki postur badan yang tinggi tentu menjadi dambaan banyak orang. Selain faktor keturunan, tinggi badan seseorang juga ditentukan oleh pola makan dan aktivitas gerak.

10 Makanan Sehat untuk Menambah Tinggi Badan
Asupan makanan yang diberikan kepada anak-anak ternyata dapat mempengaruhi pertumbuhan fisik mereka, termasuk tinggi badan. Semua orang ingin memiliki tinggi badan yang ideal. Sebagai orang tua, Anda pasti ingin dan berusaha untuk membuat anak Anda memiliki postur tubuh yang tegap dan sehat.

Apa yang anak Anda makan juga memainkan peran penting dalam pertumbuhan tinggi badannya selama masa pertumbuhan. Memang benar, tinggi badan anak Anda tergantung pada gen orangtuanya.

Namun Anda tak bisa mengabaikan fakta bahwa beberapa makanan rupanya juga mampu membantu tubuh untuk tumbuh lebih tinggi.

Pertumbuhan fisik, baik anak perempuan ataupun anak laki-laki biasanya akan berhenti pada usia sekitar 25 tahun. Oleh karena itu, jika Anda masih dalam usia pertumbuhan, disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat penambah tinggi badan.

Berikut adalah 10 makanan terbaik yang bisa Anda konsumsi untuk merangsang pertumbuhan tinggi badan.

10 Cara Menambah Tinggi Badan dengan Makanan

  • Lobak 

Lobak sangat kaya akan hormon pertumbuhan. Oleh sebab itu, mengonsumsi lobak dapat membantu untuk menambah tinggi badan. Karena lobak kaya akan vitamin, mineral, dan serat, maka sayuran ini dapat membantu meningkatkan hormon pertumbuhan dalam tubuh.

  • Telur

Telur kaya akan protein yang memainkan peran penting dalam menambah tinggi badan. Pastikan bahwa Anda mengonsumsi telur setiap hari, karena tidak hanya dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan, tetapi juga membantu untuk meningkatkan tinggi badan Anda. Anda bisa mulai dengan telur rebus atau telur dadar untuk sarapan pagi setiap hari.

  • Bayam

Bayam adalah sayuran super yang bagus untuk kesehatan. Sayuran ini berkhasiat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan sangat baik untuk pertumbuhan.

Anda harus mulai membiasakan anak Anda mengonsumsi sayuran berdaun hijau seperti bayam karena mampu mencegah anak gampang sakit. Bayam juga mengandung kalsium dan zat besi yang akan membantu anak Anda tumbuh lebih tinggi.

  • Buah-buahan

Buah-buahan seperti mangga dan buah persik kaya vitamin A, yang akan membantu pertumbuhan anak. Selain asupan sayuran, mengonsumsi buah-buahan dapat membantu menjaga sistem kekebalan anak Anda menjadi lebih sehat dan juga memperkuat tulang.

  • Gandum

Gandum adalah makanan efektif yang akan membantu menambah tinggi badan. Mengkonsumsi gandum adalah pilihan sehat untuk memenuhi asupan vitamin B dan zat besi.

Anda dapat mengonsumsi roti gandum dan pasta, karena dua makanan tersebut adalah salah satu di antara makanan sehat yang dapat membantu meninggikan badan.

  • Yogurt

Jika Anda mencari sumber vitamin D dan kalsium dari satu makanan, maka tak ada salahnya bila Anda memilih yogurt. Yogurt sangat penting untuk pertumbuhan anak dan juga bermanfaat untuk menambah tinggi badan.

Jika Anda ingin anak Anda untuk mempunyai postur yang tegap, beri anak Anda makanan yang mengandung yogurt bersama dengan beberapa buah segar. Jika tidak suka yogurt, dapat pula mengonsumsi keju yang dikemas dengan vitamin D, protein dan kalsium.

  • Daging ayam

Ayam adalah sumber protein yang baik yang juga dapat memungkinkan anak Anda untuk tumbuh lebih tinggi. Pastikan Anda menyertakan daging ayam dalam setiap menu makanan buah hati Anda.


Baca juga: 10 Tips Simpel Punya Tubuh Langsing dan Sehat

  • Wortel

Wortel kaya akan vitamin A, yang terbukti bermanfaat dalam sintesis protein dalam tubuh. Dengan jumlah tinggi vitamin dalam wortel, sayuran ini menjadi sangat baik untuk pertumbuhan.

Meski begitu, terlalu banyak mengonsumsi wortel juga tidak baik untuk kesehatan. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengonsumsinya dalam porsi yang tepat.

  • Susu

Susu adalah sumber yang baik dari kalsium, yang akan membantu memperkuat tulang dalam tubuh manusia dan juga menambah tinggi badan. Susu adalah salah satu di antara minuman terbaik untuk menambah tinggi badan. Anda harus mulai mengonsumsi susu setiap hari di pagi hari untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

  • Kedelai

Kedelai membantu dalam mempercepat pertumbuhan dan penambah tinggi badan dengan memperkuat otot dan tulang dalam tubuh. Jika Anda seorang vegetarian, kedelai bisa Anda jadikan sumber protein pengganti daging.

Nah, itu tadi beberapa makanan sehat yang berkhasiat menambah tinggi badan. Selain pola makan sehat, barengi juga dengan aktivitas fisik seperti olahraga.

Baca juga: 8 Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *