10 Manfaat Penting Vitamin K Bagi Kesehatan

by

Manfaat Vitamin K | Vitamin K dikenal sebagai vitamin pembeku darah karena perannya yang sangat penting dalam menyembuhkan luka. Huruf K berasal dari bahasa Jerman Koagulation yang artinya pembekuan. Menurut Harvard School of Public Health, vitamin K membantu menghasilkan empat dari 13 protein yang diperlukan tubuh untuk pembekuan darah.

10 Manfaat Penting Vitamin K Bagi Kesehatan
Manfaat kesehatan dari vitamin K diantaranya untuk pembekuan darah, mencegah osteoporosis, meredakan nyeri haid, perlindungan dari pendarahan internal, pencegahan obstruksi bilier dan mengurangi darah menstruasi.

Vitamin K juga memberikan keseimbangan total dari 80 nutrisi yang penting bagi tubuh manusia. Nutrisi tersebut diantaranya mineral, antioksidan, neuronutrients, enzim, vitamin, asam amino, ekstrak herbal, karotenoid, berbagai elemen, bioflavonoid serta bahan lainnya.

Vitamin K terdiri dari kelompok yang mengandung turunan 2-methilo-naphthoquinone. Tiga bentuk penting dari vitamin K adalah K1 (phytonadione, phylloquinone, phytonactone), K2 (menaquinones), yang dibentuk oleh bakteri alami hadir dalam usus, dan K3 (menadione).

Vitamin K masuk dalam golongan vitamin yang larut dalam lemak, yang hadir dalam usus tubuh manusia. Peran yang paling penting vitamin K yaitu mengendalikan pembekuan darah dan mencegah kehilangan darah selama cedera atau terluka.

Dosis & Gejala Kekurangan Vitamin K

Kekurangan Vitamin K dapat menyebabkan perdarahan dari hidung atau gusi. Gejala lain dari defisiensi vitamin K yaitu kulit mudah memar, keluar darah saat buang air kecil dan besar.

Adapun dosis yang dianjurkan untuk vitamin K tergantung pada usia, jenis kelamin, berat badan dan beberapa faktor lainnya. Namun, rekomendasi para ahli yakni 70 hingga 90 mikrogram (mcg) untuk orang dewasa.

Vitamin K juga membantu dalam penyerapan kalsium dari makanan, yang pada gilirannya berguna untuk pembentukan dan pemeliharaan kesehatan tulang. Manfaat kesehatan dari Vitamin K diantaranya:

10 Khasiat Vitamin K untuk Kesehatan

  • Mengatasi osteoporosis

Gejala utama osteoporosis adalah penurunan kepadatan tulang. Ini biasanya terjadi setelah usia lima puluh dan sering dialami wanita yang masuk masa menopause. Kondisi ini menyebabkan komplikasi berbagai penyakit karena sulit dideteksi.

Asupan sayuran berdaun, brokoli, bayam, kubis dan selada merupakan sumber makanan yang kaya akan vitamin K. Selain itu, mengonsumsi susu sapi juga baik bagi orang yang menderita kekurangan vitamin K.

  • Pembekuan darah

Fungsi utama dari vitamin K adalah untuk mengatur pembekuan darah, karena peran dalam penggabungan dari prothrombium. Ini adalah proses otomatis yang terjadi pada saat cedera atau luka di pembuluh darah.

Pembekuan darah terdiri dari satu set molekul, yang terus beredar melalui aliran darah. Vitamin K membantu dalam regulasi pembekuan darah dengan mengangkut kalsium ke seluruh tubuh.

  • Mencegah pendarahan menstruasi berlebihan

Seorang wanita yang mengalami perdarahan menstruasi berlebihan merupakan gejala kekurangan vitamin K. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K, darah yang keluar saat haid bisa terkontrol.

  • Mengatasi perdarahan internal

Vitamin K membantu dalam mengurangi ancaman perdarahan di hati, penyerapan nutrisi yang buruk, penyakit kuning, serta dampak negatif dari penggunaan antibiotik atau aspirin dalam jangka panjang. Beberapa masalah yang berhubungan dengan sistem pencernaan karena kekurangan vitamin ini termasuk sariawan, penyakit Crohn, dan kolitis.

  • Meredakan nyeri haid

Vitamin K membantu dalam meringankan sakit karena haid. Vitamin K berperan mengatur ketidakstabilan hormon saat datang bulan.

  • Baik untuk wanita hamil

Wanita hamil yang menderita muntah dan mual biasanya kekurangan vitamin K. Asupan vitamin ini akan mengatasi gejala tersebut dalam waktu kurang dari 72 jam dan mencegahnya kambuh lagi di lain waktu.

  • Mengatsi pendarahan pada bayi

Vitamin K disuntikkan kepada bayi yang baru lahir untuk mencegah pendarahan. Vitamin K bahkan penting untuk anak-anak penderita asma. Penyakit ini dapat diobati melalui asupanvitamin K secara terus menerus.

  • Mengatasi obstruksi bilier 

Pengobatan dengan antibiotik oral akan menyebabkan obstruksi bilier, penyakit celiac, enteritis regional dan ulcerative colitis, dan akan menjadi parah karena kekurangan vitamin K. Oleh karena itu, asupan teratur vitamin K dapat mencegah komplikasi dari masalah kesehatan tersebut.

  • Menjaga sistem imun dan pencernaan yang sehat 

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin K, Anda bisa mengonsumsi kelapa muda secara teratur. Kandungan vitamin K dalam kelapa muda berkhasiat melindungi sistem pencernaan dan kekebalan tubuh.

  • Mengatur gula darah 

Vitamin ini memainkan peran penting dalam mengatur keseimbangan gula darah. Pankreas memproduksi insulin dan vitamin K dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa manfaat kesehatan vitamin K. Vitamin ini sebenarnya bisa ditemukan dalam makanan sehari-hari. Jika Anda ingin mengonsumsinya dalam bentuk suplemen, sebaiknya konsultasikan dahulu kepada dokter. Terlalu banyak asupan vitamin K akan memengaruhi pembekuan darah serta efek samping berbahaya lainnya.

Baca juga:

(mw/kr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *