10 Manfaat Kesehatan Pijat bagi Bayi dan Anak

by

Pijat badan merupakan salah satu metode pengobatan yang berusia ratusan tahun. Terapi ini terbukti mampu mencegah dan mengobati berbagai jenis masalah kesehatan, mulai dari yang ringan sampai penyakit kronis.

10 Manfaat Kesehatan Pijat bagi Bayi dan Anak
Tak hanya pada orang dewasa, memijat badan ternyata juga dianjurkan pada bayi dan anak-anak. Pijatan tubuh pada bayi membuat si kecil merasa aman dan meningkatkan kedekatan ibu dan anak. Pijatan seorang ibu merupakan bentuk cinta dan kasih sayang melebihi sekadar kata-kata.

Menurut ilmu psikologi, anak yang sering dipijat akan tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri dan mampu membangun hubungan baik dengan sesama.

Pijat bayi nyatanya tidak cuma bermanfaat bagi si kecil, namun juga membuat ibu tenang dan bahagia. Selain itu, pijatan juga bagus untuk pencernaan, pernapasan, sampai pertumbuhan fisik bayi.

Bayi yang terlahir prematur atau mengalami disabilitas tertentu juga disarankan untuk sering dipijat. Bahkan, pijat dianjurkan bagi anak yang memiliki kelainan penyakit tertentu, seperti asma, diabetes, atau masalah kulit.

Kini, banyak dokter yang menyarankan pijat tubuh untuk anak yang menderita kanker. Alasannya, terapi pijat mampu meredakan stres serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pijat tubuh juga baik untuk anak yang mengidap autis.

10 Manfaat Pijat Tubuh Bagi Bayi dan Anak

Berikut beberapa manfaat pijat bagi bayi dan anak:

  1. Mengurangi rewel pada bayi dan anak
  2. Membuat tidur jadi nyenyak
  3. Fisik anak semakin sehat dan menaikkan berat badan
  4. Anak jadi lebih ceria dan tidak gampang ngambek
  5. Meningkatkan nafsu makan
  6. Mencegah berbagai penyakit seperti sembelit, yang sering dialami anak-anak
  7. Pijat di cuaca dingin dapat melindungi anak dari sinus dan sesak napas
  8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  9. Anak lebih lincah sehingga fisiknya tumbuh dengan sempurna
  10. Membangun ikatan batin dengan ibu sehingga anak jadi lebih cerdas secara psikologis

Nah, itu beberapa manfaat pijat bagi bayi dan anak. Bagi ibu, memijat bayi bermanfaat untuk meredakan stres dan penat karena bosan berada di kamar terus menerus.

Pijatan sebaiknya dilakukan ketika bayi sudah berusia 15 hari atau lebih. Usai dipijat, mandikan bayi dengan air hangat. Si kecil dijamin akan tidur dengan pulas. Selamat mencoba!


Baca juga:
(mw/tn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *