10 Manfaat Menakjubkan Air Kelapa untuk Ibu Hamil

by

Air kelapa muda merupakan salah satu cairan alami yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Air kelapa juga menjadi alternatif minuman penghilang dahaga yang jauh lebih baik dibandingkan minuman soda yang mengandung pemanis buatan.

10 Manfaat Menakjubkan Air Kelapa untuk Ibu Hamil
Seperti yang sering kita dengar, air kelapa juga kerap dipakai untuk mengobati keracunan makanan. Bahkan, karena sifatnya yang menyegarkan, air kelapa muda sangat ampuh untuk meredakan panas.

Saking banyak khasiatnya, air kelapa muda ternyata juga bagus dikonsumsi oleh ibu hamil. Lalu, apakah manfaat kebaikan yang akan dirasakan bila diminum oleh ibu hamil?

Air kelapa dapat membantu ibu hamil terhindar dari dehidrasi dan efektif untuk mencegah masalah kesehatan yang muncul selama kehamilan, seperti morning sickness. Air kelapa juga baik untuk mengobati sakit maag dan sembelit, penyakit yang juga sering muncul saat hamil.

Berapa dosis minum air kelapa muda bagi ibu hamil?

Air kelapa muda memang mempunyai beragam khasiat. Namun, disarankan untuk minum air kelapa secukupnya (satu gelas sehari). Bagi wanita hamil, waktu terbaik untuk minum air kelapa yaitu di pagi hari. Hal ini karena elektrolit dan nutrisi di dalamnya diserap dengan baik bila perut kosong.

Kandungan nutrisi lainnya dalam air kelapa antara lain: kalori, kalium, karbohidrat, kalsium, natrium, serat dan gula. Nah, berikut adalah manfaat air kelapa muda yang berguna untuk ibu hamil.

Khasiat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

  • Menjaga kesehatan dan kebugaran

Karena bebas lemak dan juga rendah kalori, air kelapa muda tidak menyebabkan penumpukan lemak dalam tubuh. Apalagi ibu hamil sangat rentan mengalami kenaikan berat badan.

Minum air kelapa membantu ibu dan janin dalam kandungan terhindar dari obesitas akibat mengonsumsi minuman manis yang tidak sehat. Minumlah air kelapa sebagai pengganti minuman manis.

  • Kaya elektrolit

Elektrolit sangat dibutuhkan oleh tubuh selama kehamilan, seperti mengatasi gangguan kesehatan seperti mual, morning sickness dan diare yang membuat tubuh dehidrasi. 

Simak juga: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Mual Saat Hamil

Air kelapa muda mengandung lima elektrolit penting seperti mineral, kalsium, kalium, dll. Elektrolit ini juga berfungsi untuk mengontrol tekanan darah. Sifat pendinginnya pun juga menyembuhkan masalah kehamilan seperti muntah.

  • Agen diuretik

Air kelapa muda bertindak sebagai agen diuretik karena meningkatkan frekuensi buang air kecil berkat kandungan mineral, termasuk kalium dan magnesium. Air kelapa muda juga membantu dalam menyingkirkan racun, membersihkan saluran kemih, membantu fungsi ginjal dan mencegah infeksi saluran kemih.

  • Mengurangi mulas dan sembelit

Masa kehamilan adalah periode yang berkaitan erat dengan perubahan hormonal dan menyebabkan masalah kesehatan seperti sembelit, gangguan pencernaan dan mulas.

Serat makanan dalam air kelapa meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Air kelapa juga meningkatkan metabolisme, menetralkan asam, serta mampu menyembuhkan sakit maag.

  • Melawan infeksi

Karena air kelapa memiliki kandungan yang kaya nutrisi penting, maka air ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh pada ibu hamil. Asam laurat dalam air kelapa menghasilkan anti-virus yang disebut monolaurin, yang menetralkan berbagai infeksi.

  • Meningkatkan kesehatan jantung

Air kelapa muda meningkatkan jumlah kalium, magnesium, asam laurat, dll, yang mengatur tekanan darah. Cairan ini juga meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat.

Vitamin dan protein yang terkandung dalam air kelapa juga berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah. Dengan demikian, kondisi kesehatan jantung Anda akan terjaga dengan sempurna.

  • Mengurangi kadar gula dalam darah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, air kelapa muda bisa digunakan sebagai pengganti minuman manis. Meski rasanya manis, air kelapa memiliki kadar gula yang rendah sehingga risiko terkena diabetes gestational selama kehamilan sangatlah kecil.

  • Sumber energi 

Air kelapa berkhasiat memulihkan energi jika Anda sering mengalami kelelahan selama kehamilan. Efek hydrating di kelapa air meningkatkan elastisitas kulit, sehingga mencegah stretch mark yang disebabkan oleh kehamilan.

  • Membantu perkembangan janin

Air kelapa, tak hanya berisi nutrisi penting untuk ibu, melainkan juga membantu pertumbuhan janin dan memastikan bahwa janin dalam kandungan akan tumbuh dengan sehat.

  • Meningkatkan volume air ketuban

Cairan ketuban dengan jumlah yang cukup sangat penting bagi pertumbuhan janin. Air kelapa berguna untuk meningkatkan volume cairan ketuban, yang pada gilirannya meningkatkan kesehatan janin.

Nah, itu tadi beragam manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil. Kini, Anda tak perlu lagi mengonsumsinya karena memang khasiatnya sangat banyak bagi kesehatan selama masa kehamilan. Selamat mencoba!

Baca juga: 8 Cara Alami Menurunkan Hipertensi Selama Kehamilan

(mw/kr)

Informasi Kesehatan:

  • air kelapa memperbanyak air ketuban
  • apakah air kelapa muda bisa menambah air ketuban

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *