10 Manfaat Ajaib Buah Belimbing Bagi Kesehatan

by

Averrhoa carambola atau belimbing dikenal sebagai buah dengan segudang manfaat. Buah belimbing banyak tumbuh di negara-negara Asia, seperti Filipina, India, Indonesia, Malaysia, Bangladesh dan Sri Lanka.

Buah ini ketika dipotong horizontal terlihat seperti bintang. Oleh sebab itu, belimbing dinamakan star fruit dalam Bahasa Inggris. Buah ini cukup populer karena kandungan gula yang sehat dan tidak pernah melampaui 4%. Belimbing dianggap sebagai buah yang sehat dengan komposisi nutrisi yang baik.

10 Manfaat Ajaib Buah Belimbing Bagi Kesehatan
Satu buah belimbing mengandung banyak nutrisi, diantaranya karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B9, vitamin C, serta vitamin E. Belimbing juga kaya akan kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, mangan, kalium, dan sodium.

Buah ini tinggi kandungan air yang mencapai 90%. Belimbing juga mengandung serat makanan dan tergolong buah yang rendah lemak. Nutrisi yang paling berlimpah dalam buah ini adalah vitamin C yang larut dalam air, yang membuat mampu hingga mencukupi 57% dari kebutuhan harian.

Antioksidan dan kandungan flavonoid membuat belimbing mampu secara efektif melawan kondisi seperti kanker dan peradangan. Serat membantu mengatasi masalah pencernaan yang sangat ampuh dan pengobatan kanker usus besar. Berikut adalah manfaat kesehatan yang penting dari belimbing.

10 Manfaat Kesehatan Buah Belimbing

  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Belimbing kaya akan vitamin C, vitamin larut air yang dianggap salah satu yang terbaik untuk anti-oksidan tubuh. Belimbing menyediakan 34,4 mg vitamin C yang merupakan 57% dari kebutuhan harian.

Vitamin C adalah antioksidan kuat. Itu sebabnya buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin C bermanfaat untuk pengisian antioksidan yang hilang dalam tubuh. Vitamin C juga diperlukan untuk penyerapan yang lebih baik dari zat besi.

Antioksidan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan membersihkan racun dan radikal bebas yang terbentuk dalam tubuh sebagai hasil dari paparan lingkungan dan sistem metabolisme internal. Radikal bebas bertanggung jawab untuk penyakit degeneratif dan kronis.

  • Mengatasi peradangan

Radikal bebas memperburuk peradangan dalam tubuh dan menunda perbaikan jaringan. Belimbing mengandung jumlah tinggi antioksidan dan flavonoid yang sangat bermanfaat untuk melindungi dari peradangan tersebut.

Vitamin C tidak hanya bertindak sebagai anti-oksidan yang membuang keluar racun tetapi juga menghasilkan kolagen. Kolagen merupakan komponen penting yang perbaikan dan pembentukan tulang, arteri dan pembuluh darah.

  • Buah anti-kanker 

Proses utama yang mengarah ke kanker dimulai dengan produksi radikal bebas dalam tubuh. Pembentukan radikal bebas merupakan proses alami dan tidak membahayakan sampai antioksidan membersihkan mereka secara teratur.

Namun saat tubuh kekurangan antioksidan, radikal bebas berkembang biak dengan cepat dan merusak sel DNA. Pertumbuhan yang tidak terkendali ini mengarah ke kanker di mana sel-sel yang rusak membelah dan selanjutnya menyerang sel-sel sehat.

Antioksidan dalam bentuk vitamin C di belimbing memberi bantuan dengan membersihkan tubuh dan memperlambat pertumbuhan radikal bebas sebelum mereka menyebabkan kerusakan pada sel-sel sehat.

  • Membantu menurunkan berat badan

Ada beberapa alasan kenapa belimbing bagus untuk dimasukkan dalam program penurunan berat badan. Diantaranya adalah rendah lemak, kandungan air yang tinggi, komposisi yang mengandung mineral dan serat yang tinggi. Semua faktor ini membuat belimbing menjadi camilan yang memang layak untuk dimasukkan dalam menu program penurunan berat badan.

  • Menjaga tekanan darah dan jantung

Belimbing mengandung nutrisi seperti potassium dan sodium yang tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh, tetapi juga memiliki peran yang menjaga tekanan darah.

Sementara itu, kandungan magnesium berperan mengatur fungsi otot tubuh termasuk dari otot-otot jantung. Kontraksi dan ekspansi otot jantung membuat detak jantung, dan denyut jantung teratur sehingga aliran darah menjadi lancar.

  • Mengatasi masalah pencernaan

Pencernaan adalah proses penting yang membantu tubuh kita dalam asimilasi dan menyerap nutrisi dengan baik. Belimbing mengandung jumlah serat yang cukup tinggi. Serat menyerap banyak air dan melembutkan tekstur tinja. Sehingga tinja lebih mudah untuk melewati saluran pencernaan dan proses buang air besar pun menjadi lancar.

  • Meningkatkan produksi ASI

Jumlah ASI sering menjadi masalah banyak wanita dan disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal. Anda bisa memanfaatkan buah belimbing untuk meningkatkan dan mempertahankan jumlah ASI.

  • Menjaga kesehatan kulit

Seperti disebutkan sebelumnya, radikal bebas dan racun yang dibersihkan oleh anti-oksidan seperti vitamin C dari tubuh. Pembilasan racun juga berdampak positif terhadap kulit.

Salah satunya adalah masalah jerawat yang mengganggu sebagian besar remaja. Untuk mengatasi jerawat, gunakan masker buah belimbing yang terbukti ampuh merontokkan jerawat serta mencegahnya kambuh kembali.

  • Menyuburkan rambut

Belimbing mengandung magnesium dan vitamin B kompleks. Keduanya merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan rambut. Selain digunakan sebagai keramas, konsumsi buah ini sangat efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat.

  • Mencegah penuaan dini

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, buah belimbing membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas merupakan penyebab utama di balik meunculnya tanda-tanda penuaan dini. Jadi, jika Anda ingin terlihat segar dan muda, jangan ragu untuk menggunakan buah belimbing sebagai masker wajah.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *